ACER = Awas CEpat Rusak..??

sebelumnya saya bukan bermaksud anti terhadap merk vendor tertentu.. juga bukan bermaksud untuk mengintimidasi orang yang mau beli laptop.. karena kebetulan notebook yag saya pakai juga bermerk acer.. :D

belakangan ini muncul akronim baru terhadap merk ACER khususnya ditujukan untuk jenis laptop/notebook juga bisa juga netbook ( demi kemudahan sebut saja laptop ato laptop mini). Akronim yang muncul,, adalah ACER = Awas CEpat Rusak!.

logo ACER

logo ACER

benarkah produk laptop ACER  memang cepat rusak?

Seiring bertambahnya kompetitor, biasanya suatu vendor akan berlomba lomba untuk menawarkan barang dengan harga yang kompetitif. namun, apakah harga kompetitif itu juga diimbangi dengan kualitas yang akhirnya jadi rentan rusak?

sekitar 2,5 tahun yang lalu ( tahun 2007), kebetulan saya diamanahi untuk mencari laptop untuk dipakai orang tua saya ( yang belum lama ini akhirnya dihibahkan ke saya, alhamdulillah:) ). ketika itu,, ada beberapa merk yang membuat saya tertarik yaitu TOSHIBA, HP, Axioo, dan ACER. berikut ini overview singkat saya.. dan masih relevan jika dipakai hingga sekarang.. :)

TOSHIBA

  • merk ini cukup punya nama besar
  • harga relatif mahal
  • fitur yang ditawarkan, untuk harga yang setara jika dibanding merk lain… kalah jauh. ( merk lain dengan harga yang sama punya fitur lebih baik)
  • kualitas bahan material laptop : cukup bagus dan artistik
  • garansi 1 tahun.
  • fitur recovery managemen
  • service center : saya tidak tahu. tapi katanya di surabaya ada.. T_T

ACER

  • merk ini cukup punya nama besar, pengalaman di bidangnya sejak jaman saya masih SD sudah ada.
  • fitur yang ditawarkan cukup melimpah pada harga yang sama jika dibanding merk lain
  • kualitas bahan material laptop : cukup bagus, namun agak sedikit tipis dibanding TOSHIBA
  • garansi 1 tahun, namun bisa diperpanjang hingga 3 tahun  (all-risk)
  • service center di hitech mall lantai 2.
  • fitur recovery managemen cukup lengkap
  • dapat bonus khusus dari ACER : mouse wireless, webcam, headset (waktu itu laptop masih blom ad webcamnya)

HP

  • merk ini cukup terkenal khususnya di luar negeri
  • fitur yang ditawarkan sebanding dengan harga ( diantara ACER dan TOSHIBA)
  • kualitas bahan material laptop : bagus, tebal dan awet. ( konsekuensinya: lebih berat)
  • garansi 1 tahun
  • fitur recovery managemen : belum saya ketahui
  • service center : Jakarta (kalau ada kerusakan dikirim ke jakarta)

Axioo

  • ketika itu, pemain baru di bidang laptop. lokal dirakit di indonesia
  • harga bersaing dengan fitur yang cukup melimpah
  • kualitas bahan material laptop : agak tipis, mudah panas
  • garansi service 1 tahun

Akhirnya saya pilih acer. Alhamdulillah sampai dengan saat ini, cukup awet. memang pernah masuk ke service center 1 atau 2 kali, namun itu karena kelalaian saya sendiri.. hehe

kurang lebih 1 tahun terakhir ini, ACER identik dengan AWAS CEPAT RUSAK. setelah saya teliti lebih jauh,, ternyata service center acer memang cukup dan hampir selalu ramai pengunjung khususnya hari sabtu. Tampak pada gambar di bawah ini keadaan ACER service center di hari sabtu. silakan klik gambar di bawah ini untuk memperbesar ke ukuran penuh.

Suatu ketika saya pernah masuk ke sana, dan menanyakan ke para kostumer yang lagi nunggu antrian (Sistem antrian dengan tiket, seperti di bank). rata-rata produk mereka sama, seri TravelMate dan ASPIRE.

acer-service-center

acer-service-center

Ada 2 jenis produk dari ACER, yaitu TravelMate dan Aspire.

  • Aspire

Segmentasi produk Aspire adalah diperuntukkan bagi orang yang tidak terlalu mengutamakan daya tahan baterai, dan lebih memilih performa maksimum dari sebuah laptop.

oleh karenanya seri ini biasanya punya daya tahan baterai yang tidak terlalu bagus, sekitar 2 hingga 3 jam ( bila masih baru). bila sudah berumur 1 tahun++,, biasanya hanya sekitar 1 jam.

  • TravelMate

Segmentasi produk TravelMate adalah bagi orang yang mobilitas cukup tinggi sehingga daya tahan baterai menjadi prioritas utama. daya tahan baterai yang dimiliki seri ini cukup besar, bisa untuk 4-5 jam. kebetulan seri yang saya gunakan adalah TravelMate, pernah saya coba dalam waktu hampir 5 jam indikator baterai baru menunjukkan low. saat ini,, seiring dengan sering dipakai,, tampaknya agak drop,, sekitar 3 jam udah minta di charge lagi.. hehe

kebetulan di jurusan tempat saya belajar,, tidak sedikit teman-teman yang menggunakan seri Aspire, baik yang value maupun yang quality. dan dari sekian banyak yang ada,, tidak sedikit yang pernah trouble.. mulai dari ganti optical drive, LCD, hingga ganti motherboard ada.

berbekal informasi itu,, ketika mencari laptop untuk adik saya belum lama ini,,, saya lebih prefer ke merk lain karena di pasaran saat ini yang ada hanya seri Aspire,, sangat jarang ada yang travelMate degan harga yang terjangkau..

Nah,, bagaimana dengan Anda..? apakah ACER Anda juga (termasuk yang) Cepat Rusak?

About these ads

337 comments on “ACER = Awas CEpat Rusak..??

    • saya punya laptop acer wecam nya gak nyala . .sudah di instal ulang tetep saja . .
      gimana cara mengatasinya??
      pokona mh hewa ja acer

    • laptop saya jg merk acer, umur ny sktr 2 thn, dan laptop saya sering mati sendiri pdhl cuman buka program yg ringan aja, kemudian saya bawa ke acer center, kata ny rusak motherboard ny..

      • Tidak ada barang/benda yang sempurna diciptakan oleh manusia,semuanya pasti bisa rusak.Komputer aku aja monitornya acer,tapi gak papa tuh.Udah 6 tahunan dibuat ngegame sampek 1 malam,gak papa tuh,tapi kalo laptop mah… …. …. Gak bisa ngomong.Makanya semua produsen/brand laptop menyediakan garansi…Jadi kalo lappienya lemot/rusak/dsb,jangan disalahin sama brand pembuatnya.Introspeksi diri cara kita memakai laptop.

  1. Mungkin Yang Dibeli Mas ACER yang BM(Black Market).Black Market Ada yang Barang masuk ke indo gak pke pajak,da yang barang bekas yang sudah di perbaiki/di upgrade sperti baru yang masuk ke indo.Ato mas makenya Ngedur ato Laptop hidupnya kelamaan lebih dari 10 jam itu dapat menyebabkan rusak.Semua Merk Laptop Klo pemakaiananya lebih dari 3jam/4 komponen motherBoard lamakelamaan pasti lemah.Jangan lansung meberikan keputusan klo acer Cepet rusak klo tidak didasari dari bagaimana kita memakainya.EDUCATIONAL PRATAMA COPUTINDO MADIUN

    • bozz nda semua tipe atau merek laptop yang kalau di pake lebih dari 10 jam cepat rusak….buktinya laptopku 24 jam nonstop aktif alhamdulillah sampai sekarang baik baik aja..di tambah listrik daerah sering mati dan waktu mati saya nda pasang batrenya toh tetap aja sampe sekarang nda ada trobel….malah mati lampunya tiba2 saya nda pasang ups udah 15 kali mati seperti itu tapi laptopku nda masalah..emang sih baru 2 tahun….tapi kalau laptop abiku lebih bandel lagi udah dari tahun 2005 sampe sekarang nda masalah….padahal kalau di pake sama juga nonstop 24 jam…laptop abiku merek IBM serial thinkpad sedangkan laptopku sendiria merek LENOVO serial IDEAPAD….jadi apa yang di bilang di atas kayaknya udah tepat deh masa baru di pake 10 jam udah gitu punyaku aja 24 jam dan abiku bisa 60 jaman nda trobel tuh….ngga percaya???ooo iya mengenai kondisi batre kayaknya normal normal aja…dari pertama di beli sampe sekarang masih sama hanya beda 25 menit aja..kalau barunya tahan sampe 4 jam sedangkan sekarang tinggal 3jam 45menit……
      so……apa udah jelas?????

      • semua bukan karena merk / batre. semua hasil itu yang memberi hanya ALLOH. Namun karena kita diberi akal. ya pergunakan sesuai kebutuhan dan gunakan segala sesuatu untuk yang bermanfaat dan gunakan sofwer yang legal. jgn mengambil yang bukan hak kita dengan jalan ilegal. sekalipun dulu buku babon nya orang islam di curi orang non muslim. namun ada adabnya dalam menarik hak itu.

    • memang kalo ACER itu Asli CEpat Rusak. buktinya baru bli 3 bln udah gnti mainboard. aq pke acer E-machines

    • agree w/ mas dian, ane punya sdh 5 tahun pake aspire 5315 proc celeron 560, ane dah upgrade ke dual core T5870, and sampe sekarang find aja, cuma emang utk batre agak drop, ya kalo dilihat pemakaian sih wajar, cuma batre kalo beli yg ori jg murah utkm ukuran sparepart laptop, sekitar 350 s.d 400 ribu,

      • Btul gan, tablet pc ane baru umur 1 thn udah rusak bagian motherboard padahal pemakaian normal. terus dibawa ke Acer servis center suruh ganti, harga motherboard 3,2jt sedangkan harga beli dulu 6jt berarti setengah harganya.. klo boleh saran jngn beli acer harga mahal tapi kualitas JELEK!! Hardware MAHAL!! KAPOK BELI produk ACER lagi.. (buat pelajaran)

    • Tp mmg ACER kurang bagus.. Baru 3-4jm udh rusak.. Sy pake Sony VAIO malah sering non-stop smpai 15jm ON trs selama hampir 3thn ini dn msh baik2 aja.. Bnyk yg mengeluh ttg ACER..

  2. @Dian Prastya
    wah sampai diposting 3kali.. semangadh sekali MAs ^_^
    kebetulan laptop teman2 yang saya sebutkan di atas adalah yang bergaransi resmi, bahkan internasional. kalo barang BM, di service-center nggak mau nerima,Mas. udah pernah ada kasus semacam itu soalnya.. :)
    kalo saya, pakai laptop seperlunya,, selain itu juga saya gunakan cooler-pad untuk menjaga suhu agar tetap stabil di kisaran normal.
    salam kenal ^_^

  3. Huhuhu… kalo singkatan ini saya udah lama tahu… ^^

    Laptop saya yang lama juga Acer, cuman gara2 rusak dan susah diperbaiki, saya beralih ke MacBook…. :D

  4. Ada beberapa yang sepertinya perlu dikoreksi.

    aku punya laptop HP, Servis tidak perlu dikirim ke Jakarta. Di Surabaya juga ada, aku sudah pernah dan pelayanannya bagus banget. keyboardku udah ganti 3 kali, gak pake banyak tanya langsung diganti, ternyata yg rusak bukan keyboardnya, tapi settingan biosku yg salah. hehehe..

    Kalo masalah recovery, itu tergantung tipenya. Karena tidak semua laptop tipe include windows.

    Kalo masalah batrai itu ditentukan oleh settingannya juga. kita mau pake performance yg tinggi atau rendah, selain itu juga ditentukan kapasitas cell dari batrai, yang sebenarnya kita bisa juga mengganti batrai dengan kapasitas yang lebih besar agar lebih tahan lama.

    Pada dasarnya kembali pada perilaku pemakai.

    • “Pada dasarnya kembali pada perilaku pemakai.”
      maaf anda salah.

      beda pabrik (baca: merk), tentu beda kualitas juga kan?
      anda pasti gak mau motor jepang anda disamakan mocin.

      ACER = cepet rusak karena jumlah yg rusak / jumlah laptop laku, lebih gede dari merk laen

  5. Stuju dhan, kalo Axioo cepet panas… trus gampang hang,,, gak kuat kalo banyak2 buka program,,,,

    Agak nyesel beli axioo,, hehe

    lepi produk lokal ( axioo, a-note, zyrex dkk) dari pengalaman yang udah make, nggak jarang cepet panas. pakai cooler-pad aja, Di..
    lumayan, bsa nurunin suhu 5-10% dari biasanya.. ^_^

    • bos aku pake lenovo 24 jam(game ps2 dan ps1, online, multimedia dengan waktu yang bersamaan) nonstop suhunya normal normal aja tuh tanpa coling pad…padahal di atas tempat tidur…kalau abiku punya IBM kadang sampe 60 jam lebih nonstop tapi tipenya serial thinkpad

      • wuih, mantap sekali bos laptopnya, bisa maen game ps2 dan ps 1 sekaligus online, dan multimedia secara bersamaan.. emang ada berapa buah layarnya…? ha..ha.. kalau mau nyombongin merk mah jangan disini…

      • tak do’ain mudah-mudahan besok rusak biar gag sombong…
        amiin
        masak main ps2+psi+online+multimedia dengan waktu bersamaan.????

