Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Cara Mengurus SKCK

Mungkin ada yang bertanya..  SKCK, apa itu?

SKCK adalah akronim dari Surat Keterangan Catatan Kepolisian. Biasanya, surat ini diperlukan bila seseorang hendak melamar pekerjaan, mendaftar perguruan tinggi di institusi tertentu,  pergi ke luar negeri karena alasan tertentu, atau keperluan lainnya.

Belum lama ini saya mengurus SKCK untuk keperluan tertentu. Karena ini pertama kali saya mengurusnya, setelah mencari info kesana-kemari, dapatlah info dari orang yang sudah pernah mengurusnya,,  urutan prosesnya adalah begini:

  1. Bikin permohonan mau membuat SKCK ke RT
  2. Siapkan fotokopi KTP & KSK
  3. Minta Rekomendasi / pengantar dari RT –> suratnya dari RT & ditandatangani sekretaris ataupun pak RT
  4. Rekomendasi dari RT tadi dibawa ke RW untuk dimintai tandatangan ke pak RW atau sekretarisnya
  5. Surat Pengantar yang sudah ditandatangani oleh RT & RW tadi dibawa ke kantor kelurahan
  6. Setelah rekomendasi / pengantar dari kelurahan didapat, dibawalah ke kantor polisi.
  7. Kalau SKCK mau dipakai untuk mendaftar / melamar kerja ke Swasta,. rekomendasi kelurahan cukup dibawa ke Polsek aja.
  8. Kalau SKCK-nya  mau digunakan untuk melamar kerja PNS atau BUMN, atau keperluan lain, rekomendasi kelurahan tadi langsung dibawa ke POLRESTABES (kalau di kota besar, dulu namanya POLWILTABES). ada beberapa syarat yang harus dipenuhi:
    • Untuk SKCK baru, bawa foto berwarna 4*6 sebanyak 5 lembar
    • Untuk Perpanjangan SKCK, cukup bawa foto berwarna 4*6 sebanyak 3 lembar
    • Fotokopi KSK & KTP
    • Biaya administrasi (resmi) Rp 10.ooo,-

Kalau yang domisili di Surabaya, Polrestabes ada di dekatnya JMP (Jembatan Merah Plaza). Gedungnya ada di kanan jalan, di depan gedungnya ada patung lumayan besar, Kapolri Pertama Indonesia.

Proses SKCK di Polrestabes Surabaya ternyata cepat, bisa ditunggu pula!

Selama di Polrestabes, proses yang kita lakukan adalah seperti ditunjukkan gambar di bawah:

Alur Pengurusan SKCK di Polrestabes Surabaya

(klik untuk memperbesar gambar)

ternyata mudah kan.. :)

o,ya..  info tambahan:

  • masa berlaku SKCK adalah 3 bulan, terhitung sejak tanggal dikeluarkan
  • kalau mau perpanjangan, nggak perlu membawa surat rekomendasi dari Kelurahan.
  • cukup bawa Fotkopi KTP, KSK, dan foto 4*6 (3 lembar), langsung ke polrestabes..

Semoga bermanfaat, khususnya  untuk yang lagi jadi job-hunter maupun yang mau nyari beasiswa ke luar negeri

^_^

About these ads

50 comments on “Cara Mengurus SKCK

  1. neng kecamatan disik dan, hbs dr kelurahan mampir ke kecamatan. salaman sm pegawainya minta legalisir surat pengantarnya. nnti pegawai nya kan tanya buat ap ini mas?? hbs dijelasin, mereka tanya lg wani piroooo?? ekkkkeeekkk…..

    • nggak pake kecamatan Ndy,,
      waiki wes jaman wes modern,, ga terlalu mbulet.

      malahan, kalo di polrestabes tu tergantugn pegawainya..
      ada pegawai yang bilang, langsung aja ga usah pake rekomendasi RT-RW-kelurahan malah.. :D

  2. setahu sy kalo mau buat SKCS dari polres, harus rekomendasi dari polsek setempat dulu, jadi tidak langsung rekomendasi kelurahan di bawa ke polres.. smoga bermanfaat :D

    • @david:
      itu di kota mana mas?
      kalo di surabaya, tanpa perlu rekomendasi dari polsek. itu real-experience dari orang yang pernah ngurus di bulan februari 2011 kemarin :)

      @wanprabu:
      iya, kayaknya tergantung kebijakan setempat..
      padahal di surabaya udah langsung dipersingkat birokrasinya, bahkan sekarang tanpa surat pengantar dari rt-rw bisa..

