KP oh KP.. Part-2 : KP.. ngapain aja tuh..??

“What we`ve to do in our first day..?

“what shall we do..?”

Ya itulah yang selalu terlintas dalam benak dan pikiran saya menjelang berlangsungnya KP.. tepatnya, pada saat masih UAS.. ( :(( ) deg-degan juga menanti saat datangnya waktu KP.. mungkin hal yang sama juga dirasakan oleh temen-temen yang udah ataupun akan KP nantinya..

Akhirnya rasa penasaran itupun terjawab..

KP kami (saya dan Ucup) insyaAllah akan dilangsungkan selama 1 bulan terhitung mulai 21 Januari 08 yang lalu. Jauh sebelum kami ber-KP, dari cerita Mas maupun Mbak di SI yang sudah pernah KP sebelumnya, hal yang biasanya dilakukan oleh Mahasiswa Sistem Informasi pada saat KP adalah :

  • Ngoding ( bikin program )
  • menganalisis, dokumentasi
  • menganalisis + dokumentasi + usulan sistem
  • menganalisis + mbikin program

Sekedar info saja,, KP kami nggak ngoding lho.. πŸ˜€
Pada hari pertama, kami observasi di lingkungan perusahaan. Ternyata.. di tempat kami KP, yang diperlukan dan sesuai dengan kapasitas bidang keilmuan kami adalah mendokumentasikan program, menganalisis, serta memberikan usulan untuk pengembangan sistem berikutnya..
Jadi, buat temen2 yang nanti akan KP,, sekedar penyemangat aja,, bahwa KP nggak mesti ngoding lho.. hal yang penting pada hari pertama KP nanti adalah mengobservasi lingkungan kerja dengan sedetail-detailnya, karena dengan begitu nantinya temen-temen bisa mengambi keputusan hal apa sih yang sekiranya bisa dilakukan saat KP.. apakah harus ngoding..? apakah itu satu-satunya solusi..?

Ide itu (observasi sistem d lingkungan kerja) muncul dari Dosen Koordinator KP kami,Dengan berapi-api dan penuh semangat beliau berpesan yang kurang lebih seperti ini

“KP itu nggak mesti ngoding. ngoding itu solusi terakhir kalo kalian nggak punya solusi lain. kalau suatu permasalahan bisa diselesaikan dengan analisis dan memberikan solusi jika ada, kenapa harus ngoding..?”

berbekal itulah kami ber-AKL ( analisa kondisi lingkungan) dengan tanya-jawab pembimbing dari tempat KP, serta keliling keluar masuk lokasi yang diobservasi.. sekalian menghafal tempat KP.. πŸ˜€
(terutama lokasi Masjid, mushola, dan toilet plus kantin.. hehe)

next: KP oh KP.. Part-3 πŸ˜€

Iklan

10 comments on “KP oh KP.. Part-2 : KP.. ngapain aja tuh..??

  1. ngoding itu emang bukan keharusan waktu KP, tapi ngoding itu kewajiban mahasiswa fakultas teknologi informasi… seorang analis sistem yang nggak bisa ngoding sama kayak duri dalam daging, sama kayak bom waktu yang siap meledak… kenapa? karena segala sesuatu itu dimulai dari nol… jangan ngomong program dan analisa perusahaan kalo nggak tau bagaimana program dibuat dan dapat bekerja… dan bagi seorang mahasiswa yang akan mendapatkan gelar S.Kom… ngoding is a must!

  2. @parvian
    Ngoding harus bisa? Aq sependapat mas. Krn seperti telah diajarkan Sensei RS dulu bhwa ‘algoritma seseorang g akn bsa bgus kalo g dg latian yg keras, g ad jalan pintasnya’ nah latiannya dlm bntuk ngoding itu.
    Sbg Mhs yg nantiny bergelar S.Kom at least memang perlu tau DASAR dr ngoding.. Tpi nda hrus advance bnget.. Krn itu mslh bakat.. πŸ™‚ dan spesialisasi..
    Hehe, alumni SI kan nda mesti jd programmer murni..
    Wallahu’alam πŸ™‚

  3. ha5x…
    ngoding ga ngoding tergantung job-nya lah ndre/dhan πŸ™‚
    and anyway, mengutip salah salu baris dari andre “ngoding itu kewajiban mahasiswa fakultas teknologi informasi… seorang analis sistem yang nggak bisa ngoding sama kayak”
    perlu diralat, Analis sistem adalah dalah satu end result mahasiswa FTIf, bukan Analis sistem adalaha dalah end result (satu2nya) mahasiswa FTIf.
    ga semua lulusan FTif bakal jadi sistem analis kan πŸ™‚ penggunaan case kamu ga bisa diaplikasikan ndre.
    disamping lulusan FTIF belom tentu kerja di bidang IT malah πŸ™‚
    jadi ingat kemaren ketemu temen lulusan S1 teknik kimia, IP kalo ga salah 3.6 atau 3.4, malah kerja di bank, ga masih industri, padahal IP segitu bisa masuk perusahaan gede.
    i’d say, ngoding perlu untuk bisa “lulus” dari FTIf (banyak kul koding kan) tapi belom tentu dipakai kerja, unlike TC, SI malahlebih universal dan manajemen juga, ga telrlau menekankan ke coding (sejauh yang aku pahami dai susuan kurikulum SI)

  4. eh sampe lali, dhan, mana katanya mau bikin tulisan VS08 πŸ™‚
    btw aku udah dapat VS08 express.
    seperti yang 2005, tetep lah, ada pilihan untuk buat aplikasi di .net platform maupun make standar library πŸ™‚
    buku kamu perlu dicek lagi tuh :))

  5. yup..stuju ma tyok…
    mahasiswa FTIf khususnya sistem informasi tidak mesti ngoding…
    hidup PPSI… :mrgreen:
    1 kata buat VS2008,,BERAT!!!

  6. Meski PPSI, TA ku juga ngoding 😦
    Malah tak sekedar ngoding, juga dokumentasi, project plan, dll.

    Intinya, kalau bisa semua, itu lebih baik.

    Yuda Harja
    CEO Ravymedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s