Salah satu amalan terbaik..

Nabi SAW bersabda:

“maukah aku beritahu amalanmu yang terbaik, yang paling tinggi dalam derajatmu, paling bersih di sisi Rabb-mu serta lebih baik dari menerima emas dan perak dan lebih baik bagimu daripada berperang dengan musuhmu yang kamu potong lehernya atau mereka memotong lehermu?’ para sahabat lalu menjawab: ‘Ya’, Nabi SAW lalu berkata ” Dzikrullah”.

(H.R. Ahmad & Ibnu Majah)

Posted with WordPress for BlackBerry®

Iklan

PSB Online 2011 SD, SMP, SMK : Menghitung Hari

Tanpa terasa waktu berlalu  begitu cepatnya, baru saja Ujian Nasional (UN/UNAS) tingkat SD, SMP, dan SMA dilangsungkan. bahkan, sudah memasuki masa pengumuman.

Untuk adik-adik / bapak-ibu wali murid yang akan melanjutkan jenjang SD ke SMP atau SMP ke SMA tentu perlu mencari info lebih dini tentang sekolah yang akan dituju.. karena banyak hal yang berubah setiap tahunnya. Hal yang kiranya perlu dicari infonya adalah:

  • Prosedur Sistem Penerimaan siswa baru
  • jadwal pelaksanaan
  • ketentuan yang berlaku
  • PAGU / daya tampung sekolah
  • istilah-istilah yang sering digunakan
  • peringkat / statistik sekolah
Dari pengamatan sya beberapa tahun terakhir ini, alamat website untuk PSB di Surabaya beberapa kali mengalami perubahan. hal itu salah satunya saya rasa adalah demi kemudahan orangtua / calon siswa.
Jika tahun lalu alamat website resmi psb online surabaya adalah http://psbsurabaya.com, pada tahun 2011 ini berubah menjadi http://ppdbsurabaya.net. Selain itu, Istilah PSB (Penerimaan Siswa Baru) pada tahun sebelumnya, sekarang berubah nama menjadi PPDB (Pendaftaran Peserta Didik Baru).
Bagi calon siswa / bapak-ibu wali murid yang ada berencana untuk mendaftarkan calon putra/putrinya di daerah Surabaya, tak ada salahnya untuk melihat sekilas info yang terdapat dalam website ini.
Beberapa halaman masih belum dibuka untuk umum, namun beberapa menu sudah dapat kita akses.
Diantaranya adalah yang ada di bawah ini:
(klik pada tulisan untuk membuka pada window/tab baru)
Sejumlah menu lain dapat juga diakses langsung via ,  http://ppdbsurabaya.net yakni terkait dengan SMK negeri, serta sejumlah sekolah swasta yang tergabung dalam PPDB 2011 ini. Di bawah ini adalah tampilan dari halaman utama website resmi PPDB Surabaya 2011

Nah,, Bagaimana dengan daerah lainnya?
Sejumlah kota di Indonesia tergabung dalam portal http://siap-psb.com, namun sampai tulisan ini dibuat, belum banyak hal yang dapat di eksplorasi..

Portal Situs Resmi SIAP-PSB

Ikuti terus perkembangannya, khususnya di situs resmi PSB / PPDB di kota Anda.
Karena,, Semakin mendekati hari-H, informasi yang ditampilkan akan semakin lengkap & padat.
Artikel lain yang terkait dengan PSB Online:

Renungan di hari Kartini

lkisah suatu ketika sang ibu bertanya kepada anaknya,” itu burung apa yg berdiri disana ??”
“Bangau mama” anaknya menjawab dengan sopan.

Tak lama kemudian si mama bertanya lagi..
“Itu yang warna putih burung apa?” Sedikit kesal anaknya menjawab ” ya bangau mama?…”

Kemudian ibunya kembali bertanya.. ” Lantas itu burung apa ?” Ibunya menunjuk burung bangau tadi yg sedang terbang…

Dengan nada kesal si anak menjawab “ya bangau mama! kan sama saja! emangnya mama gak liat dia terbang?!!”

Air menetes dari sudut mata si mama sambil berkata pelan..
“Dulu 25 tahun yang lalu aku memangku mu dan menjawab pertanyaan yg sama untuk mu sebanyak 10 kali,..
sedang saat ini aku hanya bertanya 3 kali, tapi kau membentak ku 2 kali..”

Si anak terdiam…dan memeluk mamanya.

Pernahkah kita memikirkan apa yg telah diajarkan oleh seorang mama kepada kita?
Sayangilah Mama/Ibu-mu dengan sungguh2 karena surga berada di telapak kaki Ibu.