      • Game ps1 & ps2 ,online , multimedia dengan waktu bersamaan ???? Maksud ente posisi idle atau sedang main ? klo idle mah jgn mumbul dulu…semua merk jg bisa…Trus gue tanya ke loe…emg dpt FPS brp ??? wkwkwkwk

    • wezz,,ga setuju om.ane pake laptop axioo dari taon 2007 pemakaian kacau karna sering di tinggal tidur gak pernah ngehang tuh n awet sampe skarang wlo banyak buka program yang berat2, ,speknya kurang mantabz x tuh makanya ngehang. . hhee . .
      btw mau ganti acer nih,nyimak dlu ahh. .hmmm. .

      • wedew….
        boóngnya ketauan deh…
        laptop IBM???? LENOVO??? Tahun 2010 di pake maen ps1??ps2??? bersamaan??? buseeeetttt…
        bagusan dikit atu kalo mw boong.. :D :D :D
        mana ada IBM = Ih Barang Murah bsa kuat di pake maen game…
        lah IBM yang skrg keluaran 2013 yang core i.7 vga nvdia gt620m aja masi kalah tuh peformance dan daya tahan ama acer yang sama2 core i.7
        bahakan bsa di bilang IBM kalah…
        jangan ngaco mas…
        emulator ps2 yang stabil tuh keluar awal tahun 2012 itu pun butuh vga, ram, cache yang gede.. tahun 2010 laptop masi minim utk urusan multimedia.. zzzz

  6. @ danisha

    Kasihan temen saya yang pakai Axioo kalo gitu… :(

    Ah, tapi temen saya yg pake axioo kayaknya ga punya keluhan apa2 tuh…

  7. Acer di tempatku so far so good kok, gak pernah ada trouble. Mungkin dari cara pemakaian kali yah…tempatku Acer ada beberapa, dan rata2 pakai aspire, ada yang 2920,2930,4930,4730 bahkan ada yang pakai emachine.

    Kalau pengalaman pribadi sih, banyakan trouble tuh dari human error sih…lah toshiba di tempat saya cepet rusak…soalnya si pemakai klo lagi marah suka digebrak-gebrak tuh keyboardnya.. :)

    • sama ah bro. .
      dsmpng rumah saya pn laptop merek apple 1 hari dah rusak. .
      soalnya bgitu beli bsok nya dbanting nya.
      ah brarti gk bgus ya produk apple.

      • boss laptop abiku jatuh dari ketinggian 1,5 meter tapi nda papa tuh dalam mobil lagi jatuhnya…malah sampe sekarang baik baik aja nda pernah service cuma yang pecah cargernya doang…merek IBM tipe THINKPAD…..suerdeh…dari tahun 2005 sampe sekarang baik baik aja…

      • klo jatuh sama dibanting itu mah beda..
        klo jatuh biasa seh 50% gk rusak, tp klo di banting insya allah 95% rusak :D

  8. Acer yg gw tau seh selama gak sering dipindah2 ya gak banyak problem, cuma kalo sering buka tutp layar (yg sering pindah) biasanya suka patah engsel, yg gw tau tu seri aspire yg dulu dijual sekitar 6-7jt, tapi gw lom denger lg soal masalah ini dari model yg baru seh. Tp gw sendiri lebih pilih ambil sony n toshiba buat pake ndiri.

    hehe.. kalo laptop nda sering dipindah-pindah berarti jadi desknote dong..
    btw makasih udah mampir :)

    • simpan aja tuh laptop kalau nda mau di pindah pindah…punyaku dan abiku aku bawa mendaki gunung, ngebut ngebutan, dan pernah di lempar soalnya malas belajar toh sampe sekarang baik baik aja….

      • Teman” sebangsa dan setanah air mari kita tundukan kepala dan berdoa semoga lepy nya abiku cepet rusak aminnnnn…..!!!!

      • Yaaah…klo cuma dibawa saja semua laptop jg ga bakalan rusak…..trus apa dilempar ? dilempar apa ? laptop nya dilempar / elu nya yg dilempar ? wkwkwkwk

  9. He…..2x, Ikut kasih tambahan yach tentang Akronim Merk Laptop :

    ACER = Awas CEpat Rusak
    TOSHIBA = TOko SHI bilang BAgus
    IBM = Insya Allah Bisa Menyala
    ASUS = Awas SUsah Service

    Untuk yang lain masih belum nemu :d

    Tapi sedikit informasi bahwa sudah jadi rahasia Umum bagi Dealer pemain Laptop, kalau ACER pali sering kena masalah pada LCD, masih belum ada informasi yang pasti kenapa selalu lebih sering ke LCDnya. Tapi yang jelas saat Laptop ACER sudah kena LCD, biasanya LCD penggantinya masih lebih awetan ( dikit, bisa lah sampe 2-3 Th )

    Dan untuk INFORMASI juga bagi temen2 yang mau Beli Laptop, TIPS :

    - Beli-lah laptop sesuai dengan kebutuhan, bukan karena gaya.
    - Beli-lah laptop sesuai kemampuan Financial kita buka karena Gengsi
    - Beli-lah laptop dari kualitas, baik Material body laptop, maupun fitur, bukan karena Model.

    Semoga bermanfaat

  10. ACER = ASELI CEPET RUSAK….

    service centre rame always kayak orang antree sembako gretongan….artinya tuch barang banyak yg rusak….

    • saya beli acer 3 minggu,bergransi….kamera nya rusak…………..
      hampir satu bulan belum selesai,di perbaiki di service resmi ACEEEEEEEEEEEERRRR…..?

    • service centre rame???…. klo melihat barang bagus apa nggak dari rame ap nggak service centrenya itu namanya kurang adil, buktinya acer teteup no 1 penjualannya di Indonesia sampai saat ini. Klo buat perbandingan coba lihat service centre nokia, selalu rame dan gitu ngantri beud lagi…. berarti nokia gak bagus juga donk…. saya juga punya laptop toshiba dah 2 tahun ini rusak vganya dan harus ganti mainboard seharga hampir 2jt, saya pilih beli netbook, dan nanti rencana beli Macbook klo emank ada rejeki. Kita gak bisa maen klaim laptop ini jelek, laptop itu nggak dari ramenya service centre, kecuali dah ada survey perbandingan persentase kerusakan terhadap jumlah penjualan baru deh bisa dilihat mana yang persentasenya lebih gede bisa jadi itu memang kurang bagus.

  11. Acer sy juga bermasalah. belum setahun beli, layar’a udah kedip2. cuma kedip’a muncul kadang2, sehingga pas klaim garansi, kedip2′a ga muncul.

    Sekarang layar saya udah mulai muncul gradasi biru. saya ga tau, yg rusak monitor’a atau vga’a.

    Cukup kali ini dech beli Acer, kapok!
    Tapi murah juga sich…

    • tu kan…kalau masalah kualitas serahkan sama nenek moyang pembuat komputer pertama dari amerika IBM sekarang jadi LENOVO……di jamin kualitas paling top deh…ngga main main….IBMku dari tahun 2004 sampe sekarang baik baik aja sering di pake kerja keras sampe 60 jam nonstop…tapi nda ada trobel..cuma cd drivernya hilang boz jadi takut kalau kena virus…

      • Bisanya cuman ibm thinkpad doank…itu mah jangan dibandingkan sama acer donk…kalo mau bandingkan sama alienware,asus rog,razer blade :mrgreen:

      • Beri alasan yg jelas maksud loe di pake kerja keras tuh apa ? klo cuma buka calculator mah semua laptop bisa tahan seminggu nonstop ? Yang dijadikan pacuan disini tuh performa game berat seperti GTA 4 , CRYSIS…klo laptop elu mah palingan cuma bisa mainin ZUMA .wkwkwkwk

  12. Kenapa acer aspire tidak bisa ganti os win xp
    Kl sudah ganti ke xp selalu masalah
    Kembali ke vista os harus beli lagi krn acer tidak kasih cd os asli. Makanya pakai bajakan krn os asli mahal banget

    • Tapi ada juga lho saudaraku pake acer travelmate digeber sekitar 6 jam gpp tuh,os nya aja masih pake win xp n intel centrino trus temen mamaku ada yang pake aspire 3xxx kalo gak salah,engsel lcd dah rusak,tapi mesinnya masih joss…sm pake win xp n intel centrino

    • Aspire emang udah canggih, yang compatible dengan windows 7 / 8. kalo windows masih versi xp, fitur” yang ada tidak bisa dimanfaatkan, bahkan bisa hang kalau pake xp :/

  13. setuju! ACER-Asli CEpet Rusak! saya pakai TravelMate 2304NLCi,,kondisi : LCD 50%,batre 0%,HDD 85%,ODD 85%,Wifi 95%,bodi 70%,PROUDNESS 100%. Biar buluk2 begini,ini laptop udah nemenin saya mulai dari awal kuliah,bkin tugas akhir,sampe skarang saya kerja,, Right or wrong,its my laptop! yiiehaaa!

  14. ACER ASPIRE 5563WXMi gw beli ni merk dari bulan oktober taun 2006 smpe skrg. Pemakaian ngedur terus dari jam 07.00 pagi sampe 21.00 non-stop setiap hari, serius g ngomong bohong!!!! all fine my aspire very powerfull.

    • Ah yg bener tu bang… Mungkin cm di pake internetan sm ngetik2 aj kali…. coba di pake maen game ky game yg ada di laptop sy.. pasti langsung ngehang dah…
      HIHIHIHI

      • saya sedari februari ’08 pake aspire buat coding, beberapa program server yang berat (walo lemot T_T), maen game sampe muntah2, jatuh dari tempat tidur ke lantai(pas coding ketiduran T_T) masi oke2 aja tuh. rata2 tiap hari nyala dari jam 08.00 – 19.00

  15. Ga juga to mas. Punya ku pernah jatuh dari atas meja. Ga ada masalah. Di bawa maen game 1 hari 1 malam juga ga ada masalah. Acer 4530 HDD. 160 GB. RAM 512 MB. Make udah 1 tahun. Belum pernah di services. Salam kenal

    • @sasukeplasa
      salam kenal juga :)
      beli barang elektronik untungan-untungan kok,mas.
      kalo gitu kondisinya, Brarti mas dapat barang yang termasuk oke.
      saya juga pernah lumayan sering laptop nyala smpe 1hari-1mlm, ( dengan cooler-pad tambahan tentunya), suhu laptop stabil < 45derajat celsius.. :)

  16. Jd bingung neh….
    Tp bner jg kalo acer itu cpet rusak…cz tmen2 ku pd ngeluh sma tuh laptop..bgusan jg toshiba….

  17. aku mau nanya dongss………
    klo laptop yng tahan lama alias gak cepat rusak merek dan apa nama nya??????? skalian yang murah juga yaw!!!!
    tapi assssssssllllliiiiii hehehehehe……..

    • seperti uraian saya & comment rekan-rekan di atas Mbak..
      tergantung kebutuhan & cara perawatannya.. :)
      tapi,,, yang paling tangguh menurut saya adalah DELL..
      klo untuk gamer,,, AlienWare bisa jadi pilihan.. hehe
      selamat memilih :)

      • wah wah wah… alienware ma bikin kantong jebol……………
        emang bagus banget alienware.. tp y itu harus punya budget gede

    • kalau mau ngubah kaset handycam ke vcd butuh alat khusus mbak..
      kalao mau ringkes &cepet bsa dibawa ke toko komputer /digital-grafis.
      kalau di surabaya, di hitech-mall ada jasa transfer kaset itu.. :)

    • toshiba bngt gtu loh….

      wlaupun hrganya agak mahal tp kualitas terjamin n desainy mantap abz…

      w make toshiba enak2 ja hampir stiap hari tu laptop on trz dr pgi smpe ktemu pgi lg dah gtu internet on n w buka program yg berat2 tp adem ayem aja..

      toshiba is the best….

