Critical Points to Succes

Belum lama ini, saya ย dapat sharing dari seorang trainer psikologi & komunikasi yang kebetulan jadi dosen yang ngajar salah satu mata kuliah saya.. disini saya nyoba kutip, rangkum ย & sharing dengan teman-teman,, sapa tau bermanfaat.. ๐Ÿ™‚

Ada 7 Kunci puokok sehingga seorang dapat dikatakan sukses, baik dalam hal kita bekerja, kuliah atau dengan masyarakat sekitar….

Baca lebih lanjut

Iklan

Materi Bahan UAS STBJ

Bwt temen2 yang ambil matkul STBJ (sistem terdistribusi berbasis java) ini rekapan materi dari Pak Faisal Johan tentang web-service, monggo diunduh dari link INI atau INI, ukurannya 10MB dalam format RAR. Selamat belajar UAS STBJ 2009..

Mari kita Lanjutkan (belajarnya), lebih cepat (belajar) lebih baik!

hehe ๐Ÿ˜€

Renungan menjelang UTS..

tanpa terasa “musim” UTS telah tiba, khususnya di ITS..

bagi yang semester atas (termasuk saia) semakin dikejar deadline dengan TA.. yang tinggal mengitung bulan dan minggu serta hari.. T_T

Belum lama ini, ketika kuliah Sistem Informasi Geografis,, Dosen MatKul tsb yang kebetulan juga beliau mendapat amanah sebagai PD-2 dari FTIF memberikan wejangan yang cukup dahsyat efeknya bagi semua perserta kuliah yang hadir saat itu.. kebetulan waktu itu suasana kelas jauh lebih ramai daripada biasanya…

inilah pesan beliau, salah satu dosen yang saya seganiย  di SI karena wibawa beliau, serta seorang (mantan) Ketua Jurusan terbaik yang pernah dimiliki olehย  Jurusan saya,, ๐Ÿ™‚

  1. Presentasi di depan kelas memang tidak mudah, perlu persiapan yang matang, namun bagaimanapun performance si penyaji, peserta harusnya tetap menghargai..
  2. Bila Anda ingin dihargai oleh orang lain, hargailah orang lain terlebih dahulu. Jangan acuhkan bila ia sedang berbicara..
  3. Kalian ( peserta kuliah di kelas) adalah mahasiswa yang sudah semester atas, seharusnya bisa memberikan teladan khususnya bagi adik kelas kalian. Keteladanan itu penting!

Subhanallah..

Mari qta belajar lebih menghargai orang lain & belajar menjadi teladan bagi yang lebih muda.. ^_^

KP oh KP.. Part-2 : KP.. ngapain aja tuh..??

“What we`ve to do in our first day..?

“what shall we do..?”

Ya itulah yang selalu terlintas dalam benak dan pikiran saya menjelang berlangsungnya KP.. tepatnya, pada saat masih UAS.. ( :(( ) deg-degan juga menanti saat datangnya waktu KP.. mungkin hal yang sama juga dirasakan oleh temen-temen yang udah ataupun akan KP nantinya..

Akhirnya rasa penasaran itupun terjawab..

KP kami (saya dan Ucup) insyaAllah akan dilangsungkan selama 1 bulan terhitung mulai 21 Januari 08 yang lalu. Jauh sebelum kami ber-KP, dari cerita Mas maupun Mbak di SI yang sudah pernah KP sebelumnya, hal yang biasanya dilakukan oleh Mahasiswa Sistem Informasi pada saat KP adalah :

  • Ngoding ( bikin program )
  • menganalisis, dokumentasi
  • menganalisis + dokumentasi + usulan sistem
  • menganalisis + mbikin program

Sekedar info saja,, KP kami nggak ngoding lho.. ๐Ÿ˜€
Pada hari pertama, kami observasi di lingkungan perusahaan. Ternyata.. di tempat kami KP, yang diperlukan dan sesuai dengan kapasitas bidang keilmuan kami adalah mendokumentasikan program, menganalisis, serta memberikan usulan untuk pengembangan sistem berikutnya..
Jadi, buat temen2 yang nanti akan KP,, sekedar penyemangat aja,, bahwa KP nggak mesti ngoding lho.. hal yang penting pada hari pertama KP nanti adalah mengobservasi lingkungan kerja dengan sedetail-detailnya, karena dengan begitu nantinya temen-temen bisa mengambi keputusan hal apa sih yang sekiranya bisa dilakukan saat KP.. apakah harus ngoding..? apakah itu satu-satunya solusi..?

Ide itu (observasi sistem d lingkungan kerja) muncul dari Dosen Koordinator KP kami,Dengan berapi-api dan penuh semangat beliau berpesan yang kurang lebih seperti ini

“KP itu nggak mesti ngoding. ngoding itu solusi terakhir kalo kalian nggak punya solusi lain. kalau suatu permasalahan bisa diselesaikan dengan analisis dan memberikan solusi jika ada, kenapa harus ngoding..?”

berbekal itulah kami ber-AKL ( analisa kondisi lingkungan) dengan tanya-jawab pembimbing dari tempat KP, serta keliling keluar masuk lokasi yang diobservasi.. sekalian menghafal tempat KP.. ๐Ÿ˜€
(terutama lokasi Masjid, mushola, dan toilet plus kantin.. hehe)

next: KP oh KP.. Part-3 ๐Ÿ˜€