Mohon ampunan jika kau pernah menyakiti hati Ibumu.

*Pernah kita ngomel padanya?
‘Pernah!’:s

*pernah kita mencuekinnya?
‘Pernah!’>:/

*pernahkah kita nggak sabar sewaktu diminta tolong mereka untuk ngajarin menggunakan komputer atau ngoperasikan menu-menu di hp?
‘Sering kayaknya’ 😦

*pernah kah kita mikir apa yang ia pikirkan?
‘nggak!’:/

* sebenernya apa yang sedang mereka fikirkan ?

‘Takut!’:(

-takut nggak bisa liat kita senyum , nangis atau ketawa lagi.
– takut ngga bisa ngajar kita lagi

Semua itu karena waktu mereka singkat..

Saat mama/papa menutup mata , Ga akan lagi ada yg cerewet.:(

Saat kita nangis manggil2 mereka , apa yg mereka bales ?

‘Mereka cuma diam’:(

Tapi bayangan mereka tetap di samping kita dan berkata : “anakku jangan nangis, mama/papa msh di sini. Mama/papa masih sayang kamu.” 😦

Sayangilah Mereka sebelum waktunya habis.

Buktikan kalau engkau lebih sayang pada ortu, sebelum pena diangkat & tinta telah mengering..

Wallahu’alam bishowab

Posted with WordPress for BlackBerry.

Berani Ngeremehin Sholat fardhu? Well, think it again..

Menjelang ramadhan yang kurang beberapa saat lagi ini.. Suddenly saya teringat suatu hal berkaitan tentang sholat.. jadi saya tuliskan agar bisa sebagai pengingat,, untuk saling mengingatkan,, khususnya kepada diri saya sendiri… 🙂

Shalat Fardhu adalah kewajiban bagi kita sebagai seorang muslim. Lebih dari itu, dikatakan bahwa Sholat adalah tiang agama. Muslim yang sejati adalah ia yang menegakkan sholat, tidak hanya sekedar mengerjakan sholat..

Mungkin ada yang bertanya..

Loh, beda ya “mengerjakan” dengan “menegakkan”?  bukannya sama aja aktivitas yang dilakukan…??

Mengerjakan sholat,, berarti ia hanya melakukan Sholat sebagai aktivitas rutin saja, tidak menghayati makna yang terkandung di dalamnya. yah, sekedar sholat aja, pokoknya phisically ngerjain sholat lah..

Sedangkan bila menegakkan sholat, berarti ia telah mengerti & berusaha untuk memahami,, sebagai apa posisinya ia hidup di dunia ini, apa yang harus ia lakukan,, & kepada Siapa ia harus mempertanggungjawabkan perbuatannya kelak..

Mungkin… pernah dengar ada yang bertanya,, memangnya kenapa sih kalau sesekali nggak sholat..? ada hukumannya kah? toh, ada orang dewasa yang sejak kecil nggak pernah sholat, padahal di KTP-nya tertulis beragama Islam  & secara fisik  sampai sekarang ia masih sehat wal’afiat.. ??

Naaah, pertanyaan kayak gini yang sering membuat tidak sedikit dari sodara kita mulai mengendurkan niat sholat,, tandanya apa?

  • mulai dari menundanya sampai dekat akhir waktu sholat,,
  • sholat-nya mulai bolong-bolong.
  • Bahkan,  akhirnya sampai nggak sholat sama sekali. Na’udzubillah,,

hal Itu bisa saja terjadi  karena ia merasa safe-safe aja dengan meninggalkan sholat. Tak ada beban, karena ia merasa tak ada “tekanan” (baca: hukuman langsung secara fisik”).. astaghfirullah.

Mari kita tengok Sabda Rasulullah ini:

Barang siapa yang meremehkan atau meninggalkan shalat Fardu, maka Allah akan menyiksa orang tersebut dengan 12 siksaan. 3 di dunia, 3 ketika akan mati, 3 di dalam kubur (alam barzah),3 kiamat akhirat .

apa saja kah macam siksaan itu..? berikut ini adalah detailnya..

3 siksa di dunia

  1. Allah akan menghilangkan keberkahan rejeki dan usahanya.
  2. Allah aka mencabut cahaya orang soleh di wajahnya
  3. Mendapat kebencian di hati orang mukmin

3 siksa Menjelang Mati

  1. Orang tersebut dicabut ruhnya dalam keadaan haus/lapar, walaupun diberi minum
  2. Orang tersebut dicabut ruhnya dengan rasa sakit yang luar biasa
  3. Orang terbsebut hilang tanda keimannannya

3 siksaan di alam kubur

  1. Orang tersebut sulit menjawab pertanyaan kubur
  2. Di dalam kuburnya amat gelap gulita
  3. Orang tersebut mendapat himpitan kubur sehingga tulangnya berserakan.