      • kalau gitu sih belu seberapa..aku pake lenovo 24 jam nonstop main game ps2, multi media dan online dalam waktu yang bersamaan oke oke aja tuh yang IBM lebih parah 7 2 jam non stop tipe thinkpad dari tahun 2004 sampe sekarang malah pernah jatuh dari motor dan mobil tapi yang pecah cuma cargernya doang..padahal pengen ganti baru tapi ngga rusak rusak…nda ada alasan untuk minta duit deh sama ortu…

      • Ne lepi gw Alienware M17x dg spek:
        processor intel core 2 quad Q9000 (6MB cache, 2.00GHz, 1066FSB)
        vga dual nvidia geforce gtx 260M 1GB
        memory 4GB DDR3 at 1067MHz
        harddisk 500GB sata dengan raid1
        operating system windows 7 home premium
        layar 17″ beyond high definition 900p WXGA+
        dual layer multi burner-dvd rw drive
        15 bulan McAfee antivirus
        dan garansi 1 tahun. MUANTAB SURANTAB SODAP..

  18. Mas,saya mau tny…
    Saya baru 4 bulan beli laptop acer aspire 2930…
    Sampai saat ini laptop saya fine2 aja…
    dan menggunakan OS XP,compatibel kq…

    Cuma saya dapat info,untuk type 2930 yang mudah rusak adlah motherboardnya…
    Apa benar??Ato tergantung perawatan???
    Anda pny referensi tentang kerusakan laptop type saya ndak??
    thank’s…

    • Punya aku dan abiku *halah :hammer:

      *semua tergantung kita menggunakannya sama keberuntungan kita sama leptop nya :)

  19. acer=awas cepat rusak,bisa ya bisa tidak
    saya punya dua acer,PERTAMA tipenya travelmate beli thn 1997 an pentium 4, masih kuat dipake sampek sekarang 2009, meski battery nya agak drop(cm 10-15menit MATI)
    dan KEDUA ACER ASPIRE 5930G kalau yg ini baru beli bulan 3/2009,belum sampai 1 thn sudah rusak KELUAR MASUK SERVICE CENTER 7 kali.
    kerusakan waktu beli : HARDISK,KEMUDIAN UDAH 6 BLN AN: KAMERA, DISUSUL RJ-45(LAN PORT YG PUTUS2),KEMUDIAN BLN KE-7 VISTA GAK ISA MASUK, KEMUDIAN BLN KE-8:LCD ISA PUTIH ABU2 KELUAR GARIS2.
    biar mulut saya berbusa,
    GARANSI CUMA 1 THN GAK ADA KOMPENSASI PENAMBAHAN dan orang acer gak mau ganti unit baru(kecuali laptop itu benar2 mati dan gak ada spare partnya), cm tuker2 spare part di dalam aja.padahal hari 1 udah rusak hardisknya.
    Saran saya jangan beli acer yg produk nya high level, maksud nya space nya jangan terlalu tinggi, yg standart aja dah, antara 6-9 jt an($400-$700).

    Kalau mau beli yang high level pilih aja merk HP(Hewlett-Packard) nomer 1 didunia.

    • Gk juga sih… saya beli acer aspire 2930 intel core 2 duo sejak tahun 2008 sampai sekarang gk pernah masuk service center tuh
      Malahan saya sudah upgrade ke windows blue preview…
      Hasilnya malah tambah cepat…. xd

  20. mau tanya,saya punya acer aspire 4930,LCDnya retak ni, akibat kelalaian saya sih, mau sampe brapa ya harga ganti baru LCDnya…??? trimakasih, salam kenal

    • @Agung
      waduh,, LCD tu ‘lumayan’ mahal o kalo rusak…
      Dari pengalaman teman saya,,,
      di servis Center resi Acer, harga LCD 14.1′ kisaran 1,5jutaan..
      kalo yang 15.4′ sekitar 2jutaan :(

  21. @Nanda
    Temen saya pake Aspire 293x series alhamdulillah lancar-lancar aja kok… Menurut saya, asalkan perawatannya bener.. & tidak digunakan dalam waktu yang terlalu lama ( >5jam) sekali waktu, laptop kita bisa cukup awet.. ^_^

    @rusak
    Ada beberapa wacana yang beredar tentang TravelMate & Aspire..
    menurut beberapa sumber, seri TravelMate kualitasnya memang diposisikan di atas Aspire,, jadi,, nggak heran kalo kualitas TravelMate better than Aspire..
    tapi, itu semua tergantung perwatan juga kok. Meskipun TravelMate, kalo ngerawatnya kurang bener,, ya cepet rusak… hehe

    • klu ente , pake laptop selalu diruang ber a/c, ente pake UPS yang ada AVR nya. klu laptop ente rusak, rsnya emang dari barang acer, udah cacat.

  22. betul mas saya punya acer aspire 4930 belum 3 bulan baterainya rusak dan belum 1 tahun udah rusak berat motherboards udah jebol

    • Tidak ada barang/benda yang sempurna diciptakan oleh manusia,semuanya pasti bisa rusak.Komputer aku aja monitornya acer,tapi gak papa tuh.Udah 6 tahunan dibuat ngegame sampek 1 malam,gak papa tuh,tapi kalo laptop mah… …. …. Gak bisa ngomong.Makanya semua produsen/brand laptop menyediakan garansi…Jadi kalo lappienya lemot/rusak/dsb,jangan disalahin sama brand pembuatnya.Introspeksi diri cara kita memakai laptop.

  23. setahu saya semua memang bisa rusak kembali lg ke pemakai klo mau khusus game y jgn bli laptop lgpla kdng2 kta ngrawatnya tuh sring asal kyak bka tutup layar ato neken keyboardnya kya org make mesin tik y g masalah

  24. Aku pake Acer Aspire 5055 Sdh hampir dipake 3 tahu awet Boz. Waktu beli dikasi dvd recovery vista juga hehehehehe

  25. kk aq acer azpire.. allhmdullilah gk cpt rusak. tp emg bnr tuh batereix cpt abis. n umur laptop q niy staun lebih???hum kalo baterei travelmate d cb d azpire bisa?

  26. Numpang Nimbrung Ni…

    Kebetulan lappie ku juga ACER seri Aspire 4535 Yang proscessornya AMD Turion X2… Baru sekitar 6 Bulanan yang lalu belinya… Selama ini, aku pake buat nge gambar dan desain 3D pake prog 3D Max… Plus juga kadang2 buat maen game (COD5, EIC, The Settler Rise Of Empires, Mini Minjas, Assasin Creed, COD2, Bully The Scholarship, dll)… Terkadang juga lappie ini aku siksa untuk ngejalanin program editing suara… Sound Forge 10 atau Cool Editor… Terkadang juga buat ngedit Movie dari HadyCam… Lingkungan penggunaannya juga relatif berubah-ubah, dari Ruangan Ber-AC, Di tengah-tengah Sawah, Dalam Rumah Burung Walet, Di tengah Terik Matahari, Sampai di project site yang berdebu… (Waduh kasihan jga yah)…
    Dan aku gak pernah ngalamin masalah kecuali 2 hal yang aneh menurut aku… yaitu :
    1. Suhu Lappie cepet panas… (Mungkin bawaan Processor kali yah —> AMD)
    2. Terkadang kalo aku pegang HDMI Port atau USB Port atau Audio Port nya pas sedang mode A/C Power On (Alias Nancep ke PLN), aku mendapatkan sedikit kejutan, dengan kata lain bisa seperti sengatan listrik yang bagi para pro pasti mengatakan ini dengan sebutan nge-ground…

    Ada gak yang tahu bagaimana cara mengatasi masalah ini??? atau kah emang semua laptop bisa nge-ground kayak lappie ku tersayang ini???

    Thank you

  27. Gw juga baru punya ACER netbook yang seri aspire 531 baru beli 2 minggu tombol keyboard caps lock nya udah gak bisa di pencet. kira-kira kalo di servis berapa hari ya di servis center yang di ratu plaza (jakarta)??? secara kan masih ada garansinya

    • salam semuanya…
      di reply ku yang sebelumnya kan aku mempuyai permasalahan… nah aku udah dapat problem solvingnya nih… hasil utak atik dan utuk… – btw, acer 4535 lagi yang aku buat kelinci percobaan alias bahan experiment…

      untuk masalah heat atau panas yang berlbihan, ternyata disebabkan karena kerja prosessor, hard disk dan ram yang terlalu over. jalan keluarnya adalah aku format tuh hard disk trus, aku install os windows 7…. dan walla aku shock abis… neh windows bener2 enteng kerjanya… tmpilan keren, plus support dx11 yang mantep abis deh… resource ram yang dipakai juga menurun sekitar 4 persen dari sebelumnya… yang bisa mencapai 74-79 persen di win xp. kinerja prosesor amd nya pada saat stand by cuman 0-2 persen… padahal hardware belum ada yang brubah… cuman driver aja serta bios yang au update dari acer… perlu diketahui bahwa ram yang aku pakai cuman 1gb, serta os nya win7 ultimate 32 bit… murah bro cuman 245 us dolar… – sama dengan 2 bulan gaji…- payah deh aku.

      untuk masalah no 2 — ehm ehem… emang begitu konfigurasinya… hahahaha maklum newbie baru pegang lappie, jadi masih katro abis… – malu juga seh pas nanya sama mbak yu – mbak yu di gerai service pointnya acer -

      buat bro marjo…
      kalo menurut perkiraan saya sih kira2 1 sampai 2 harian tuh kek na.

      thanks all

      tambahan
      ada 2 hal menarik di win7 yaitu
      1. fitur speech recognition
      2. xp mode…

  28. (Sori klo nulisny singkat2, soale aq pke helepon pegang). Saya pke acer aspire 5315. Asli cpt panas. Pas ptma beli dgn smgt pinjem cd game the sims2 dr tmen. Instal, maen brhri2 (pnh maen nyaris 2 hari nonstop). Skrg, bru maen sbntr tb2 kmptr mati krn trllu panas. Pdhl kmren fan nya smpet diganti d service center. Tp mgkn jg krn skrng sya uda nginstal macem2 jd memori brkurang. I dunno. Klo ad duit rncnanya mo upgrade memori. Skrg msh 512mb (agk dbwh stndr utk jaman skrg). Wadoh nyesel beliny buru2. Abis yg nemenin beli bapakku, ra ngerti kemputer2an ^^, jd gabisa diajak diskusi dl. Atw mgkn ad yg mendeteksi mslh lain yg mgkn dialami lappie saya?

    • kalau acer emang gitu bro malah ada produk dari acer yang baru di pake 7 jam aja monitornya udah meleleh dan modebor nya hangus kepanasan….coba pake lenovo..emang sih masih jarang tapi sekali pake nda akan beralih deh soalnya tahan banget apalagi yang tipe thinkpad 72 jam nonstop udah 6 tahun nda ada masalah cuma drivernya doang yang hilang….kasian kasian kasian…

      • lenovo harganya murah gak ce mas? liat pn begitu ngototnya ama lenovo jd tertarik ne mas didin.

      • Jgn sombong,lenovo juga sekarang banyak yg rusak… Temenku aja thinkpad lenovo udah rusak layar nya

  29. sumpahhhhh acer qualitasny terburuk, tmn tmn gw pada trauma make merk acer, mmg spec tinggi but kualitas dikemanain, duhhh duhhh, br 1mg, hdd dah badsector, tmn gw jg utk seri 4740g matot, pa lg wat jalanin game game mainstream ga da seminggu dah opname, akhirny gw pindah ke asus(bkn mo promosi) tp emang mpe saat ini still good, mesik spec ny ga indah acer, cth ja gw dapet si asus seri f proci core2duo dgn harga 8jtan awet, sdngkan acer dgn corei5 seharga 7jt tp sering rusak. ringkih

  30. hi………….

    gue punya acer travelmate 2300……..
    memang sih uda agak lama gua beli……….

    ya…….
    hingga sekarang ya gitulah keadaannya uda hampir heng……

    baterai nya uda sama sekali g bisa…..
    di tambah lagi LCD nya udah bergaris-garis…….
    kayak benang kecil tegak lurus keatas ……….
    trus ……garis tersebut smakin lama bertambah banyak…………
    dari pertama ada 1,2…….trus 5, and sekarang uda ada skitar 15………..
    huft………..

    huh………..bisa gila gua mikirin ntu………..

    ada yang bisa kasi solusi g ya…..?
    gmn caranya biar garis nya ilang…..???

    Dhanika:
    @hadi: mas, kalo LCD nggaris,,, itu biasanya ada beberapa kemungkinan..:
    1. kabel penghubung dari ‘bodi’ laptop ke layar agak terganggu,, entah kurang pas ato mo lepas, ato agak rusak..
    2. LCD nya bermasalah,,, kalo yang ini,, pada kebanyakan kasus,, akhirnya harus dganti LCDnya.. lumayan mahal.. 1.5 – 2.5 juta harganya.. (tergantung ukuran) :(

  31. klu aku pake Toshiba. aman2 aja. tuk mencoba apa acer ato laptop merk lain yang bagus. pake program Hardware Stres aja. Program ini membuat smua alat/ Hardware dalam laptop bekerja pada kecepatan tertingginya. nah kemudian liat aja mana yang duluan hang…. gitu aja kok repot…

    Dhanika:
    @Noldy: wah.. cara benchmarking yang m`menarik nich.. boleh juga dicoba.. :)

  32. Aku pake acer travelmate 3250.
    Udah 5 th lebih belum pernah rusak. Pernah masuk sekali. Itupun cuma tambah memori jadi 2gb. Aslinya cuma 512 mb.
    Nyala tiap hari dari jam 8 pagi sampe 10 malam. Untuk online reload pulsa.
    Sampe sekarang masih baik2 aja.

