Salah satu amalan terbaik..

Nabi SAW bersabda:

“maukah aku beritahu amalanmu yang terbaik, yang paling tinggi dalam derajatmu, paling bersih di sisi Rabb-mu serta lebih baik dari menerima emas dan perak dan lebih baik bagimu daripada berperang dengan musuhmu yang kamu potong lehernya atau mereka memotong lehermu?’ para sahabat lalu menjawab: ‘Ya’, Nabi SAW lalu berkata ” Dzikrullah”.

(H.R. Ahmad & Ibnu Majah)

Posted with WordPress for BlackBerry®

Iklan

Ketika si fulan Suka Mengeluh

Kadangkala, ketika kita sedang dihadapkan oleh suatu masalah, tanpa sadar yang dilakukan pertama kali adalah mengeluh, ngomel nggak jelas..atau orang jawa bilang istilahnya nggremeng kayak tawon.. 😀

Sebelum Kita Mengeluh, ada baiknya kita ingat-ingat hal ini :

1. Hari ini sebelum kamu mengatakan kata-kata yang tidak baik,

Pikirkan tentang seseorang yang tidak dapat berbicara sama sekali.

2. Sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu,

Pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan.

3. Sebelum kamu mengeluh tidak punya apa-apa,

Pikirkan tentang seseorang yang meminta-minta dijalanan.

4. Sebelum kamu mengeluh bahwa kamu buruk,

Pikirkan tentang seseorang yang berada pada tingkat yang terburuk didalam hidupnya.

5. Sebelum kamu mengeluh tentang suami atau istri anda,

Pikirkan tentang seseorang yang memohon kepada Tuhan untuk diberikan teman hidup.

6. Hari ini sebelum kamu mengeluh tentang hidupmu,

Pikirkan tentang seseorang yang meninggal terlalu cepat

7. Sebelum kamu mengeluh tentang anak-anakmu,

Pikirkan tentang seseorang yang sangat ingin mempunyai anak tetapi dirinya mandul

8. Sebelum kamu mengeluh tentang rumahmu yang kotor karena pembantumu tidak mengerjakan tugasnya,

Pikirkan tentang orang-orang yang tinggal dijalanan.

9. Sebelum kamu mengeluh tentang jauhnya kamu telah menyetir,

Pikirkan tentang seseorang yang menempuh jarak yang sama dengan berjalan

10. Dan disaat kamu lelah dan mengeluh tentang pekerjaanmu,

Pikirkan tentang pengangguran, orang-orang cacat yang berharap mereka mempunyai pekerjaan seperti anda.

11. Sebelum kamu menunjukkan jari dan menyalahkan orang lain,

Ingatlah bahwa tidak ada seorangpun yang tidak berdosa.

12. Dan ketika kamu sedang bersedih dan hidupmu dalam kesusahan,

La tahzan! Jangan bersedih..
Tersenyum, bersyukur, dan berterima kasihlah kepada Allah SWT bahwa kamu masih hidup !

Life is a gift..!

Man shabara, zhafira..
barang siapa yang bersabar, dia akan beruntung
🙂

Posted with WordPress for BlackBerry.

Berani Ngeremehin Sholat fardhu? Well, think it again..

Menjelang ramadhan yang kurang beberapa saat lagi ini.. Suddenly saya teringat suatu hal berkaitan tentang sholat.. jadi saya tuliskan agar bisa sebagai pengingat,, untuk saling mengingatkan,, khususnya kepada diri saya sendiri… 🙂

Shalat Fardhu adalah kewajiban bagi kita sebagai seorang muslim. Lebih dari itu, dikatakan bahwa Sholat adalah tiang agama. Muslim yang sejati adalah ia yang menegakkan sholat, tidak hanya sekedar mengerjakan sholat..

Mungkin ada yang bertanya..

Loh, beda ya “mengerjakan” dengan “menegakkan”?  bukannya sama aja aktivitas yang dilakukan…??

Mengerjakan sholat,, berarti ia hanya melakukan Sholat sebagai aktivitas rutin saja, tidak menghayati makna yang terkandung di dalamnya. yah, sekedar sholat aja, pokoknya phisically ngerjain sholat lah..

Sedangkan bila menegakkan sholat, berarti ia telah mengerti & berusaha untuk memahami,, sebagai apa posisinya ia hidup di dunia ini, apa yang harus ia lakukan,, & kepada Siapa ia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya kelak..

Mungkin… pernah dengar ada yang bertanya,, memangnya kenapa sih kalau sesekali nggak sholat..? ada hukumannya kah? toh, ada orang dewasa yang sejak kecil nggak pernah sholat, padahal di KTP-nya tertulis beragama Islam  & secara fisik  sampai sekarang ia masih sehat wal’afiat.. ??

Naaah, pertanyaan kayak gini yang sering membuat tidak sedikit dari sodara kita mulai mengendurkan niat sholat,, tandanya apa?

  • mulai dari menundanya sampai dekat akhir waktu sholat,,
  • sholat-nya mulai bolong-bolong.
  • Bahkan,  akhirnya sampai nggak sholat sama sekali. Na’udzubillah,,

hal Itu bisa saja terjadi  karena ia merasa safe-safe aja dengan meninggalkan sholat. Tak ada beban, karena ia merasa tak ada “tekanan” (baca: hukuman langsung secara fisik”).. astaghfirullah.

Mari kita tengok Sabda Rasulullah ini:

Barang siapa yang meremehkan atau meninggalkan shalat Fardu, maka Allah akan menyiksa orang tersebut dengan 12 siksaan. 3 di dunia, 3 ketika akan mati, 3 di dalam kubur (alam barzah),3 kiamat akhirat .

apa saja kah macam siksaan itu..? berikut ini adalah detailnya..