  3. wuih.. lengkap bener yak. aduh, bingung nih klo mau daftar jadi PNS.. selalu males ribet sama ngurusin surat2 begini.. hikz..
    TOP BGT postingannya. :)

    • Kartu Surat Keluarga.. atau ada juga yang menyebutnya sebagai KK, kartu keluarga.
      biasanya kartu ini berwarna merah, berisi tentang informasi tanggal lahir, status, dan susunan keluarga (kandung) kita. mulai dari ayah, ibu, dan juga kakak/adik , termasuk kita diri sendiri.. :)

  4. @dhanie,
    Terima kasih informasi dari blog anda…
    cukup ditambahkan syarat SKCK di polrestabes Surabaya adalah sbb.:
    1. KK + fotocopy
    2. KTP + fotocopy
    3. 5 x pas foto 4×6
    4. Biaya Rp. 10.000,-

    Tidak perlu birokrasi yang lain bro (bahkan tidak perlu pengantar RT/RW/Kelurahan/Polsek), semua jelas tertera di papan pengumuman
    Ini pengalaman pribadi tanggal 20 Juli 2011 kemarin…

  5. bisa gak sih puna 2 SKCK dalam 1 waktu? pengen daftar di bank (atau semacamnya yg masih BUMN) tapi pgn juga nyoba nglamar di swasta. atau bisa SKCK dgn ktrgn “mncri krja negeri” buat nglamar di swasta? sama sekali gak ngerti nih, mohon penjelasannya, makasih :)

    • @Mbak Herni:
      Sepengetahuan saya, SKCK itu bisa buat ngelamar dimanapun,, selama masih berlaku.
      Tips dari saya (dulu saya juga melakukannya):
      – Setelah SKCK jadi, fotokopi beberapa kali ( di kantor polisi ada), paling nggak ada 5 lembar, buat persediaan.
      – Setelah di fotokopi, Minta stempel –> itu semacam legalisir, sah secara hukum.
      – Gunakan SKCK legalisir tadi ketika ngelamar kerja,, insyaAllah bisa.

      Selamat mencoba.. :)

  6. Nanya donk mas,saya asal daerahnya kalimantan tp skrg lagi disurabaya,kira2 boleh gak ngurus skck nya di surabaya? Kebetulan saya punya keluarga disini,makasih sebelumnya..

    • @Amano:
      ada baiknya dicoba saja, dengan syarat2-nya dibaqwa lengkap..
      – KK & fotokopy nya
      – KTP &Fotokopi KTP
      – Pas Foto terbaru 4*6 sebanyak 5 lembar.
      – biaya administrasi 10.000,-

      Jika mau minta SKCK untuk melamar ke PNS / BUMN, mengurusnya ke Polrestabes (dulu namanya polwiltabes).
      Sedangkan jika mau mengurus untuk melamar di Swasta, cukup di tingkat Polsek saja..
      *semoga bisa menjawab pertanyaan Anda.. :)

  7. aq skrg tingal di bogor.mau nglamar kerjaan tp lom punya SKCK
    mau ngurus surat-surat nie…
    bingung…
    apakah harus membawa surat pengantar dari tempat asal??? sementara aku dibogor…
    apakah bisa langsung ngurus di polsek setempat dgn membawa
    KK,KTP,IJAZAH, sama pas foto 4×6
    mohon jawabannya ya

  8. kalau untuk mendaftar s2 di PTN apa harus skck dari polres atau boleh dari polsek?
    persyaratan hny tertulis skck saja tanpa ada keterangan tambahan..
    prosedur pengurusan di polsek apa perlu bawa surat pengantar ya? tksh sblmnya

  9. mas mau tnya?saya th lalu sdh buat skck tp ke kirim aslinya wkt lamar krj dan fotokopianny jg ga ad,itu gmn y?apa hrs buat baru

    • Iya..klo aslinyaudh kepake, t3rpaksa bikin baru lagi.
      Mungkin ada baiknya klo nnti bikin legalisir jg.. bwt cadangan :-)

  10. Mohon info nya admin…
    Saya masih binggung mau ngurus SKCK dengan KTP domisili Sunggal, Deli Serang. kEMANa saya dapat mengurus SKCK..? Bisakah ke Polresta Medan ?

  11. Mohon info nya admin…
    Saya masih binggung mau ngurus SKCK dengan KTP domisili Sunggal, Deli Serdang. kEMANa saya dapat mengurus SKCK..? Bisakah ke Polresta Medan ?

  12. kok td saya langsung disuruh ke polrestabes ya tanpa membawa srt dr kelurahan?pdhal saya mau dftar cpns….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s