Konsistensi Hasil Program vs Programmer

Suatu ketika, ada orang yang lagi mrogram mengeluh,
“Kenapa programnya nggak jalan sih? Harusnya kalo di tutorialnya kan bisa jalan tuh.”

Nggak jarang, diantara kita, baik yang masih newbie atopun udah agak expert jam terbangnya, ketika setelah ngoding, run program.. Eh, si program nggak jalan seperti yang diharapkan. Dicarilah si kambing hitam yang membuat program itu nggak jalan.. Mulai dari passing parameter, sampai query2 rumit..
Setelah dicek, rasanya udah benar, tapi kenapa masih nggak bisa ya..?
Buntutnya, ternyata masalah penulisan variabel. Suatu waktu dia nulis “varAbCd”, tpi di lain bagian dia nulis “varAbcd”. Parahnya, ternyata programming language yang dia pakai itu Case Sensitive,, itu yang bikin si programmer tadi nyari sampai lamaa baru ketemu.
apa sebabnya kok bisa lama baru bisa ketemu?
Secara psikologis, mata manusia jika membaca huruf depan & belakang suatu kata, maka intepretasi kata tersebut bagaikan suatu kata utuh, meskipun huruf di tengahnya ada yang besar/kecil/

سُبْحَانَ اللَّهِ.
Itulah Kuasa Ilahi.. (Mungkin detail dari kisah ini akan diulas di lain waktu).

Oleh karena itu, meskipun programmer yang udah senior pun, masih ada kemungkinan kesalahan “sepele” ini terjadi, karena itu refleks bawah sadar dari syaraf mata manusia.

Anyway, sebagai penutup dari tulisan ini.. Khususnya untuk ngingetin diri saya sendiri 🙂

Konsistensi Program yang dihasilkan oleh seorang Programmer bergantung Pada Konsistensi Programmer-nya.
So, Don’t blame your Program / Others before you Blame Yourself, First..!
(ง’̀⌣’́)ง.

Posted with WordPress for BlackBerry.

Iklan

Streaming vs Download Video dari Youtube

Kawan,, suka streaming video di youtube?

Pernah kah terpikirkan gimana jika ingin memutar ulang video tadi?

Well.. kalau punya internet dengan bandwidth tinggi, hal ini nggak jadi masalah,,  tapi, nggak sedikit yang punya bandwidth terbatas, lho.. *termasuk saya* 😀

Salah satu solusinya adalah, men-download video tersebut dari situsnya & menyimpannya dalam komputer / flashdisk kita.  Apa sih manfaatnya & gimana caranya ya…?

Baca lebih lanjut

Saluran TV di Surabaya

Suatu ketika,  saya diminta tolong untuk setting channel TV (televisi),  inginnya diatur secara custom channel per channel tv nya. bukan dengan fitur auto-tune di TV. karena, kalo dengan fitur auto-tune di TV, biasanya dia akan nyari berdasarkan urutan frekuensi. Memang cepat, tapi,, terkadang kita jika nonton TV, maka saluran TV yang saling berdekatan akan diletakkan saling berdekatan kan? (misal di channel-1, channel-2,dst.) 🙂

nah jika ingin urutan secara custom misalnya seperti: RCTI,SCTV, Indosiar, ANTV, TPI (MNCTV), TransTV, Trans7, TVOne, GlobalTV, MetroTV, dll.. itu channel UHF-nya kan nggak urut.

terus gimana kalau nggak hafal nomor-nomor frekuensinya,,  kan tersebar secara acak di antara UHF 0-120 Hz./? 😀 walhasil pasti perlu nyari satu-persatu (manual-tuning), channel-per-channel..

