Lebaran~mudik.. Ingat pesan Cinta dari Allah ketika mudik..

Lebaran ~ Idul fitri Khususnya di Indonesia, identik dengan 1 kata,, yaitu MUDIK.

akan ada suatu event yang hilang rasanya jika pada saat lebaran tidak sempat bertemu dengan sanak keluarga untuk bermaaf-maafan,, dan yang paling utama adalah bersilaturahim.

Tidak sedikit penduduk dari kota yang berbondong bondong ke daerah masing-masing,, rela berjubel, ndusel, dan uyel-uyelan dalam kendaraan umum via laut, darat maupun udara demi bertemu dengan keluarga tercinta..

demikian juga,, tidak sedikit yang mudik dengan kendaraan pribadi, baik motor, becak, sepeda, maupun mobil untuk mencapai kampung halaman tercinta.

Namun,, banyak yang terlena,, melupakan 1 hal yang penting.
apakah itu,,??

sebelum saya jawab,, kiranya qta renungkan sejenak kalimatullah ini :

Dan janganlah engkau berjalan dibumi ini dengan congkak, sebab engkau tidak akan mampu membelah bumi, tidak pula akan pula dapat menjulang setinggi gunung. ” ( Alquran 17 : 37 )

…Janganlah engkau berjalan dimuka bumi ini dengan angkuh, Allah sungguh-sungguh tidak senang terhadap semua orang yang sombong dan angkuh.” ( Alquran 31 : 18 )

…Lagi pula janganlah mempergunakan kesempatan yang ada padamu untuk berbuat kerusuhan di muka bumi, sebab Allah tidak menyukai orang yang berbuat kerusuhan.” ( Alquran 28 : 77 )

Naah,, sudah tahukah jawabannya?

Yup!
tak lain adalah berdoa.

Tanpa berdoa,, alangkah angkuhnya manusia yang berdiri, bernafas, bahkan tidur di tanah ciptaan Allah SWT ini..

belum lama ini ada sebuah kasus nyata yang baru saja terjadi tidak sampai 24jam yang lalu sejak saya menulis ini.

Rabu ( 1 syawal ) menjelang siang,, kami sekeluarga bermudik ke Central Java melalui jalur selatan. Di tengah padatnya lalu lintas, kendaraan beroda 4++ hanya bisa berjalan melata, dan merayap menyusuri jalur yang dipenuhi oleh motor disisi kiri dan mobil (+truk+bus) di sisi sebelahnya.

waktu itu, kira-kira pukul 11-an,, di sekitar mojokerto / mojoagung (lupa tadi nggak lihat papan petunjuk jalan),,
kondisi tepi jalan berpasir dengan jarak antara jalan berpasir dengan jalan beraspal cukup tinggi,, rawan kepleset tergelincir jika tidak hati-hati.
tiba tiba tak jauh di depan kendaraan kami, terlihat helm tergeletak di sisi kiri jalan. bagian aspal dimana dekat sekali dengan bagian yang berpasir. tak jauh dari helm tersebut ada sebuah motor bebek yag tergeletak takberaturan. terlihat beberapa pengendara motor berusaha menghindari agar tak menabrak motor bebek dengan penuh barang bawaan yang menggeletak itu.

bagaimana dengan kondisi penumpangnya..?
Astaghfirullah..
2 penumpang, sepertinya sepadang suami istri..
sang istri tergeletak pingsan.
Alhamdulillah,, ternyata sang suami yang masih tersadar.
Ia berusaha menyelamatkan istrinya…

Kawan, jangan lupa tuk berdoa ya,, anytime anywhere..
sepele tapi sangat vital..

syaitan sudah siap menghadang dengan segala jebakan plus tipu muslihatnya tuk beraksi mengganggu anak-cucu Adam yang lengah..

Selamat Mudik,, Beware..
jangan sampai Anda jadi korban selanjutnya setelah pasangan suami-istri di atas..

wallahu`alam bishowab.

notes: kumpulan doa-doa bisa dilihat di SINI
^_^


@Solo.Central Java, di sudut kamar yang diterangi cahaya di tengah malam yang sunyi.. 03:00 WIB

Iklan

7 comments on “Lebaran~mudik.. Ingat pesan Cinta dari Allah ketika mudik..

  1. ” tak jauh dari helm tersebut ada sebuah motor bebek yag tergeletak takberaturan ” kalau saya baca dan menghayati sepenuh hati dhan, ini motor bebeknya amburadul, mesinnya copot, spionnya mental, bannya menggelinding… apakah benar asumsi saya? 🙂

    Berdoa emang penting… “awali dengan basmalah”

    anyway, met lebaran yah? Minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin…

    P.S. : aku tunggu oleh2nya dari solo

    Regards,

    Parvian

  2. @parvian

    alhamdulillah,, motor dalam kondisi lumayan, plus barang2 bawaannya diiket di motor, karena motor dlm kecepatan rendah (10-20 km/h) jadinya dampaknya ke motor g bgtu fatal..
    yang “ga beraturan” tu posisi orang yg jatuh,, 😀
    btw,, ketika saya baca komen mas,, udah g di solo saya.. 😀

  3. ku juga lupa didaerah mana, abis caruban keknya dhan. depan, mobil, ehm.. keknya avanza deh, tergelincir, nabrak kios di samping jalan sampe jebol… sampe jalan ketutup debu.

    masi sempet2nya dapat internet kau di solo 😛
    ku waktu di solo, dah kadang2 aja bisa ngenet, waktu ke jogja baru agak mendingan, tapi ga bawa lappie juga 😦 masa ngetik di opera mini TT_TT

    SSJ tour-ku (sidoarjo – solo – jogja tour) kali ini juga banyak yang cukup bikin merenung, mulai dari perjalanan berangkat ampe balik lagi.

    btw, kirain kamu mudik ke jogja, ke solo toh, ko’ ndak ketemu yah 😀

  4. @setya
    hehe,,, nantikan cerita lengkapnya di postingan tersendiri..
    saya online-nya pake flash, alhamdulillah bisa…
    selama di perjalanan,, sinyal indosat ga dapet2,, ga bisa online blas..
    😀

  5. Oargghh.. jadi inget pertemuanku dengan copet di bis.. udah gitu, abis nyopet dia nunjuk2 aku lagi.. untung gw imoet, jadi penumpang yang laen gak mikir yang enggak2..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s