KP oh KP.. Part-2 : KP.. ngapain aja tuh..??

“What we`ve to do in our first day..?

“what shall we do..?”

Ya itulah yang selalu terlintas dalam benak dan pikiran saya menjelang berlangsungnya KP.. tepatnya, pada saat masih UAS.. ( :(( ) deg-degan juga menanti saat datangnya waktu KP.. mungkin hal yang sama juga dirasakan oleh temen-temen yang udah ataupun akan KP nantinya..

Akhirnya rasa penasaran itupun terjawab..

KP kami (saya dan Ucup) insyaAllah akan dilangsungkan selama 1 bulan terhitung mulai 21 Januari 08 yang lalu. Jauh sebelum kami ber-KP, dari cerita Mas maupun Mbak di SI yang sudah pernah KP sebelumnya, hal yang biasanya dilakukan oleh Mahasiswa Sistem Informasi pada saat KP adalah :

  • Ngoding ( bikin program )
  • menganalisis, dokumentasi
  • menganalisis + dokumentasi + usulan sistem
  • menganalisis + mbikin program

Sekedar info saja,, KP kami nggak ngoding lho.. 😀
Pada hari pertama, kami observasi di lingkungan perusahaan. Ternyata.. di tempat kami KP, yang diperlukan dan sesuai dengan kapasitas bidang keilmuan kami adalah mendokumentasikan program, menganalisis, serta memberikan usulan untuk pengembangan sistem berikutnya..
Jadi, buat temen2 yang nanti akan KP,, sekedar penyemangat aja,, bahwa KP nggak mesti ngoding lho.. hal yang penting pada hari pertama KP nanti adalah mengobservasi lingkungan kerja dengan sedetail-detailnya, karena dengan begitu nantinya temen-temen bisa mengambi keputusan hal apa sih yang sekiranya bisa dilakukan saat KP.. apakah harus ngoding..? apakah itu satu-satunya solusi..?

Ide itu (observasi sistem d lingkungan kerja) muncul dari Dosen Koordinator KP kami,Dengan berapi-api dan penuh semangat beliau berpesan yang kurang lebih seperti ini

“KP itu nggak mesti ngoding. ngoding itu solusi terakhir kalo kalian nggak punya solusi lain. kalau suatu permasalahan bisa diselesaikan dengan analisis dan memberikan solusi jika ada, kenapa harus ngoding..?”

berbekal itulah kami ber-AKL ( analisa kondisi lingkungan) dengan tanya-jawab pembimbing dari tempat KP, serta keliling keluar masuk lokasi yang diobservasi.. sekalian menghafal tempat KP.. 😀
(terutama lokasi Masjid, mushola, dan toilet plus kantin.. hehe)

next: KP oh KP.. Part-3 😀

Iklan