  33. @hadi
    sepertinya itu tanda-tanda udah mau minta diganti LCD-nya…
    karena, LCD-screen kan ada lifetime-nya,, sekitar 5.000-10.000-an jam.
    kalo asumsi makenya 8 jam sehari,, setaun hampir 3000 jam.
    brarti efektifnya umur maksimal dari LCD itu sekitar 2-5 taunan..
    CMIIW :)

    @Noldy, Bayu
    hehe,,
    berarti nggak mersti Acer & toshiba = cepat rusak yah.. :D

    punya saya juga udah 3-taunan syukur masih kuat bwt operasional cukup lama…
    tapi memang perlu didukung cooler-pad sih biar njaga suhu sistem < 50derajat. ^_^

  34. Saya pake acer 2930,
    10 bulan pke motherboard dah rusak…
    G bisa klaim garansi karena katanya di motherboardnya da bekas percikan air(g tw air drmn?).

  35. Saya pakai ACER 4930G yang dibeli dari ACER Point di Hitech Mall Surabaya dan kurang lebih saya pakai sekitar 3 Tahun berjalan..Dan sampai sekarang laptop saya tidak mengalami yang namanya Rusak dari segi hardware…

    Akan tetapi kerusakan ada pada OS karena saya emang seneng oprek OS jadi laptop saya ad bawaan eRecovery dan tertanam di HDD y brnama PQSERVICE dan (aku lupa namanya) nah itu ilang karena terkena format…Tapi untung saya udah backup recovery DVD dari eMpowering..

    Menurut saya masalah kerudakan yang terjadi pada laptop itu disebabkan bagaimana kita memakai dan merawat dengan benar sesuai layaknya lapto…Pengalaman saya ini tentang ACER sangat baik karena emang menurut saya bukan barang yang Cepat Rusak…Cepat rusak itu trgantung dari pemakaian..

    Dhanika:
    @Adi Robiyanto:
    wah,, PQService itu tempatnya Windows OEM diinstal kalo di laptop ACER.. partisi hidden sebelum drive ‘C’.. :)

  36. Produk yang bagus menurutku MSI, aku pake MEGABOOK S262 blinya tahun 2008, sampai sekarang tidak ada masalah, update bios ato pheriperalnya tinggal onlen ke websitenya udah upgrade sendiri, nih laptop compatibelnya dengan XP, tapi aku coba pake win7 lancar2 aja, cuman ada driver yang ga fungsi satu, mengatasinya juga mudah tinggal kunjungi website nya beres dah., msi very powerfull…

  37. Bener, ASUS emang paling keren dan paling bagus.. lappie gw ASUS K40IN, gw pernah make ni laptop dalam waktu yg gak wajar, gw pake maen Cossacks II Napoleon War dari jam 9 malem sampe jam 5 pagi (gila gk tu?). gw jg maen gk sadar waktu, anehnya mata gw jg gk ngantuk, gila jg gw. pas gw sadar gw dah make ni laptop dengan berlebihan, langsung gw cek suhu processor sm hardisknya, masih dingin,, gk panas, kisaran suhu 35 derajat. coba klo acer, udah meleduk kali. hahaha. tp gw penasaran jg, gw cek ni laptop ke tempat servis ASUS, ternyata masih bagus2 aj. komponennya masih bagus. sekarang ni laptop lg sering gw pake bikin2 program bwt tugas2 kuliah.
    buat yg mau beli Laptop, beli aj ASUS. gw udah bikin percobaan gila… percobaan gw buat referensi kalian y..
    ASUS paling top.

  38. Bener, ASUS emang paling keren dan paling bagus.. lappie gw ASUS K40IN, gw pernah make ni laptop dalam waktu yg gak wajar, gw pake maen Cossacks II Napoleon War dari jam 9 malem sampe jam 5 pagi (gila gk tu?). gw jg maen gk sadar waktu, anehnya mata gw jg gk ngantuk, gila jg gw. pas gw sadar gw dah make ni laptop dengan berlebihan, langsung gw cek suhu processor sm hardisknya, masih dingin,, gk panas, kisaran suhu 35 derajat. coba klo acer, udah meleduk kali. hahaha. tp gw penasaran jg, gw cek ni laptop ke tempat servis ASUS, ternyata masih bagus2 aj. komponennya masih bagus. sekarang ni laptop lg sering gw pake bikin2 program bwt tugas2 kuliah.
    buat yg mau beli Laptop, beli aj ASUS. gw udah bikin percobaan gila… percobaan gw buat referensi kalian y..

  39. cepet rusak dan tidaknya laptop tergantung penggunanya
    tapi, emang sih kalo diliat dari kekuatan thosiba lah yang unggul.

  40. Game yg ada di laptop gw (ASUS K4OIN)
    - Brothers In Arm ‘Hell’s Highway
    - Tropico 3
    - G-Force
    - RE5
    - COD5
    - Rise of Nation
    - Cossacks II Napoleon War (lama waktu maen’y yg paling
    lama gw maenin)
    - CS 1.6
    - Medieval II Total war
    - Medieval II Kingdom (Expansion Pack)
    - Rome Total War
    - The SIMS 3 World Adventure
    - psx emulator bwt maen ps 1

    trus Program penting yg ada di laptop gw
    - Microsoft Visual Basic 6
    - Delphi 7
    - Microsoft Visual Voxpro 9
    - MIcrosoft Office 2007
    - PHP Triad
    - XAMPP
    - Total Video Converter
    - Macromedia Dream Weaver
    - Photoshop CS3
    - Page Maker
    - Java
    masih banyak lg si program2 yg laenya..
    penggunaannya paling lama 11 jam sehari. cz bikin2 program bwt tugas kuliah, ngenet, ngegame, sm ngutak ngatik macem2.

    Lappie gw masih manteb2 aj selama gw pake 8 bulan.
    acer udah hot mungkin klo di pake ky gw.

    Dhanika:
    @Erwan_kiryu:
    wah.. games nya asyik2 nich… saya mau install kok ngeman kibordnya ya.. :(

      • mo maen yg FPS & RTS..
        tpi klo yg FPS maen di laptop eman kibordnya.. (kalo rusak 400rebu tuh harganya) :(
        tpi kl od PC sih,, brani aj.. hehe :D

      • coba aja pake kibord usb di colokin ke usb laptop deh, sp tw bs. haha blom pernah nyoba jg.
        kibordnya klo di laptop pake sampulnya aj yg dr karet bening elastis, kn mijit kibordnya empuk, jd tekanan ke kibordnya jd agak berkurang.
        klo rts paling kebanyakan mencet2 tikusnya kn, klo kibord paling cm ngecheat..
        hahaha

    • game lw masih cupu tong..
      game yang pernah gw mainin di acer 5920g gw yg lebih dari 10 jam dan make os xp (kata siapa acer ga bisa make xp???)

      1. death space
      2. dragon age origins
      3. dota
      4. the settler-paths of kingdom
      5. world in conflict
      6. the witcher enhanced
      7. oblivion
      8. Sims 3
      9. Football manager
      10. dll, sory gw lupa..

      mana nih asus lw??? kuat kaga main game kaya dragon age, death space, the withcer, sama world in conflict????

      masalah awet apa kaga mah tergantung harga laptop sama hoki lw dapat barang bagus apa barang mudah rusak.

  41. Numpang tanya donk..
    Gw mo beli netbook, tapi bingung mo beli merk apa.. Pilihan gw sih antara HP & toshiba.. Bagus yg mana ya? Harganya jauh lebih murah HP, tapi batrenya masih 3 cell.. HP gampang rusak ga?
    Pliiiizzz saran dari temen2.. Thx a lot.. :)

    • Mendingan beli notebook aja..
      klo netbook yg yg bagus HP, ASUS. thosiba jg bagus.
      klo rusak nggak’y tergantung pemakaian, klo beli netbook penggunaan’y yg berat2 pasti bakalan cepet rusak. tp klo sekedar ngetik/ngenet itu standar’y netbook. nm’y jg net-book.

    • mas kalau aku nyaranin beli lenovo aja…semua spek di lenovo ada aku pake udah 6 tahun IBM thinkpad ngga ada msalah satupun….cuma drivernya doang yang hilang…laptoku tuh aku pake 72 jam nonstop yang tipe thinkpad no problem yang ideapad cuma 24 jam nonstop sama juga aman aman aja sampe sekarang…

  42. @Erwan Kiryu:
    wah mas semangat banget mempromo`in ASUS..( no offense..hehe)

    untuk Enthusiast-Gaming / PRocessing.. ASUS emang cukup terbukti handal.. tapi tetep perlu disesuaiin dengan kebutuhan & kemampuan juga kan.. :)

    @Anyndieta:
    Saya sependapat seperti kata Erwan_Kiryu di atas,, kalo netbook penggunaannya untuk ngetik2, browsing2, ato maen mini games.. & juga bwt semacam fesbuking, twttiering, plurking.. msh oke.

    Pengalaman saya pernah nyoba coding pake netbook, mata capek liatnya (kecil2),,, kecuali klo mo dsambung ke monitor 17 / 20 inchi.. baru lega… :D

    Mbak misal nyari netbook,, yang lumayan reliable bisa coba IBM Lenovo, HP, ASUS, ato AcerOne juga bisa..
    Kalo mau yang lokal,,, lebih murah, tapi agak rentan.. :)

  43. salam kenal, numpang nanya laptop saya accer e-machine dah berumur 1th,skrg lg da maslh,mousenya selalu berkedip2 dan LED HDD menyala padalh kondisi komputer tdk diberi perintah, pa penyebabnya n solusine pa?
    NB: dah saya ganti OS g berpengaruh, saya bongkar kali ja da maslh dgn hardware tp stlah saya pasang g da pengaruh, mkste tetp da maslah,hehehe, matur suwun sak derenge

    • @edo:
      salam kenal juga.. :)
      Mas, kalo boleh tau,, efek samping yang ditimbulkan dari problem mas apa? karena saya kebetulan pernah tau ada beberapa orang yang mengalami LED HDD nyala padahal idle, itu ternyata ada proses background yang sedang berjalan…
      kalo mouse,, sejumlah mouse juga ada yang kedip-kedip saat idle,, tapi sejauh ini tidak ada efek samping apa-apa ke laptop / PC nya itu..
      CMIIW :)

    • Saya dulu waktu nyari2 laptop jg nyarinya acer yg e-machine, tp untungnya gk jadi.. hehe.
      akhirnya kebeli asus.. anak susah.. haha

  44. Mulanya saya anti ACER, tapi setelah coba aspire one 532h, wow OK juga tu laptop, baterai 8 jam kuat untuk browsing & compile software C++, tiap hari aku geber 6 jaman, 1 bulan ini masih OK. Nggak tahu ya nanti..from http://pckuonline.co.cc

    Dhanika:
    wah,, mas ilham suka endurance-test ternyata y… :D
    saya juga dalam 2 tahun terakhir ini nggak jarang kalo pakai laptop acer saya bisa >8jam 1 hari,, tpi sejak dulu udah saya antisipasi dengan cooler-pad agar suhu laptop terjaga < 50 derajat.. :)

    • wah iya ya sadis banget toshiba. parahhhh.
      makanya mendingan beli ASUS, harga pas, barang bagus + awet. wkwkwkwk

    • wow.. brarti bener to toko shi bilangnya bagus walopun kenyataannya.. belum tentu sebagus itu…
      hehe *no offense*

      thanks sharingnya.. salam kenal :)

      • sedikit share,
        gw pake toshiba satellite A315-s4656 ,,jadul dah,,udh di pake dr 2007,, ampe skrg 2010,,buat adobe,,mulai dari photoshop dan iluustrator (klo desain ukuran udh meteran sih ,,hrs sabar wkwkwk, dan siap2 hang,,) apa lg klo lg iseng bikin bumper 15 detik,,di after effects,,wah wakaka lama omm buat render dll,,yah maklum ini kan bukan laptop untuk desain dan video animasi,,cmn gw paksain aje,,abis adanya cmn ini,,gw sembarangan bgt deh,,,pernah 4 hari ngga gw mati2in,,charge sambung terus,,,overall daya tahan cukup oke kok,,,baterre sampe skrg masih oke,,walaupun ya gt klo pk internet boros,,

        buat gw sih toshiba yg ini rekomen lah buat home office,,durable nya tinggi,,ga neko2,,

  45. Aq punya ACER 4520, belum sampe 2 tahun dah ada tanda2 mobonya error. Tanda prtama DVD-Rom’nya gak ndetect meski di BIOSnya, yg kedua kadang susah dinyalain & sering mati mendadak. Kirain masalah OSnya, tp udah berkali2 ganti OS tetep g ngefek. Setahu aq ACER seri 45XX yang sering rusak. tahan 2,5 tahun aja beruntung tuh (pengalaman pribadi & tmen2). Kalo 47XX sodara punya dah 2 tahun ok2 aj tuh.