Saat ini, pada beberapa merk Televisi berjenis CRT layar Cembung, Semi-Flat, Flat , LCD, LED, Plasma, maupun Projection, ada yang dilengkapi dengan fitur “setting channel TV dengan memasukkan nomor frekuensi“, nah,, kalau begitu tentunya kita kan harus hafal nomor frekuensi TV-nya.. padahal ngapain juga kita harus hafal itu? kecuali temen-temen di bidang broadcast mungkin perlu hafal.. 😀

Nah Ini saya sedikit sharing hasil perburuan saya tempo hari, daftar stasiun televisi (TV) di Surabaya dan sekitarnya: (diurutkan berdasarkan nomor frekuensinya)

  • 10 Hz: TVRI Nasional
  • 22 Hz: TransTV
  • 24 Hz: ANTV
  • 26 Hz: TVRI Jatim
  • 28 Hz: Indosiar
  • 30 Hz: RCTI
  • 32 Hz: MNC-TV (dulu namanya TPI)
  • 34 Hz: SCTV
  • 36 Hz: SBO TV
  • 50 Hz: GlobalTV
  • 52 Hz: TVOne
  • 54 Hz: MetroTV
  • 56: Hz: Trans7
  • 58 Hz: … ( belum tau namanya, tapi channel ini isinya film kartun /hiburan /pendidikan untuk anak-anak)
  • 60 Hz: JTV

Semoga bermanfaat buat teman-teman, khususnya yang di TV-nya bisa set nomor frekuensi TV secara langsung.. kan jadi jauh lebih cepat prosesnya.. ^_^

*use your time wisely*

PSB online 2010: Semarang

[ update: Senin 21 juni 2010 ]

Sebelum dimulai, saya juga telah mereview tentang:

(klik untuk menuju review).

Kali ini saya akan me-review tentang PSB online Semarang 2010. Tampaknya sejumlah daerah memiliki alur proses pendaftaran tersendiri sehingga bila kita amati, akan tampak ada sedikit perbedaan, khususnya surabaya+sidoarjo dengan daerah lainnya..

Mengapa kali ini hanya Semarang? karena, sampai tulisan ini saya muat (jumat-7mei-2010) baru Semarang-lah yang merilis website resmi PSB Online 2010-nya.. berikut ini adalah review singkat saya,, semoga bermanfaat 🙂

website resmi PSB-online Semarang 2010 adalah: http://semarang.siap-psb.com.  Informasi apa saja sih yang bisa orang tua calon siswa, calon siswa, maupun kita semua bisa dapatkan dari sana? mari kita bedah bersama.. seperti biasa, bila ingin menuju ke area yang diinginkan, anda tinggal klik pada link yang tersedia.. ^_^

psb semarang 2010

PSB Online Semarang 2010 Official Website

  1. Berita PSB Semarang 2010
    • pada bagian ini, info-info update terbaru dari PSB Online Semarang 2010 dimuat,,
  2. Info sekolah
    • di sini,, kita dapat melihat dengan detail info sekolah negeri yang ada di Semarang.. mulai dari TK, SD, SMP, SMA hingga SMK
  3. Aturan PSB Online Semarang 2010
    • Pada menu ini, kita dapat melihat sejumlah aturan & ketentuan yang berlaku dalam PSBN Online 2010
    • 01    KETENTUAN UMUM
      02    ORGANISASI PENYELENGGARAAN
      03    TATA CARA PELAKSANAAN
      04    JADWAL PELAKSANAAN
      05    TEMPAT PELAKSANAAN
      06    PEMILIHAN SEKOLAH TUJUAN
      07    PESERTA LUAR DAERAH, KHUSUS DAN PRESTASI
      08    DASAR DAN CARA SELEKSI
      09    DAYA TAMPUNG SEKOLAH
      10    LAIN-LAIN
  4. Jadwal Pelaksanaan
    • Pada menu ini, disajikan sejumlah informasi mengenai jadwal proses seleksi PSB Semarang 2010 :
      • jadwal proses seleksi RSBI: SMP,SMA,SMK
      • jadwal seleksi reguler: SMP,SMA,SMK
  5. Alur Pendaftaran PSB Online Semarang 2010
    • pada bagian ini, dijelaskan, bagaimana alur pendaftaran psb semarang 2010, dalam bentuk grafik, ,
  6. Informasi Hasil Seleksi

