Strategi AMD/ATI untuk Menantang Kompetitornya ~part.1~

Tanpa terasa sudah cukup lama saya nggak nge-review tentang IT lagi… kini saatnya back-in-action.. hehe..

Bila kita dengar tentang AMD, ATI, Intel dan Nvidia serta VIA merupakan hal yang paliing hangat dalam dunia hardware komputer selama 15 tahun terakhir ini… Sudah lama saya ingin mem-post Review tentang hal ini,, namun karena suatu & lain hal akhirnya baru bisa sekarang… sekalian update kondisi terbaru..  🙂

Karena bahasannya cukup luas,, Rencananya tulisan ini akan berseri dalam beberapa bagian..   Selamat menikmati.. ^_^v

Part-1: Kisah Perjalanan singkat AMD, Intel, NVidia dan VIA


1. Kisah Perjalanan Singkat AMD & ATI

logo AMD

AMD merupakan akronim dari Advanced Micro Device, AMD Inc. didirikan pada 1 Mei 1969 oleh sekelompok orang yang sebelumnya merupakan eksekutif dariFairchild Semiconductor, yaitu Jerry Sanders III, Ed Turney, John Carey, Sven Simonsen, Jack Gifford, Frank Botte, Jim Giles, dan Larry Stenger. AMD berpusat di Sunnyvale,California,Amerika. Ketika itu, AMD berfokus pada pengembangan logic-counter dan RAM. Pada tahun 1982, AMD menandatangani kesepakatan dengan IBM untuk menjadi pemegang lisensi source kedua setelah Intel dari mikroprosesor 8086 & 8088 yang berbasis arsitektur x86 dari IBM. Hal ini sempat menjadi kontroversi karena Intel merasa sebagai pemegang tunggal lisensi tersebut. Pada tahun 1994 masalah ini selesai setelah Supreme Court of California akhirnya memutuskan atas kemenangan AMD. Selama tahun 1984-1994 AMD mengembangkan mikroprosesor (Am286,Am386,Am486, Am5x86) dengan melakukan reverse-engineer dari mikroprosesor 8080 dan Intel 386. Pada tahun 2005, AMD meluncurkan prosesor 64-bit pertama yang dikenal dengan nama AMD64.

logo ATI

ATI Technologies Inc. awalnya merupakan akronim dari Array Technologies Incorporated, didirikan oleh Lee Ka Lau, Benny Lau dan Kwok Yuen Ho pada tahun 1985. ATI berpusat di Markham, Ontario, Canada. Ketika itu, ATI bergerak sebagai manufaktur semiconductor untuk IBM PC dan Commodore. Pada rentang tahun 1987-1991, ATI mulai memasarkan produk mereka secara mandiri, dikenal dengan nama EGA / VGA Wonder dan menjadi perusahaan pertama yang meluncurkan prosesor untuk pemrosesan grafis yang terpisah dari CPU. Pada tahun 2000, ATI meluncurkan produk add-on accelerator-graphic-cards yang hingga kini dikenal dengan nama Radeon. Produk unggulan lainnya adalah integrated-graphic-chipsets untuk motherboard dan video-capture-card.

Pada 24 Juli 2006, AMD membeli ATI senilai US$ 5.4 milyar. proses akuisisi tuntas pada 25 oktober 2006. Setelah akuisisi, keduanya mempunyai visi dan misi jangka untuk kembali menjadi market-leader. Salah satunya adalah AMD Fusion, sebuah pengembangan generasi baru dari microarchitecture dengan cara mengintegrasi antara CPU & GPU dalam sebuah keping prosesor. Pada Januari 2010, AMD Inc. Tercatat memiliki karyawan yang berjumlah total 10.400 orang.