  46. acer bagus kok! gw beli acer aspire 4310 (prosesor intel celeron) bulan november 2008 dan hingga saat ini (mei 2010, berarti shd hampir 2 tahun) kondisinya tetap bagus…. dipakai berjam2 gak ada masalah….
    semuanya masih berfungsi baik kecuali DVD R/Wnya kadang ngambek gak mau baca. (sekali2 saja).
    so kalo rusak mungkin karena pemakaian yang salah atau kasar.

  47. klo utk guru, notebook 10″ yg murah tp spek ok apa yah…?? tdnya ngincer acer AO 532 H. tp ko baca keluhannya jd agak gmn gtu…klo axioo ktnya wifi nya suka eror yah ?? help me pliiisssss…..ksi referensi yg bgs dunkssss……..

    • kalo 10inchi,, ada lenovo seri Ideapad s10, atau seri thinkpad x100e, cukup kuat & reliable, harga juga lumayan.. < 4jt. (surabaya)
      kalo saya pribadi, daripada AcerOne, mending IdeaPad s10. lebih nyaman karena layar lbh besar.. :-)

      teman saya ada yang pakai seri x100e, bahkan ia sudah dilengkapi dengan vga amd 3400,,, asyik! :-)

      tapi semua kembali ke Pak / Bu Pio, lebih suka yang mana.. selamat memilih… ^_^

    • aku lenovo aja atau IBM soalnya aku pake IBM udah 6 tahun lebih nda ada masalah sama sekali…cuma driverku di rusak adekku…tapi untuk masalah yang lainnya nda ada…trus aku pake 24 jam nonstop tiap hari dari senin sampe sabtu…minggu nda soanya libur,,,tapi nda ada masalah..aku pake untuk game ps2 multimedia, online dan ngerjain tugas dalam waktu yang sama tapi kalau game berarti nda ngerjain tugas atau sebaliknya…

      • didin(lenovo) : aku lenovo aja atau IBM
        wkwkwk…yg tanya loe siapa…wkwkwk….emg spec laptop loe apa ?
        nih laptop gue ASUS ROG G55VW , ASUS N43SL i7 , ACER E1-451G
        Semuanya mantaaap…..knp lenovo jarang ada service center di indonesia….soalnya Performa Gaming sekelas CRYSIS 3 ,FAR CRY 3 sangat diragukan…….HuaHahaha

  48. Ibu guru apa Bapak Guru ni??
    kayanya susah deh nyari notebook yg 10″. yg kebanyakan merk acer..
    tp klo netbook ada. ASUS (EEPC), MSI, HP, dll.
    klo mw milih cari yg mobonya kuat..
    tp kembali ke Bapak/Ibu guru aja.
    tinggal minta saran juragan2 yg lainnya.

  49. Assalamualaikum……..!!!!

    Wow Ayik banget nih ngerumpi Teknologi.

    AKU ikut gabung ya… terutama produk acer.

    Saya punya laptop ACER 5315 Aspire. Saya beli laptop tsb bualn Okt 2008.

    Alhamdulilah sdh 1,5 thn Blm pernah Rusak sedikitpun baik itu hardware Internal / External.

    Dan Buat Pengguna Laptop Seri Aspire , Saya Punya tips nih…. yang katanya Driver nya gak supprot Windows XP ..

    Bagi yng Ingin pake OS windows XP, Beli aja Software Driver Otomatis.

    Nama Drver nya ” DRIVER UNIVERSAL”. Coz itu Dirver cocok banget untuk semua Merk Laptop dan secara otomatis Driver mana yang ke detect oleh software otomatis tsb.

    Aku juga sdh nyoba tuh……. Dan hasilnya Semua Driver ACER 5315 kedetec Semua di Software Driver Universal tsb.

    Hrg nya murah kok cmn 25 ribu yng bajakan bentuknya DVD.

    Smoga bermanfaat buat Pengguna Seri ASPIRE.

    Semua Merk tergantung Pemakaian nya…

    Klo Make nya jorok, pasti lah cepat Rusak.

    ACER IS THE BEST DEH….

  50. LCD Acer aspire 4732z waktu ujan dimasukin plastik terus dimasukin kedalam tas acer karena capek ditaro diubin kolong tmpat tidur eh besoknya pas mau dipake LCDnya ada garis miring sejempol dan bercak kayak bekas air tapi gak ada air sama sekali… kira2 bisa dibetulin gak ya LCDnya please…..

  51. notebook aq acer aspire 4310, beli taun 2007…..dah mau 3 taun ni…no problemo……aq inetan seharian penuh tiap hari, buat gaming juga tapi ga ada masalah, lcd terang dan jernih, no bercak, no garis…mulusss……cumaaaaa, 2 hari yg lalu gara-gara kecerobohan gw, nyimpen mouse diatas keyboard, trus ama anak gw ditutup notebooknya…….wuaaaaaa, ini dia bencana berawal…….lcd kaya retak2 gtu,,,,,finnaly gw ganti lcd yg 14,1 IDR 1,8 jt, mayan nyesek, buat akhir bulan kya gini….btw spare part lcd ORI acer itu pke LG-PHILIPS…..so, hati2 memperlakukan lcd….hindari darit ekanan baik itu yg keras ataupun yang lunak …tekanan yang tidak biasa itu bisa merusak sel-sel lcd tersebut…kalo cairan udah pasti ga boleh yaa, apalagi kena ujan…..
    @ bams : oh ya, sepupu q kbetulan teknisi komputer, aq diksi info , ada customernya minta LCD ACER kompatibel, bukan original, aq lupa tipe notebooknya yang pasti diatas aq…..harganya sekitar 1,4 juta, awal2 fine2 aja, tapi masalah mulai muncul setelah 2 bulan penggunaan….LCD nya tampak degradasi di sebelah kanan, seperti garis batas……jadi kelemahan lcd kompatibel akan timbul pengurangan kualitas layar, misal akan memudar, atau timbul garis batas, walau masi tidak terlalu mengganggu…..tapi buat saya aneh aja ya ngeliatnya……so, think twice sebelum mutusin nyari lcd murah ato kompatibel…..that is won’t be same quality as original part’s…..btw kalo blm setaun claim aja warranty nya…

  52. masalah acer 4535,mau tanya…saya beli kira2 stngh tahun tapi batre nya kok cm kuat sekitar 1 jam ya,apakah pengaruh karena AMD yg cpt pnas sehingga boros battery?
    gmn cra mrwtnya ya?
    Untuk windows xp,vista,7..kira2 mn yg pling co2k

    tlng bls dong,sy bth bntuan…
    thanks

    • @ade:
      laptop ACER (termasuk notebook/netbook) sejak> 3 tahun lalu punya fitur yang namanya Acer Empowering Technology. salah satunya adalah E-Power Management. fitur ini qta bisa atur kecepatan prosesor. kalo emang cuman buat ngetik2 aj (yang ringan2), bisa di set ke Lowest, jadi hemat baterai.

      punay saya, seri Travelmate 4200-series, umurnya udah >3tahun. seperti telah saya ceritakan di postingan saya ini, baterenya sampai sekarang masih bisa tahan sampai >1.5jam. itu kalo saya et ke lowest. kalo di-set ke performace-speed, ya cepet habis, 1 jam aj udah habis…

      selain itu, kalo laptop mas/mbak pake prosesor AMD, bisa coba download software dari situsnya AMD, namanya AMD Power Monitor, itu untuk pengaturan kecepatan prosesor, bisa dibikin manual maupun otomatis.. saya sudah coba & itu efektif.
      selamat mencoba :-)

  53. Dear all,

    Hati hati beli ACER, Pengalaman saya buruk dengan ACER.
    Carger yang jelek, Keyboard Malfunction, Layar mudah Lecet, Gampang panas, dan mudah lecet alias ringkih . saya kapok.

    Pikir 2 sampai 3 kali jika memilih ACER.

    Hati hati

    Terima kasih

    • @haryadi: terima kasih atas sarannya..
      kalau boleh tau, krmn ACER-nya seri apa?
      trus sekarang Anda prefer milih notebook yang gmn?

    • ACER nya seri apa bos ? lo masalah layar lecet ya tergantung ente nya aja…semua embali ke HUMAN ERROR

  54. halo, saya mau nanya nih

    saya punya acer 2920 sudah dua tahun dan masih bagus lah =D
    sekarang mau upgrade RAM dari 2 GB ke 4 GB.
    Kira2 nanti apakah RAMnya akan share dengan VGA nya yah??

    Trims

  55. Ikut nimbrung dunk :)

    Lagi mo beli notebook ni, soalnya punya gw yg Toshiba serie-M305 panasnya minta ampun, mata gw jadi cepet lelah banget (meski soal yg ini masi sedang kuselidiki apakah ada hubugannya), en notebook ini dah ada bbrp masalah..
    1. terkadang sering hang, kadang jg layar2 tiba2 jadi abu2 doank dan ngehang jg.
    2. bila pemakaian resource mayan banyak, buka firefox + office + maen game (PES 2009) ni lapie jadi mati sendiri T_T

    walau sampai saat ini masi bisa kupakai :), tp kuberniat menggantinya:
    1. Acer 4741G (i5 lho processornya, GeForce 512 Dedicated) ==> harga 6jeti
    2. Sonny Vaio VPC Cw1FFX/L ==> harga 8jtaan
    3. Toshiba (lagi :(,yg ini mudah2an ga ada masalah) yg Satellite M645-1001X ==> harga 10jeti

    pilih yg mana yah? atau temen2 ada saran yg laen? :)
    Pengennya processor i3/i5, VGA 512 ato lbh tinggi, en ga terlalu cepet panas (pemakaian >10 jam sehari)

  56. Acer memang payah saya beli seri Ao532 battey 6 cell baru 3 bln batery nya bermasalah sudah gak bisa full di cas cuma 81%, di servis ke servis center surabaya sembuh tapi 4 bulan balik lagi kesemula (cas cuma 81% lagi) gimana nich ACERRRRRRRRRRRRRRRRR………., ACER = Awas cepat Rusak benar tuch…. saya alami sendiri, padahal laptop DELL-ku 10 tahun P-III sampai skr masih OK…. hati2 ACER=AWAS CEPAT RUSAK , jangan anda ngalami seprti saya………….

    • s.a.m.a. bung..! laptop saya accer aspire 4740 core i3 br 4 bln udh gak bs cas full..cm bs cas 83% .. 2 bulan selanjutnya cm bs 78% plus cepat drop..awal beli bertahan hampir 3 jam..skrg br umur 6 bln cm bs 1 jam,, capchaaaayyyyyyyyyyyyyy abis!!!

  57. BETUL ACER JELEX, SAYA BELI 6 AGUSTUS CORE I3 4741 DAN RUSAK HARDISKNYA TANGGAL 6 SEPTEMBER. BELI DI BEC (ALIF COMPUTER). SAYA BENAR BENAR KAPOK GAK BAKALAN BELI PRODUK ACER LAGI, DAN BATRENYA HANYA KUAT 1 JAM. BENER2 KECEWA. DEMI ALLAH.KALO TIDAK PERCAYA NI NO TELP SAYA.081572282342. MESKIPUN BERGARANSI TETEP SAYA SEBAGAI KONSUMEN KECEWA SEKALI……HANYA SATU BULAN MENGELUARKAN UANG BERJUTA2 EH AKHIRNYA RUSAK, MESKIPUN BERGARANSI TETEP GAK PUAS.

  58. kl mo awet abs beli tu laptop yea dipajang aj dikamar . ampe ente dikubur pun bkl awet. Lgan mngapa menyalahkan produk. Ud tw tyap produk ad jngka ms idupna. Yg ptg tuh perawatan n cra pemakaian yg diutamakan. Anda beli laptop yg 1milyar pun kl pakenya nyeleneh asal goblek ya pstna bkl cpt rusak. Oya 1 lg emang faktor hoki dlm pemilihan barang it ad. Sya pnh brg2 beli laptop merek acer 4730 ditempat yg sm, pny sya tb2 layarna blurr n pny tmn awet2 aj . So berdoalah sblm membeli spya diridhoi YME. WKWKWK..

  59. aku pake toshiba, acer, sama axio. semuanya punya troble yg brbeda. toshiba touchpadnya kadang kna kadang g. lo acer so far so good lah.. paling cuma panas doang. malah yg axio jarang aku matiin g masalah.. uda 2 tahun troble cuma batre aj yg ngedrop.
    asal disesuaikan aja pemakaiannya klo bukan spek game g usah dipaksa. umpama mobil kalo mau offroad jangan pake sedan.
    kalo ada yg bilang acer cepet rusak jiah lagi g hoki aj kali dapat jelek… hehe
    yg pasti g usah minded kyk salah satu yang di atas. pke laptop jatuh dari motor. motor berhnti kali?? coba jalan 60 kpj aja dah, ancur tuwh laptop haha..