3 siksaan diberikan pada hari akhirat

  1. Orang tersebut mendapat kesulitan ketika di hisab
  2. Orang tersebut dibenci Allah/diacuhkan Allah
  3. Orang tersebut disiksa Allah di dalam neraka

Astaghfirullah,, ternyata begitu kompleks hukuman yang menanti bila berani meremehkan bahkan meninggalkan sholat dengan sengaja…

Bagi yang sampai saat ini sukses sholat nggak pernah bolong dengan sengaja, Keep it up..!! ^_^

Sedangkan bagi mungkin yang terlanjur khilaf pernah meremehkan / meninggalkan sholat, segeralah taubat nasuha,, & berusaha untuk tidak mengulanginya lagi.. Semoga Allah SWT mengampuni & masih memberikan kesempatan untuk memperbaiki diri.. 🙂

So, do you really still wanna try to deliberately underestimate your Sholat fardhu?

Well, think it again..

Semoga kita bisa tetap istiqomah, khususnya diri saya sendiri,, amin 🙂


Sumber:

-durrotu Nwasihin, dikarang oleh Syekh usman bin hasan bin ahmad assakir (ulama pada waktu 13 hijriyah) Hal 137.

– Resume dari sejumlah tausyiah & khutbah jumat.

.

Kebahagiaan & Kedamaian dengan Mengingat Allah

Seperti biasa, setiap Jumat ada ibadah rutin yang harus ditunaikan para cowok.. Sholat Jumat! 😀
Karena kebetulan hari ini  bisa jumatan di masjid Baitul-Haq, tentu takkan saya lewatkan… ceramahnya seru,padat,singkat,berisi… masjidnya Cozy & ber-AC pula.. hehe.  Ini oleh-olehnya.. ^_^

Ber-Dzikir,, Mengingat Asma Allah,, akan membuat hati kita menjadi tenang, damai.. 🙂

Demikian sebagimana Firman Allah dalam Al-Quran Surat ke-13, Ar-Ra`d:

Q.S. Ar-Ra`du (13): 28

Q.S. Ar-Ra`du (13): 28

Namun,,  bila manusia sebagai hamba-Nya sudah mulai berani meninggalan ibadah & mulai melaksanakan apa yang menjadi larangan Allah,, maka Allah tak akan segan untuk memberikan bala` & peringatan. Peringatan-peringatan Allah SWT tsb dibagi ke dalam 3 macam..:

  1. Allah akan mencabut Keberkahan dari rezeki orang tersebut
    • Suatu ketika Rasulullah SAW bertanya kepada malaikat Jibril,, yang intinya adalah apakah setelah masa Rasulullah berakhir, Jibril akan tetap diturunkan Allah ke bumi? & Malaikat Jibril pun berkata bahwa ia diperintahkan oleh Allah untuk mengawasi & mencabut keberkahan dari rezeki orang yang telah menjauh dari Allah SWT..
    • Allah tetap memberikan rezeki kepada orang itu, Namun rezeki yang diterimanya adalah tidak barokah, yaitu tidak memberikan kedamaian & ketentraman hati bagi pemiliknya.. Yang ada hanya selalu merasa kurang & inginnya nambah kekayaan terus.. dengan berbagai cara..
  2. Allah akan menempatkan diantara mereka pimpinan yang Dzalim diantara mereka..
    • Pemimpin yang Dzalim adalah pemimpin yang menempatkan sesuatu yang tidak pada tempatnya…
    • Dengan adanya pemimpin yang dzalim, Allah akan menguji, apakah masih ada iman diantara hamba-hamba-Nya yang lain…
    • Sekaligus, agar hamba2-Nya tersebut lebih mendekat kepada-Nya.. tidak hanya memikirkan duniawi semata..
  3. Orang itu akan dicabut nyawanya oleh malaikat Izrail dalam kondisi yang tidak beriman, su`ul khotimah,, na`udzubillah….

Teman,, mari kita jadikan renungan bersama…. Apakah ada salah satu dari tanda-tandanya terjadi di sekitar kita? baik di kampus,, di masyarakat,, atau bahkan di negara qta tercinta ini..???

~ wallahu`alam bishowab ~

dhanika ~