    • Pada bagian ini, kita dapat mengamati perkembangan hasil seleksi PSB semarang 2010 dari waktu ke waktu..
  7. Kapasitas
    • Bagian inilah,,, yang cukup seru! di sini dijelaskan dengan cukup mendetail mengenai pagu dari masing masing sekolah negeri di semarang,, termasuk di dalamnya adalah:
      • Pagu  TK RSBI
      • Pagu  SD RSBI
      • Pagu SMP
      • Pagu SMA
      • Pagu SMK
  8. Rayonisasi
    • Bagian ini pun tiodak kalah seru.., di sini kita dapat mengetahui sekolah mana sih yang termasuk rayon yang mana,dll. informasi yang tersedia adalah mengenai rayon SMP,SMA,dan SMK di kota Semarang.
  9. Pemeringkatan / Perangkingan
    • Bagian ini merupakan bagian yang menarik… di sini kita dapat melihat rumus perhitungan nilai akhir pada PSB online Semarang 2010.. rumus-rumus-nya adalah untuk :
      – Masuk TK SBI
      – Masuk SD SBI
      – MAsuk SMP Reguler & RSBI
      – MAsuk SMA Reguler & RSBI
      – masuk SMK Reguler & RSBI
      – aturan tambahan lainnya
  10. call-center
    • pada bagian ini, ortu / calon siswa bisa menghubungi bila ada kesulitan selama proses PSB ini berlangsung..

sementara ini review yang dapat saya tambahkan tentang PSB online 2010,, semoga bermanfaat.. 🙂

pesan saya untuk adik-adik & Ortu murid,, cermati dulu sebelum memilih,, karena setelah Anda memutuskan untuk mendaftar online, kesempatan tersebut tidak akan dapat terulang. Jangan sampai salah pilih ya… selamat bereksplorasi..! 🙂

last.. Review umum PSB tahun lalu seperti apa..? detailnya bagaimana,,? bisa mampir ke review saya tentang PSB yang lalu di  bawah ini:

Regards,

^_^

PSB Online 2010 : RSBI, Rekomendasi, Reguler

[updated:  Senin, 21 juni 2010]

Tanpa terasa, sudah tengah tahun 2010.. Selamat bagi yang telah Lulus UNAS ^_^, bagi yang belum lulus,, jangan berkecil hati,, jangan menyerah (kayak lagunya D’Masiv..) masih ada kesempatan perbaikan… teman saya saja dulu juga ada yang baru lulus setelah ujian ulang,, namun pas kuliah dia ngamuk, IP-nya cumlaude terus.. Wow!! 😀

Buat adik2 & bapak-ibu yang putra-putrinya akan melanjutkan sekolahh,, sama seperti tahun-tahun sebelumnya.. proses Penerimaan Siswa Baru (PSB) di Surabaya & Sidoarjo , dan beberapa kota lainnya, sistemnya adalah online, baik untuk SMP, SMA, maupun SMK,, karena itu disebut PSB-online.

Untuk review PSB online 2010  sejumlah kota termasuk Surabaya dan kota lain, berikut review / link situs resmi-nya (rencananya, bila  memungkinkan.. akan saya tambahkan secara bertahap):

psb gresik 2010

Official Site PSB Gresik 2010

Sejumlah sekolah ternyata menyelenggarakan PSB-online maupun semi online secara mandiri dalam berpartisipasi pada PSB tahun 2010 ini, beberapa diantaranya yang sudah launching website resmi  adalah:

Untuk sementara, ini dulu yang dapat saya bagi,, semoga bermanfaat.  Selamat berburu info  PSB ^_^v

bila berkenan,, silakan memberi rating pada review saya ini,, sekalian saya jadikan sebagai bahan evaluasi agar review selanjutnya dapat lebih baik lagi…

regards,

dhanika