  60. om om, mas mas smw, klo acer aspire 4920 gw juga rusak nich layarnya. suka ilang2, keluar garis2 merah, ngeselin deh. tapi dah lama juga sich. sekitar 3 tahun. mo nanya donk. ganti LCDnya brpa ya skrg? thn lalu, mo servis, katanya lcdnya harus ganti klo ga salah 1.4jt dlu. akhirnya pulang ajah. hahahaha… skrg brpa yak lcd kristal 14 inch. kali2 dah mumer… wkwkwkwkwk…

  61. semua tergantung pemakainya…
    jika pemakainya bodoh, maka laptop 3 bulan bisa2 ganti motherboard ato rusak…
    buktinya aq… udah 3 tahun lebih aq pake acer 4720z sampe skarang mash sehat wal afiat. pdhal aq nyetelnya dari jam 6 pagi sampe jam 12 mlem…

    ya intinya tergantung dari pemakainya…

  62. jgn terlalu menyimpulkan terhadap sesuatu…
    cari kesalahan…
    rata2 kerusakan penyebab paling besar adalah dari pemakainya yg ceroboh…
    aq acer msh sehat.
    temen q pake toshiba eeee yg harganya 10 juta ke ataz buktinya lbh payah dr punya q acer 4720z…
    thosiba lcdnya oeror gmana gto…

  63. waaaaaaaah kata siapa acer cepat rusak ……..malah sebaliknya orangnya yang pakai acer cepat rusak………saya punya 2 laptop sama sama acer ……ndak apa apa kok….ya kalau dibanting cepat rusah…..he………he……….he………

  64. saya pelajar d singpur tp org indo kok :P, saya coba2 liat2 acer.. ternyata ebda loh, acer singapur sama indo.. ipe dan merek sama.. ketika saya coba benchmark 3hari 3 malam, produk acer indoo, mobonya langsung burnt a.k.a berasap. sedang yg singapur ok2 aja.
    sekarang saya udah pke 3 dari mereka, semuanya aspira.. saya sedikit overclock karena saya gamer dan selama 2 tahun ini baik2 aja.
    padahal saya pakai hampir 20 jam setiap hari, saya juga mahasisawa IT.
    acer msih bagus.. tapi entah kenapa qualitas di indonesia berbeda. karena disini terutama tipe timeline sangat digemari.. tapi jujur saja saya pilih acer karena big bang buck & most powerfull performance

  65. Acer : Agak Cepat Rusak ?
    Tergantung yang pakai dan bisa merawat tuh barang. Ini skrng gue pakai Acer 4741 alhamdulillah masih baik2 sj. Kalo pulang kerja selalu nyalahin nih laptop dari jam 6 – 12 malm browsing kadang juga adek pinjam buat maen PB kalo siang bokap suka buka excell. gue bisa tau nih laptop dipake siang saat gue kerja krn gue pakai Keylogger.
    Untuk menghindari kerusakan sebaiknya perlakuan laptop itu harus ditambah kinerjanya misalnya memory 1 gb tambahin 4 gb. Tambah cooling pad. Keyboard bantu.

    • tapi kok acer aspire 4741 ku baru beli trus di pake3jam lgsg keyboard am touchpadnya ga fungsi?padahal belinya ditempat ternama

  66. Nih acer 4741 seringnya : Seringnya sih main PB sm adek gue mugkin ada 6 jam sehari. Kalo gue buka browsing, aplikasi grafis (adobe), aplikasi programmer mysql. Antivirus Bitdefender.
    Jadi yang penting perlakuan laptop nya ajh. Kalo maen PB yah pakai keyboard bantu + cooling pad. Laptop jangan diletakan di atas tempat tidur sebaiknya ditempat datar biar sirkulasi udara keluar lancar. Apapun laptopnya akan cepat rusak bila diperlakukan dg tidak baik. Pengalaman di kantor ajh, karna barang kantor asal pakai seenaknya yah cepat rusak.

  67. acer bgus kok punyaku tipe aspire3000 dari 2006 ampe skrg awet aj.. pdhl klo lgi jengkel keyboardnya ku pukul.. buktinya tetep biasa aja walau perlakuany sadis.

  68. No offense gw di kantor ada 6 notebook ACER, 7 notebook HP, dan 5 notebook TOSHIBA, dari itu semua notebook yg paling parah ACER (rusak 4 unit), HP rusak 2 unit (masih wajar menurut gw), TOSHIBA gak ada yg rusak (manstab top abis).

    Merk ACER :
    2 diantara acer Aspire rusak optic setelah masa garansi, 1 lagi rusak mainboard and harus dibawa ketaiwan utk repair mainboarnya, kejadiannya baru 10 hari lalu and tuh notebook masih di service center mangga dua jkt (pemakaian 2 tahunan), 1 Travelmate sering mati sendiri belum ketauan rusak nya kenapa (pemakaian 3 th lebih), yg 2 lagi belum rusak karena masih baru (belum ada satu tahun)

    Merk HP :
    baru 2 yg rusak, satu karena terkena air, satu lagi port usb rusak (pemakaian 5 tahun)

    Merk Toshiba :
    belum ada yg rusak (4 laptop beli th 2000), 1 lagi beli th 2010.

    mo percaya atau enggak terserah, ini pengalaman gw pribadi di kantor.

    oya bos gw juga beli notebook acer Aspire 4741G di spore belon ada 1 th baterai rusak, dan waktu mo servis ke mangga dua jkt dipersulit karena beli di luar negri bukan barang resmi waduh….., maka hati2 kalo jalan-jalan ke luar negri jangan beli merk ini ya….hehehehe kalo HP oke lah masih bisa claim di indo tapi gw sendiri belum ada pengalaman langsung sih…

  69. mas punya aplikasi buat toshiba webcam biar jernih tdk mas?? punyaku toshiba c640 tidak jernih cam nya kalo lagi cha YM(yahoo mesenger) tolong balas………

    • sama bos….malahan ane main Far Cry 3 ane tinggal tidur…gak kenapa2 ….asalkan suhu tetap terjaga dibawah 65 c

  70. Saya baru beli acer aspire 4741, empat bulan yg lalu, dipakai rata-rata 7jam per hari….ngak ada problem…
    bagus…..
    sementara nggak ada rusak..

  71. saya setuju ace cepat rusak, karena baterai laptop acer 4741 g dalam 3 bulan sudah soak lalu diganti karena masih garansi dan soak lagi. Lalu saya bosan minta ganti lagi karena prosesnya lama dan laptop harus dibawa

  72. kalo pemakian baterai, adabaiknya dilepas sewaktu kondisi full & sedang konek listrik..

    memang ada yang bilang “ditancepin aja ke listrik, ada pengamannya kok jadi aman” –> itu sudah saya buktikan..
    saya kalo konek listrik (baterai full) , baterai dilepas. terbukti smpai 3-4 taun ini tingkat drop-nya masih normal..
    sedangkan temn saya yang “hobi”nya nancepin batere terus di laptopnya,, dlm hitungan minggu atau bulan udah soak barete-nya..

    jadi,, buat yang baru beli laptop acer,,
    ada baeknya perawatan & penggunaan dijaga.. :)

  73. harga LCD nootbook acer 10,1 inch berapa yah… coz q mw beli.. syukur2 yang paling muRah… hehe n tolong juga dikasih alamatnya.. before thx.

  74. gan gimana nih saya opunya netbook acer aspire one 532h tp wifi bawannya rusak bisa di perbaiki gak ya makasih gan?

  75. mhn masukannya mana yg lbh bgs dr segi ketahanan laptop maupun batrenya berikut keunggulan spek masing2 :
    1.lenovo G460 150
    2.toshiba satellite C640-1022U
    3.acer aspire 4750-2312 G50 Mn

  76. gw pake acer 4530 neh, ampe sekarang ga da masalah, haha, mungkin gw orang yang beruntung dari sekian banyak orang yg rusak, punyaku malah oke oke aja. tapi dibalik oke itu, perawatan gw emang oke juga, sering bersihin ventilasi laptop secara rutin biar debu ga nemplok di lubang ventilasi.

  77. numpang nimbrung ga…..
    ane domisili d padang (Sumbar)
    dsini gag ada service center
    jadi klu nyampang rusak, harus nunggu sebulan…..
    ckckckckckckckckckck

  78. @ijer: cara memperpanjang garansi, setelah pembelian ACER, bawa struk bukti pembelian & kartu garansi ke Servis Center Acer (kalo di surabaya ada di Hitech-mall). trus nanti akan ada beberapa paket pilihan.
    paling lama perpanjang garansi hingga 3tahun. all-risk.
    tapi, tetep ada biaya tambahan utk perpanjang garansi itu.. besarnya tergantung tipe & jenis laptop yang dipunyai..

    @surya:
    selama masih masa garansi, mereka akan perbaiki, tapi kalo masa garansi udah lewat (habis) biasanya agak berbelit prosedurnya
    (semua merk-sama)

    @dodi:
    kebetulan belum pernah mereview tipe laptop itu..
    coba browsing di techreview, atau anantech, atau tomshardware, itu review nya cukup obyektif & blak-blakan..

    @amaix:
    salam kenal.. :)
    kalo gitu pakenya perlu hati-hati,,
    misal lagi nggak mobile, pakai cooler-pad biar suhu laptop nggak terlalu ekstrim..
    lumayan pengaruh, bisa selisih 5-10 derajat celcius lo.. :)

    • @buddy;
      kalo netbook acer aspire one, baterenya lumayan bisa lama kok,, 4jam lebih..

      kalo acer aspire laptop series (bukan netbook), dari temen2 yang pake, rata-rata 2-3 jam maksimal,

      kalo mau laptop yang baterenya awet, acer seri Timeline-X, atau ASUS seri-U. keduanya bisa 6jam lebih.. bahkan nyampe 8-9jam. :)

  79. Bandingkan prosentase jumlah yang rusak dibagi jumlah yang terjual, itu baru valid. Setelah itu baru komentar. Kalo suatu merek hanya terjual 100 unit ya pasti servis centernya kosong. Dengan penjualan Acer lebih dari 7 jt unit pada kwartal pertama 2010 ya udah pasti servis center Acer padat. Sementara Asus dan Toshiba hanya 3 jutaan. Bagaimanapun Acer terlaris dan The 1st Top Brand menurut International Data Corporation IDC.

  80. kakak sy juga punya acer, dan di beli langsung dari acer center point, dan hasilnya gk ada kendala/kerusakan selama 2 tahun ini, dan daya batre hingga sekarang tahan hingga 2,5 jam(jika di gunakan untuk OL). Pernah sekali ada kendala yaitu kemasukan virus…. hehehehe…

  81. Umur laptop rata2 4tahunan, kalo udah gitu biasanya “minta” ganti soalnya sering rusak. Saya punya ACER ASPIRE 3 tahun pake dan tiba2 Mobonya kena dan servis hampir 8ratus dan mesti nunggu 2 bulan. Eh, belum ada setahun, ternyata MOBO nya kena lagi…..T__T
    Daripada tekor terus lebih baik beli yang baru deh…..

  82. sya jg mau mnta saran dr agan” smua….!!

    say pnya laptop acer TravelMate 4740, bru saya pake 3bln… tp wireles.ny terkdang kok sering mati sendiri y…?? N terkadang tdk mau ke deteks.??? mohon sara.ny dr aga” smua y.. MATURSUWUN..

  83. saya habis ganti Mainboard di makassar, mahal lagi, … tapi malah tampilan layarnya sering hilang…………………… mungkin benar kalau aser itu kualitas rendah kalau gini mending saya pilih “toshiba”….. laptop saya type aspira 4535…..

  84. syafina, saya sudah pakai acer aspire 2920Z, sudah tiga tahun, Alhamdulillah sampai sekarang belum ada gangguan, paling baterai sudah tidak kuat, itu pada tahun kedua, menurut saya, itu semua tergantung pada PERAWATAN dan CARA PEMAKAIANnya, insyaAllah akan awet, mau barang mahal atau barang murah, itu kuncinya

  85. sekedar sharing !! Acer Is The Best lah..

