IES 2011 Sharing..

Menjadi mahasiswa merupakan suatu kesempatan dengan durasi terbatas namun berharga, khususnya bagi para praktisi yang bergelut di luat bidang akademisi. Banyak peluang yang terbuka & jika hal tersebut dioptimalkan, maka momen ini akan menjadi kenangan & pencapaian tersendiri, baik bagi indivisu maupun insititusi yang menaungi. Salah satunya adalah kesempatan untuk publikasi seminar, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Semester-2 di MMT-ITS adalah waktu dimana para mahasiswa mulai melakukan pemantapan ide tesis, demikian juga saya. Ketika itu terbesit dalam pikiran bahwa “kalau misalnya ada kesempatan untuk publikasi internasional, kenapa nggak dicoba?!”
Berawal dari mindset itu, saya mencari info tentang seminar yang ada di mancanegara. Dengan adanya teknologi informasi ada yang saat ini, didapat beberapa opsi dan salah satu yang feasible adalah IES (International Engineering Symposium) 2011 yang akan diselenggarakan di Jepang bulan maret 2011.
Jiwa “bonek” arek suroboyo saya muncul! Dalam pikiran saya, “kesempatan emas belum tentu datang 2kali”, oleh karena itu saya coba kejar.
Saya kontak dosen yang bersedia membimbing tesis, kemudian pada bulan november saya “iseng” mendaftarkan diri ikut seleksi paper penelitian dengan mengirim abstraksi dari paper saya.
Sebagai informasi, paper di seminar internasional biasanya akan diseleksi dulu dari abstraksinya. jika diterima, maka calon peserta bisa mengumpulkan full-paper, dalam bahasa inggris tentunya.
Ternyata, saat diumumkan di bulan desember, abstrak paper saya lolos!
Deadline pengumpulan full-paper hanya 3minggu!
Dengan dukungan berbagai pihak, khususnya MMT-ITS, saya berangkat untuk mempresentasikan materi pre-thesis saya.
Petualangan saya di Kumamoto, Jepang berlangsung pada 1-6 Maret 2011. Ini adalah kedua kalinya saya menginjakkan kaki di negeri Sakura setelah pada 2001 lalu, ketika saya menjadi peserta pertukaran pelajar saat SMP dalam misi seni&kebudayan, mewakili Indonesia di Toyota-City,Nagoya,Jepang.
Suhu udara di Kumamoto saat itu 3-5 derajat celcius. Bertepatan peralihan musim dingin ke semi.
Acara IES-2011 ini diikuti oleh peserta yang berasal dari berbagai negara seperti India, Brazil, Jepang, Vietnam, dan Indonesia. Namun dominasinya adalah peserta dari India (60%).
Banyak hal didapatkan selama berada disana. Diantaranya adalah budaya & karakter orang dari negara sahabat. Orang2 India pandai2! & punya rasa ingin tahu yang sangat tinggi. Mereka hampir selalu aktif bertanya di setiap sesi pada paralel-session. Namun, dalam hal kedisiplinan, kebersihan & keramahan, orang Jepang tetap luar biasa! Selain itu, mereka sangat totalitas dalam melakukan sesuatu. Sedangkan kami yang dari Indonesia, tentu tidak mau kalah aktif dalam komunikasi dengan mereka. Hehe.
Satu kesan lagi tentang Jepang yaitu banyak mahasiswa indonesia yang studi di sana & siap saling membantu. Kebetulan saya tidak makan babi & sejenisnya, oleh karena itu sharing pengalaman dari rekan-rekan disana sangat banyak membantu. Khususnya dalam memilih makanan yang aman untuk dikonsumsi.
Tak lama setelah saya pulang, Jepang diguncang gempa (jumat 11-maret-2011). Syukur saudara2 kita di Kumamoto tidak terdampak gempa tersebut.

Sebagai penutup, saya mengajak teman-teman semua untuk “think out-of-the-box”, kalau bisa publikasi tesis tingkat internasional, kenapa tidak dicoba?
Selagi pena belum diangkat & tinta telah mengering. karena, kesempatan yang sama belum tentu terulang kembali!
Vivat..! \(^⌣^)/

Iklan

3 comments on “IES 2011 Sharing..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s