Mengisi waktu libur, bernostalgia dengan game PlayStation di PC

Selagi liburan masih ada,,  untuk menghilangkan jenuh sejenak bisa bernostalgia dengan main game yang ada di rumah sendiri / sodara/ teman 😀 salah satunya adalah main PlayStation yang diproduksi oleh Sony Corp. Sony ™ PlayStation merupakan console game yang cukup fenomenal. PAda masa kemunculannya sejak tahun 1994 dahulu, ia merupakan console-game yang paling populer.Suatu hasil kreativitas yang radikal, dimana sebelumnya pada masa itu console-game menggunakan cartridge, semisal Nintendo 64, SNES, SEGA mega Drive. selengkapnya bisa baca sejarah PSX di sini .

Seiring dengan berjalannya waktu, tanpa terasa era PS / PSX pun tak luput “dimakan” usia. setelah 6-tahun berjaya,, Sony mewariskan kesuksesan sang “kakak” kepada “adik-adik”nya, yaitu PS2, dan sekarang telah muncul pula PS3.

Bila dibandingkan kualitaas grafiknya, tentu PSX harus mengaku kalah dengan PS2, apalagi dengan PS3…:d Tapi,,jika dilihat dari segi kualitas cerita yang dibawakan dalam setiap game-nya,  PSX tidak kalah dengan PS2 maupun PS3.

pernah ada seorang teman bertanya..

“aku kan nggak punya PS di rumah, kalau misal mau maen game PSX (PS1) di komputer bisa nggak..? Gimana caranya ya..?”

Pertanyaan yang menarik.. Jadi bagaimanakah caranya.. adakah yang tahu..? 😀

)

Game PS yang dijalankan di komputer... 🙂

mari kita ulas bersama-sama… 🙂

adalah sebuah tools yang disebut “emulator-game” yang fungsinya untuk menjalankan game pada komputer desktop maupun notebook / laptop. Kali ini saya akan membahas tentang emulator PS.

pada awalnya dulu, emulator PS yang sukses dan stabil hanyalah Virtual Game Station (VGS) dari Connectix. Ia menggunakan Tampilan yang cukup sederhana, sehingga tidak menyulitkan orang awam (termasuk saya pada waktu itu 😀 ) Namun kini telah ada beberapa buah emulator PS lain yang cukup stabil & dapat dijadikan pilihan.. misalnya adalah PSX dan ePSXe. perbedaan keduanya, untuk emulator bernama PSX menyediakan fitur standar untuk permainan game PS di PC (komputer desktop).

Sedangkan kalau ePSXe, terdapat fitur-fitur tambahan untuk mengoptimasikan kualitas rendering audio-visual dari game PS itu sendiri. Gampangnya,, gambar yang ditampilkan akan jadi jauh lebih bagus dan halus daripada aslinya bila dimainkan di console-PS melalui TV.

Coba perhatikan screenshot dibawah ini,,, apakah akan sama kualitas gambarnya bila dimainkan di PSOne..?

ChronoCross

ChronoCross

Awalnya saya sendiri sempat terkejut melihat begitu halusnya gambar yang dihasilkan oleh emulator ePSXe ini. sampai tulisan ini dimuat, seri terbaru ePSXe adalah 1.70.

Tertarik untuk mencobanya..?

tampilan ePSXe 1.70

tampilan ePSXe 1.70

nantikan postingan saya berikutnya khusus membahas tentang ePSXe dan konfigurasi yang diperlukan sebelum memainkan game PS dengannya.. 🙂

28 comments on “Mengisi waktu libur, bernostalgia dengan game PlayStation di PC

  1. @antokboz
    salam kenal. 🙂
    kalo emulator PS2, yg saya tau PCSX2. versi terbarunya 0.95.

    kalo g ada halangan bentar lagi takposting sekalian..
    thanks masukannya..
    🙂

  2. Mas, salam kenal.
    Saya kebetulan penggemar psx, dan kebetulan menemukan blog ini, saya sudah mendownload epsxe di atas, tapi ternyata tidak bisa digunakan, tolong diberikan cara2 penggunaannya ya Mas.
    Satu lagi, bagaimana dengan gamenya, apa harus di download atau menggunakan cd psxnya langsung?
    terimakasih.

    Happy Idul Fitri 1429 H
    Mohon Maaf Lahir dan Batin

  3. @ezoel

    mungkin webnya msh trouble.. dalam waktu dekat ini saya usahakan bsa upload filenya d web.

    soal game-nya, ada 2 cara:
    1. pake file image dari CD PS1-nya ( .BIN / .cue)
    2. pake CD asli dari PS-nya

    thanks atas masukannya 🙂

  4. @rizal..

    dalam waktu dekat ini saya akan posting “tutorial” dalam menggunakan EPSXE 1.70,,
    smeentara ini masih blom sempat karena msh banyak amanah lain.. 😀

  5. Ada yg tw cara nyetting Pcsx2 ga…?
    Spek komputer aku
    AMD Athlon 64 1.8+
    RAM 512mb x2
    VGA HIS ATi Radeon 9550 IceQ 256mb 128bit

    kok fps yg di dapet 30an yak? Masih ngelag-ngelag gitu….

    thx untuk masukannya……

  6. @WarLock

    spek komputernya udah cukup memadai kok.

    maen FF-X aja bisa fps-nya sampai 60.
    tpi setting resolusi dan quality-nya jgn tinggi2..
    teman saya pernah ad yg cobad vga Intel GMA950 aj lancar kok..
    🙂

    @Aku
    emu PS3, ataupun xbox360 blom ada.
    untuk emu ps3+xbox butuh vga super cepat, bahkan mungkin diatas Radeon 4870 atau GTX280 sekalipun.. karena itu blom ada yg mengembangkan,, mahal banget,
    beli vga high-end jenis itu aj bisa dapet ps3 atau xbox-360 😀

  7. masss terangin dong cara seting pcsx 2 di komputer saya dah ada shoftware nya…..tapi ngga mudeng tolongin massss kirim aja mass jawabanya ke e mail saya…. terimakasih sebelumnya di tunggu massss…

    sori belum sempat bales… mudah2an kalo smpet takposting di blog ini..

  8. wtlg klo jelasin yg detil

    nantikan postingan saya yang berikutnya ya.. akan dibahas lebih detail
    thanks udah mampir blog saya.. 🙂

  9. kk saya mau tanya,,apakah bila kita main dengan menggunakan cd ps1 yang di masukkan ke cd-ROM
    lalu di mainkan,,apakah bisa merusak cd-ROM secara perlahan2..??
    kalau aku tidak salah,,waktu itu ada forum yang bilang bisa merusak cd-rom bila di mainkan menggunakan kaset…
    dan di anjurkan menggunakan data saja..
    mohon pencerahan >__<

    • Ada baiknya kalo mau main PS dgn komputer, CD-PS nya dijadikan image dulu.. bisa dengan NERO / Alcohol120% / MagicISO atau sofware yang lain.,
      kenapa? agar CD-ROM mas Joe (khususnya Optik-nya) nggak cepet rusak..
      🙂

  10. mas..aku dah coba bisa,,masalahnya diman download gamesnya tanpa harus beli kasetnay?

    Dhanika:
    coba di situs yang barusan saya berikan di atas ini.. 🙂

  11. Gan saya mau tanya , saya main legend of dragoon disc 1 setelah lawan shirley saya stuck gelap layarnya,,,, trus sy pikir file isonya rusak , saya download lg dari web lain tapi pas di mainkan save an game saya hilang ,,,, adakah caranya buat ngebenrinnya?

Tinggalkan Balasan