    Gw pke ACER 4741G.. Gw beli 10/2010.. dgn pemakain lbh dr 10 jam setelah pembelian, plus batre gw copot.. Gw pke buat maen game Online atlantica, Luna plus, Pb, Losttower, akhir” ini BOI tpi uda pensi gara” Harddisknya mokat -__- HD gw mokad tiba” wktu gw pke buka multi BOI.. awalnya matet dkit.. selang 5mnt langsung matot.. karena masi garansi so gw bawa ktmpt servis di blitar tmpt gw, terus kta mbaknya yg cute abis “ntr laptopnya mas dkrim ke surabaya dng biaya ongkir 50rb” Ega apalah mnrut gw cumn 50rb.. asalah idup lagi.. hee.. emang si skr uda bisa abis di benerin 1 bulan.. tpi skr kek ada bunyi [cetuk] gtu di pojok kanan bawah tpi bukn keybord.. apa mngkin HD nya apa apa lah gw jg gak tau.. satu lagi setlh di servis skr ega bunyi [tit] wktu di colokin charge.. pdhl dlu ada bunyi tit gtu wktu di colokin charge..aneh.. hee… Tpi Acer gw ttp powerfull.. klo batrenya ampe skr gak isa tahan lama 2jam itu mah uda lumayan mnrut gw heee…. Laptop gw ini jg sring mati mendadak krn listrik mati dan gk gw pasang batre… mngkin uda ada 25 kali heee… Cumn skr aga panasan dkit.. mngkin coolernya kali ya.. rencana dlm wktu dkt mau priksain lagi.. mumpung masi garansi… heee.. biar hemat… Oia Gw pke OS windows 7 + Avira Pre + Mozi + ADobe CS dn bbrpa lainya.. abis pda ilang data”nya wktu di servis kmrin hikz T__T itu crita gw.. klo elu… !!

  86. gag juga mas
    buktinya lptop saya acer aspire dr tahun 2008 jg msh awet di berbagai kondisi
    memang daya tahan baterainya menurun sih

  87. Nulis artikel tuh..yg bagus.Jangan kayak gini…ini sih namanya lho pamer “KEBODOHAN” lho sama seluruh netter di Indonesia….hahaha. Dasar Tolol !!

  88. Assalamualaikum wr-wb
    Damai indonesiaku

    bulan lalu waktu puasa, laptop saya ada masalah dengan webcamnya, trus saya kembalikan ke toko tempat saya beli, untuk dicekk, soalnya walau sudah diinstal ulang hadwarex ngak detect,…………………………….katanya tokox akan dibawah ke acer center………………………………….penungguan cukup lama……satu bulan lebih ……. itu biasa karena memang surabaya jauh dan nunguan antrian biasalah dari pamekan ke surabaya…yang tidak biasa malah ………data-data yang ada dilaptop musnah semua dan anehnya lagi webcamx bisa waktu di coba ditoko itu……..mohon pencerahan apakah laptop saya memang dibawa ke acer center ……ato emang dibongkar sendiri ama tokonya………………….bukan prasangka buruk …..tapi masak perbaiki webcam harus data hilang dan lagian tidak ada konfirmasi bahwa data akan hilang kalo perbaiki webcame konfirmasinya barang sudah ada disini data katax hilang…
    sekian terima kasih
    Wassalamualaikum wr-wb

  89. Memang perlu berhayi-hati ketika kita akan membeli suatu barang (laptop) dari produk tertentu..jangan terlalu bangga melihat customer service-nya selalu ramai/padat pengunjung walaupun dengan pelayanan yg baik, hal ini membuktikan bahwa produk mereka yang sudah beredar di pasaran banyak mengalami kerusakan. Sebetulnya fabrikan/produsen sudah tau kualitas produk mereka, tetapi kan harus tetep produksi terus, dan jika produk yg mereka hasilkan tidak rusak-rusak maka itu merupakan suatu kegagalan dari mereka sendiri.

  90. saya punya laptop acer aspire 2930, webcam nya gk bisa dibuka karena driver kamera nya gk ada, bagaimana cara mengatasinya? terima kasih

  91. ane makek asus a43sj ane pakek online 3 hari 3 malem nonstop oke2 aja… panasnya juga cmn di bagian angin2 saja tdk sampai ke bagian lain terutama kibod… tahan banting emank asus…

  92. duhhh,….. harga ga boong…. mo yang kualitasnya lebih bagus??? cukup rogoh kantong lebih dalam…
    kalo mo banding2 kualitas bandingkan dengan harga yang sama>>!!! betuulll????

  93. saya punya laptop acer 4736,uda 1 setengah tahun lebih buat maen game bahkan sering seharian ampe pernah dari siang ampe pagi buat maen game ampe sekarng ga ada problem tuh???? ya semuanya kembali ama keberuntungan,kalo beli laptop yang terbaik pun kalo ga beruntung pasti rusak. semua barang elektronik tuh pasti ada rusaknya,manusia aja yang imane gede juga ada rusaknya????

  94. ACER = Ancen CEpet Rsak (Ancen “bhs. bojonegoroan”: Benar)

    adik ku baru beli sekitar 5 bulanan wifinya eror!!!!!
    BENER-BENER CEPAT RUSAK……..

    Mana rumah jauh, lagi mau keSurabaya….
    Yo’opo REK….

  95. seenarnya simpel bgt,maw acer ato apa kita bisa aja dapet barang cacat.makanya kalo beli tuh jangan lupa baca DOA biar diberkati ama yg diatas………

  96. kka aku mw nanya klo laptop Toshiba Satellite P755-S5380 15.6-Inch LED Laptop – Fusion X2 Finish in Platinum sma Toshiba Satellite P755-S5270 15.6-Inch LED Laptop (Black) bgusan yg mna???
    di tunggu jwabannya!
    slam knal :)

    • trgantung jg bro, klo cm dota, pb, n sgala mcam NFS y wajar.. tp klo buat pkerjaan berat bsa mleduk.. gw dah ngalamin.. ati2 aj bro.. pnybab awl krna pnas, akhirny prlahan2 gerogotin VGA jg.. g bhong neh jd emang klo mw buat lifestyle utk kantoran emang ccok Acer, tpi klo Gaming mstiny Allienware/Asus ROG.. :D

  97. punya acer travelmate… udah 5 tahun… tapi ya udah ganti sparepart semua… dr DVD… HDD… hehe…tapi LCD ga pernah bermasalah walau pernah celaka pas jatuh di motor… baterai udah tinggal 15 menit… mudah panas… mau ganti… makanya searching2… eh, nemu ginian.. :p

  98. temen2, saya punya notebook yang motherboardnya spt udah rusak, kira2 ada g yang tau dimana saya bisa beli tu barang, cz didaerah saya ( NTB) belum ada yang jual sparepartnya. n kira2 harga nya berpa..?

  99. Acer Aspire 4738 punya saya rusak di LCD (Stuck Pixel). lumayan kecewa.. tdinya sya percaya 100% sama Acer.. dah tau kya gt saya malas beli Acer lagi .. :)

  100. walah….. gitu aja kok repot…. namanya barang elektronik… tidak bisa dipastikan awet tahan lama, atau cepet aus, semua itu tergantung dari kita, dalam hal pemakaian itu pertama, kemudian kenapa juga kita selalu depat kusir….. kalau bisanya cuma pakai doang…… yang lebih kreatif lah bagaimana kita bisa jadi pembuat bukan pemakai. dari situ maka kita bisa tahu kenapa semua itu bisa terjadi. dan ketiga… kalian semua juga harus sadar…. dan mengerti akan hukum ekonomi…. kalau semuanya awet trus barang barunya kapan lakunya….. ember…..

  101. low ak, keyboard ny yang rsak. merknya acer aspire 5570. wlaupun hnya bberapa tombol sih yg rusak. tp gannggu bgt……..

  102. Q punya acer dah 5 th,awet banget sumpah, lum pernah ngehang,ngdrop dan troble2 lainnya,so jadi blm pernah masuk servis,soalnya q cuma beli kesingnya doank ga ada dalemannya

  103. ampuun memang…saya menggunakan acer aspire 2920…masalah di layar tiba2 tak bergerak sama sekali.. sehingga harus di shut down paksa alias tekan power lama…. saya berfikir lama2 Hard disk saya bisa ancur kalo di shut down paksa begini… saya sudah bawa ke acer center dy pun bingung maslah ini dari monitor atau VGA… sudah di coba instal ulang window masalah tak teratasi… jujur kecewa banget.. saya mau jual neh acer… mau ganti merk lain saja…

  104. ngomong2 katanya asus termasuk laptop tahan lama sampe2 mendpt peringkat no.1 didunia dlm hal awet,,, tp knp harga asus murah dibandingkn harga toshiba?? Pdhal toshiba masih kalah sm asus beda tipis…. Klau da yG tau, Tolong kasih tau ya gan..

    • @rozi
      Soalnya asus memikat konsumennya yg mau beli acer :mrgreen: jadi asus wkwkwk tapi overall asus n sony is the best :)

  105. tergangtug pemakai om . . .
    ane pakai acer jadul 4530 adem ayem aja tuh
    maen game ayo, presentasi kuliah, tugas lancar jaya

  106. ,….mungkin bukan hanya Lap_Top…atau Hand_Phone…atau alat apa saja yg bermuatan listrik dari AC ke DC,….kebanyakan Arus Listrik Rumah kita tidak bagus diGroundingnya,…yg bagus hanya di bangunan2 kantor atau Gedung,….
    nah efec bocor dari Listrik yg tadinya AC kemudian ditransfer ke Arus DC….kalau sampai ada yang bocor di Arus AC_nya,………….yo wiss,…wassalam saja arus DC_nya juga pasti tidak terpartisi dgn baik antara + dan -,….kebocoran ini berefek semakin memanasnya jaringan baik Kapasitor, transistor maupun yg lain,…dan akibatnya……Lap_Top sering panas,….batery charge cepet panas…. jadi anda harus check dulu Arus Lisrik dirumah …..ada yg bocor tidak..groundingnya….?

  107. gan, apakah ada software untuk menurunkan tingkat kepanasan pada laptop????
    soalnya laptop acer tipe 4738 kisaran suhu antara 49 c – 55 c, apa masih dalam batasan normal?
    untuk yang mau beli laptop acer ini tips dari aku :
    1. waktu beli jangan lupa untuk menanyakan tempat service service center, karena ada tempat service untuk produk acer yang berada di dubai.
    2. cek harga dari satu toko ke toko yang lain dan menurut pengalaman saat ada pameran malah harganya melambung tinggi.

  108. saya lihat laptop acer punya adik2 dan bapak saya tidak ada masalah tuh, Cuma LCD Acer G195HQV 18″ milik saya untuk Game Center sangat menjengkelkan,
    Anda bisa lihat secara langsung kualitas dari gambar tampilan pada LCD desktop / layar Laptop dibandingkan dengan LCD merk LG atau Samsung , terlihat buram apabila anda melihatnya tidak lurus didepannya. setting kontras dan gammanya sangat jelek.
    Paling kesal saat LCD tiba2 mati (Power Save Mode) dan tidak bisa menampilkan gambar walau game masih aktif dan bersuara (solusi cuma merestart PC), biasanya ketika screen saver hidup (kadang2), ketika lama idle dlm kndisi screen saver off (kadang2), ketika blank screen / layar hitam sesaat waktu bermain game (hal ini biasa pada game full screen) tapi malah shutdown tuh LCD (kadang2).
    Semua kejadian / kondisi diatas dapat diakumulasikan menjadi = SERING
    Catatan :
    Didalam buku petunjuk penggunaan LCD ACER / Manual dikatakan didalamnya bahwa Monitor LCD Acer Harus Hidup (Power ON) sebelum PC Start (on).
    Kelebihan LCD Acer adalah Harganya lebih MURAH +/- Rp.200.000 dari merk lain.

  109. Salut sama Accer laptop Accer Aspire 4315 saya beli pada bulan Oktober 2008 sekarang sudah pebruari 2012 berarti 3 tahun 5 bulan dan masih OK bahkan kadang hidup non stop. Bener nih enggak bohong ! ! !

  110. kalo menurtku selama masih buatan manusia, itu g ada yang sempurna gan,,, aku pk acer aspire 4740G buat maen game2 berat, minim call of duty, pemakaian 20jam/hari udah aku pk 2th kurang 6hari mash fine2 aja, udah gitu g makai coolling pad saat maen game2 tiap hari slma 20 jam,tapi aku pasrah gan, mau rusak mau awet,sumpeh, yang rusak cuma batre dhoank, asalkan tau cara makai, dan yg mana software yg harus di install,aku rasa smua pabrik laptop, memberikan yang terbaik bagi konsumen…

  111. Kalo menurutku yang namanya elektronik itu susah juga ngukur kualitas… tidak selalu yang bermerk pasti bagus. Aku pernah pakai toshiba harga mahal barang ok tapi baru 3 minggu keyb rusak, pakai acer sama saja baru beberapa minggu keyb ada ada yang trobel, ganti compaq sama saja. mungkin tergantung kita yang makai aja dan keluhan Acer banyak di service center mungkin karena banyak juga yang makai. coba aja kalau yang makai sedikit maka yang di rusak juga sedikit, lihat aja maxbook karena yang makai dikit jarang yang komentar banyak yg rusak.

    Ya kita sebagai manusia yang berakal jangan melihat permasalahan dari satu sisi saja karena kita merasa dirugikan. Jika cara pandang kita seperti ini terus maka kapan Indonesia bisa maju… selalu saja ada konflik kepentingan…….