3 siksa di dunia

  1. Allah akan menghilangkan keberkahan rejeki dan usahanya.
  2. Allah aka mencabut cahaya orang soleh di wajahnya
  3. Mendapat kebencian di hati orang mukmin

3 siksa Menjelang Mati

  1. Orang tersebut dicabut ruhnya dalam keadaan haus/lapar, walaupun diberi minum
  2. Orang tersebut dicabut ruhnya dengan rasa sakit yang luar biasa
  3. Orang terbsebut hilang tanda keimannannya

3 siksaan di alam kubur

  1. Orang tersebut sulit menjawab pertanyaan kubur
  2. Di dalam kuburnya amat gelap gulita
  3. Orang tersebut mendapat himpitan kubur sehingga tulangnya berserakan.

3 siksaan diberikan pada hari akhirat

  1. Orang tersebut mendapat kesulitan ketika di hisab
  2. Orang tersebut dibenci Allah/diacuhkan Allah
  3. Orang tersebut disiksa Allah di dalam neraka

Astaghfirullah,, ternyata begitu kompleks hukuman yang menanti bila berani meremehkan bahkan meninggalkan sholat dengan sengaja…

Bagi yang sampai saat ini sukses sholat nggak pernah bolong dengan sengaja, Keep it up..!! ^_^

Sedangkan bagi mungkin yang terlanjur khilaf pernah meremehkan / meninggalkan sholat, segeralah taubat nasuha,, & berusaha untuk tidak mengulanginya lagi.. Semoga Allah SWT mengampuni & masih memberikan kesempatan untuk memperbaiki diri.. 🙂

So, do you really still wanna try to deliberately underestimate your Sholat fardhu?

Well, think it again..

Semoga kita bisa tetap istiqomah, khususnya diri saya sendiri,, amin 🙂


Sumber:

-durrotu Nwasihin, dikarang oleh Syekh usman bin hasan bin ahmad assakir (ulama pada waktu 13 hijriyah) Hal 137.

– Resume dari sejumlah tausyiah & khutbah jumat.

.

Kebahagiaan & Kedamaian dengan Mengingat Allah

Seperti biasa, setiap Jumat ada ibadah rutin yang harus ditunaikan para cowok.. Sholat Jumat! 😀
Karena kebetulan hari ini  bisa jumatan di masjid Baitul-Haq, tentu takkan saya lewatkan… ceramahnya seru,padat,singkat,berisi… masjidnya Cozy & ber-AC pula.. hehe.  Ini oleh-olehnya.. ^_^

Ber-Dzikir,, Mengingat Asma Allah,, akan membuat hati kita menjadi tenang, damai.. 🙂

Demikian sebagimana Firman Allah dalam Al-Quran Surat ke-13, Ar-Ra`d:

Q.S. Ar-Ra`du (13): 28

Q.S. Ar-Ra`du (13): 28

Namun,,  bila manusia sebagai hamba-Nya sudah mulai berani meninggalan ibadah & mulai melaksanakan apa yang menjadi larangan Allah,, maka Allah tak akan segan untuk memberikan bala` & peringatan. Peringatan-peringatan Allah SWT tsb dibagi ke dalam 3 macam..:

  1. Allah akan mencabut Keberkahan dari rezeki orang tersebut
    • Suatu ketika Rasulullah SAW bertanya kepada malaikat Jibril,, yang intinya adalah apakah setelah masa Rasulullah berakhir, Jibril akan tetap diturunkan Allah ke bumi? & Malaikat Jibril pun berkata bahwa ia diperintahkan oleh Allah untuk mengawasi & mencabut keberkahan dari rezeki orang yang telah menjauh dari Allah SWT..
    • Allah tetap memberikan rezeki kepada orang itu, Namun rezeki yang diterimanya adalah tidak barokah, yaitu tidak memberikan kedamaian & ketentraman hati bagi pemiliknya.. Yang ada hanya selalu merasa kurang & inginnya nambah kekayaan terus.. dengan berbagai cara..
  2. Allah akan menempatkan diantara mereka pimpinan yang Dzalim diantara mereka..
    • Pemimpin yang Dzalim adalah pemimpin yang menempatkan sesuatu yang tidak pada tempatnya…
    • Dengan adanya pemimpin yang dzalim, Allah akan menguji, apakah masih ada iman diantara hamba-hamba-Nya yang lain…
    • Sekaligus, agar hamba2-Nya tersebut lebih mendekat kepada-Nya.. tidak hanya memikirkan duniawi semata..
  3. Orang itu akan dicabut nyawanya oleh malaikat Izrail dalam kondisi yang tidak beriman, su`ul khotimah,, na`udzubillah….

Teman,, mari kita jadikan renungan bersama…. Apakah ada salah satu dari tanda-tandanya terjadi di sekitar kita? baik di kampus,, di masyarakat,, atau bahkan di negara qta tercinta ini..???

~ wallahu`alam bishowab ~

dhanika ~

Wong Fei Hong (Faisal Hussein Wong) Adalah Seorang Muslim (Ulama) ?

Selama ini kita hanya mengenal Wong Fei Hung sebagai jagoan Kung fu
dalam film Once Upon A Time in China . Dalam film itu, karakter Wong
Fei Hung diperankan oleh aktor terkenal Hong Kong , Jet Li. Namun
siapakah sebenarnya Wong Fei Hung ?

Baca lebih lanjut