2. Kisah Perjalanan Singkat Intel

logo INTEL

Intel Corp, merupakan akronim Integrated Electronics Corporation, Intel Corp. didirikan pada 18 Juli 1968 oleh Robert Noyce dan Gordon Moore, dan dimpin oleh Andrew Grove. Pada awalnya produk utama dari Intel adalah static-RAM. Pada rentangan 1971-1990an Intel mempunyai produk andalan berupa dynamic-RAM dan lisensi utnuk mengembangkan produk mikroprosesor yang berarsitektur x86 dari IBM. Hingga saat ini, Intel merupakan produsen dominan dari mikroprosesor yang terdapat pada PC di seluruh dunia.  Hal tersebut tidak terlepas dari sejumlah besar investasi dana yang ditanamkan Intel untuk pengembangan desain prosesor generasi baru. Pada tahun 2005, Paul Otellini (CEO Intel) melakukan reorganisasi perusahaan untuk berfokus pada pengembangan mikroprosesor & chipsets untuk enterprise, digital home, digital health, dan perangkat mobile. Ketika itu, Intel menambah 20.000 karyawan baru. Namun, pada 2006, akibat adanya kegagalan profit, Intel membebastugaskan 10.500 orang karyawannya. Pada tahun 2008, Intel tercatat memiliki karyawan berjumlah 83.500 orang.

3. Kisah Perjalanan Singkat NVidia

NVIDIA merupakan sebuah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang pengembangan GPU (Graphic Processing Unit) serta teknologi chipset untuk PC,  workstation, dan perangkat mobile. Kata NVIDIA berasal dari bahasa Latin, envidia. Penggunaan huruf kecil “n” pada NVIDIA hanya digunakan pada logo perusahaan. Sedangkan nama resminya, menggunakan huruf kapital. NVIDIA berdiri pada tahun 1993 oleh Jen-Hsun Huang (mantan desainer mikroprosesor dari AMD), Chris Malachowsky (ahli elektronika dari Sun Microsystem), Curtis Priem (senior staff dan graphic chip designer dari Sun Microsystem). NVIDIA berkantor pusat di Santa Clara, California, USA. Untuk memperkuat tingkat kompetitif produknya, selain meluncurkan produk unggulan yang dikenal dengan nama GeForce, sejak tahun 2000-2008 NVIDIA mengakuisisi sejumlah perusahaan, yaitu:   3dfx Inc., ULI Electronics Inc., Hybird-Graphics Inc., PortalPlayer Inc., serta Ageia Technologies. Pada Januari 2009, NVIDIA tercatat memiliki karyawan sejumlah 5420 orang.

4. Kisah Perjalanan Singkat VIA

logo VIA

via

VIA merupakan akronim dari Very Innovative Architecture. VIA merupakan manufaktur dari produk integrated circuit (IC), motherboard chipsets, CPU, dan RAM. VIA Didirikan pada 1987 oleh Wen Chi Chen, ketika itu berpusat di Silicon Valley. Mulai tahun 1992, VIA berpusat di Taiwan. Produk unggulan VIA adalah low-power CPUs, serta verylow-power chipsets untuk berbagai macam piranti seperti DVD-RW, audio-controller, serta nertwork-contoller. Seiring dengan ketatnya persaingan bisnis, maka VIA berfokus pada chipsets berdaya sangat rendah yang dapat diterapkan pada berbagai macam piranti, misalnya seperti chipsets Mesin Kasir, Kiosk, handled-gaming, thin-client, dan lain-lain. VIA juga melakukan pengembangan untuk mengintegrasikan CPU & GPU yang dikenal dengan nama VIA CoreFusion.

sekian dulu untuk bagian pertama ini.. nantikan kelanjutannya.. segera, insyaAllah. ^_^

next: senjata AMD-ATI

  • Part.2: Cost-Leadership dan Pembeda yang  Kompetitif  dari AMD-ATI
  • Part.3: Diferensiasi, Inovasi, Growth & Alliances
  • Part.4: Produk yang punya nilai lebih bagi kita, Pengguna

Iklan

6 comments on “Strategi AMD/ATI untuk Menantang Kompetitornya ~part.1~

  1. Hoooo…. saya lebih memilih ATI dari pada NVidia… 😀 Entah kenapa saya ga mau semakin menguatkan hegemoni Nvidia. 😆

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s