    Hidup Indonesia…

  112. Saya pakai acer dari tahun 2002 gak pernah rusak cuman batterynya doank agak drop and sekarang dak kedaluarsa tapi masih bisa dipake buat presentasi……………apa karna basic saya Electronic engineer jadi awet ya…………..Bambang Rusbianto, Ir.

  113. Setau saya sih, merek apapun itu saat ini udah relatif. Kenapa? persaingan harga dkk (turun harga kuraing materialnya) :)

  114. saya punya laptop acer type 2930 udah 4 tahun masi awet ngak pernah truble…..
    cuma battery ajha udah klah…………..

  115. gw pkai laptop acer 4741 core i-5 bru pkai stahun, dh kna masalah bad sector, alias harddisk ny gx bz pkai sm s’x..
    Trpaksa hruz gnti baru harddisk ny..
    Dr pengalaman saya, acer cpat s’x panas, pdhal gw sj maen plng cm 5 jam..
    Tp panas ny udh mcm kompor menyala ja..
    Gw stuju, Dgn kata itu..
    Klu acer: awas cpet rusak..
    Gw saranin bgi yg laen, utk tdk membeli produk acer lg..

    • itu yang bikin panas gara gara hardisk ente udah bad sector..makanya kalo make laptop tuh yg bener jangan d miring2in pas nyala, jangan d sleep kalo d bawa dalam tas. Pokok nya..kalo laptop keadaan nyala.harus diem..itu intinya gan. Semua hardisk laptop emang riskan dengan badsector. kecuali laptop yang emang d banting gag papa. badsector hardisk disebabkan karena adanya hentakan yang keras kemudian ada komponen yang menggores lempengan yang ada d dalem hardisk.

  116. paling mantap ASUS dah… ane coba nyalain 4 hari 4 malam ga ada masalah… di pake main game online lagi..

  117. aku punya masalah dengan acer aspire 4741, kata mekaniknya rusak hard disknya, apa benar ia hardisk rusak, padahal laptopnya baru dipakai hampi 2 tahunan

  118. wah… gw ikutan nibrung…
    merk, ACER, SONY, TOSHIBA, DLL… itu semua hanya merk secara pabrikan….
    gw udah pernah bongkar abis laptop merk toshiba, acer, dan sony..
    dan mau tau apa yang terjadi…????
    ternyata gw temukan???
    gw contohin merk toshiba..
    memang laptopnya merk toshiba…
    tapi mainboardnya merk asus, hardisknya merk medal, optical drivenya hitachi, RAM nya jg lain, jadi merk TOSHIBA itu hanya SECARA GARIS BESAR…
    kalau ga percaya bongkar aja thu laptop ente”…
    jadi kalau mengalami cepat rusak itu tergantung pada merk komponen pendukung…
    Kalau ada Laptop yang 1 Merk sampai komponen2 nya… gw beli dah 100 unit..
    misal laptop acer, hardisk acer, processor acer, semuanya lah 1 merk…
    ga ada kan????

  119. Kalo rusak atau enggaknya dari setiap barang mah ya tergantung dari yang makenya,dan kalopun di service centre acernya rame bgt yg antri itu bukan krn acer cepat rusak,tapi juga karena perjualan laptop acer yg paling besar jumlahnya.Jadi sya kira itu berbanding lurus dgn semakin byknya yang melakukan servise.Jadi analoginya spt ini,acer laku di pasaran dlm 1 tahun 1jt unit merk lain mgkin hy 200rb unit,jadi dpt disimpulkan saja dgn sendirinya.Soalnya ibu sy pake acer udh 7 tahun lebih sekilo sbgai dosen tapi blm pernah sekalipun mengalami kerusakan hardware,palingan cuma masalah software doang dan instal ulang karena di bombardir sama virus.

  120. beneran Acer emang cepet rusak ni baru 2 thn aku udah gnti LCD skrng VGA’n malah ketam alias matek…………..

  121. Tergantung pemakaian bos…ini ane pake mlai tahun 2008 ampe skrang.baik2 aja tuh..cuma baterai aja..yang soak..kalo baterai wajar memang umurnya 2-3 tahun dah soak semua. dengan keadaan setiap hari nyala sekitar kurang lebih16 jam sehari ane programer. jadi ngadep laptop terus dah..jarang mati ni ACER ane. tapi kagak ada prnah msalah.

  122. klo acer menurut gw lebih ditunjukan buat user santai (misal pekerja kantoran), bukan yg maniak komputer/teknologi… anehnya acer klo di benchmark walau spek sama tapi score’nya biasanya lebih rendah dari asus -_-”

  123. Boz, aku kasih tip
    baik laptop maupun handpon, jika sudah ada troubel mesin yg namanya mainboard ato vga pada pemakaian wajar, sesudah diservis, dilelang aja. Jangan sampe kamboh tu penyakit atau timbul penyakit lainnya. Setahu saya, jika rusak satu komponen/bagian, ada bagian lain yang tidak beres.

  124. Laptop saya merk acer aspire 4750, laptop saya sudah berumur 3 tahun lebih, dan mengalami banyak kerusakan. Seperti: pertama : batterynya sudah mengalami low level. Tingkat ketahanan batterynya sekitar 10 ke 15 menit, itu juga klo gak di pake. Kedua : keyboard rusak, tingkat rusaknya dah mencapai 99 %. Ketiga : LCD bergaris. Nah untuk itu saya minta saran untuk penanggulangan salah satu dari kerusakan di atas… Q tunggu solution anda…

  125. punya saya acer aspire 4743z ga ada masalah udah 2 thn ini. ga pernah rusak sedikitpun. pernah rusak lcd saya. tp itu karna kesalahan saya. gara’ ke siram air.
    untuk mother board sama batrenya awet aja tuh ga ada masalah.
    menurut saya ini semua hanya untung”an karna semua barang kualitasnya akan berbeda walau 1 vendor.
    ya kebetulan aja pnya mas” di atas pas dapet yg jelek dari salah 1 sparepart’a. iya gak??

    jadi jangan salaing menjelekan. merk lain aja mungkin sama. lihat saja di blog lain tentang kerusakan merk lain. pasti sama dengan kita

    tnk’s. wassalam

  126. Laptop saya acer aspire 4736…
    sering matikan power jika Crash/heng, trus cabut baterai dan mati secara tiba-tiba…
    sekarang sudah dapat 3 tahunan..
    alhamdulillah smw komponennya masih normal,dan hardisknya masih tetep OK…
    salut dah ma acer,……………..

  127. Semua Barang Tuh Tergantung Dari Pemakainya Kalo Pemakainya perusak ya otomatis barang itu gk tahan lama, Saya Pake Acer Dah SMP Sampai Sekarang Alhamdulilah Masih Top Care walau Ada masalah di webcam aja

    • Tapi yg jualan motherboard notebook acer laku banget yak, temen gw jualan mobo notebook asus gak laku2…

  128. laptopku acer aspir 4750….da 2 tahun non stop pake gada masalah 6 kali instal ulang gara2 di buat belajar adik, aman aja kok……….acer bagiku ga kalah ama merk lain

  129. Ikut sharing aja kalo boleeh nih….
    Tahun 2010 saya pakai emachines D725 by acer, sampe sekarang tidak ada permasalahan sedikit pun…. Barusan 6 februari 2013 ada pameran di java mall semarang, beli Acer Aspire V3-471G-53214G75Ma. Belum ada beberapa jam, suara nya patah2 dan ada suara tek tek tek di kiri bawah. Saya bawa ke toko lagi, di check ternyata Hardware nya. Karena pabrik tidak produksi lagi, jadi cuman di service aja. Saya sangat kecewa, dipikir2 saya beli barang rusak jika begini. Solusi terbaik dari agan-agan sekalian gimana yach? Mohon pendapatnya…

    • suara tek tek di kiri bawah itu sih suara lengan HDD gan, itu normal sih setau ane (CMIIW)
      menurut ane sih overall mau barang apapun awet kalau orangnya apik (suka ngejaga) menurut ane sih awet atau ga balik lg ke yg punyanya hehe

  130. saat ini saya menggunakan Acer 4749z, pengen upgrade RAM sama Processor

    saat ini RAM 1GB DDR3
    Processor Intel Pentium P6200

    cocoknya di upgrade dengan RAM dan Processor yang bagaimana ya?

  131. Laptop saya, ACER ASPIRE 4732z udah 2-3 taunan mas. tapi masih awet kok. masih bagus.. walau udah lama tetep aja fitur nya ga klah sama laptop baru.. daya tahan batere masih kuat sampe 2 jam lebih loh yang saya..

  132. wah ini mah tergantung yg make sama lo beli dimana…, kalo lo makenya kasar ya cepet rusak..kalo lo beli di toko2 ga resmi..yg kualitasnya juga ga resmi..hahah

    w make HP..tetep manteep cuuy..bokap pake compaq (anakn merek HP) tetep mntep juga cuuy..pdahal sering d pake d kantor dari dulu..soalnya HP = Hemat Pemakaian) hahaha

  133. Blom pernah pake Acer, jadi gak bisa ngasih testi…
    Aku pernah pake Advan Vanbook versi pertama (lupa serinya , klo gak salah a1n70t, yg pake intel atom HT, single core): keluhannya: panassss, saking panasnya sampe plastik2 menjadi getas sehingga engsel LCD pecah2 (solusinya: saya lem Alteco…hahaha…). Sampe sekarang masih hidup meski jarang dipake, performanya cukup bagus, batri bisa tahan 3 jam.
    Setahun setelah beli Vanbook, saya beli Asus EeePC versi 1005HA. Sungguh netbook yg tahan banting krn sering disiksa secara fisik oleh anak saya (balita). Kira2 awal th 2012, dipinjam sodara selama hampir 2 minggu. Pulang2, netbook jadi sering overheat. Ketika overheat, lemotnya minta ampuunnn. Beberapa bulan berikutnya, tombol P dan ; tak berfungsi, lalu diikuti tombol Alt dan Winkey. Keyboard rusak. Ya udah, krn keyboard mahal (>350rb), netbook dimuseumkan di lemari. Sebelum rusak, baterai bisa tahan 4 jam lebih (pas baru bisa tahan sampe 6 jam).
    Setahun setelah beli EeePC 1005HA, bln Agustus 2011 beli lagi laptop Asus A42F-VX085D (14″) buat istri. Inilah yg masih berfungsi baik hingga saat ini (April 2013). Laptop ini sering ditaruh ditas, diberi alas kardus, lalu ditaruh di motor Karisma (jok depan) – jangan ditiru, HDD beresiko rusak krn getaran!!! Pada suatu waktu, anak saya (berat 15 kiloan) maksa minta duduk di depan (di atas tas) dlm perjalanan Solo Klaten (30an km). Saya khawatir sekali… LCD bisa pecah karenanya. Tapi Alhamdulillah ternyata tidak apa-apa. Laptop sering dipake seharian penuh. Bahkan klo lagi demen donlod, bisa nyala dari sore sampe sore lagi… hahaha… Baterai masih bisa tahan lebih dari 3 jam. Herannya, ASUS tetangga baru 3 bulan (yg seri multimedia 14″), telah mengalami kerusakan, yaitu huruf U tidak muncul…
    So, kerusakan laptop memang bisa karena kualitas yg buruk dari pabrik, karena pemakaian, dan juga karena nasib buruk dapat barang jelek… xixixi…

  134. sama Laptopku Jga sdh 3 thun awet aja tuh,,Laptop saya Merk Acer Aspire 4741 msh bagus performa dan masih optimal kinerjanya..,, kalo rusak ya salah penggunanya make nga hati2… ,, kalo make laptop itu jga harus kenal namanya Maintenance( pemeliharaan) jgn cma bsa make aja…,,,,,

  135. Tips merawat laptop dari saya.
    1.Jangan pakai laptop di atas kasur/sofa karena menyebabkan ventilasi kurang lancar
    2.Pakai cooling pad yang ‘sedikit’ mahal supaya kipasnya juga muter kenceng :D
    3.Bersihkan kipas laptop minimal 6 bulan sekali.Kalau tidak bisa sendiri,diserahkan kepada service center atau yg ahli juga bisa koq :mrgreen:
    4.Ganti thermak paste,serahkan kepada ahlinya atau service center.
    5.Kalau baterai mau lama,hilangkan semua efek aero,redupkan layar,atau masuk ke power saving mode.Jangan buka program terlalu banyak.
    6.Bila baterai laptop kurang dari 10 % maka,pada saat booting,colok charger.Takutnya proses booting belum selesai,baterai sudah habis.Hardisk bisa rusak permanent :(
    7.Jangan meletakkan benda berat di keyboard dan palm rest laptop.Contoh buku,tas,dll
    8.Jangan menutup laptop dulu.Lihat ada kertas atau semacamnya enggak di keyboard/palm rest.Jika menutup dulu,takutnya lcd akan rusak
    9.Membuka laptop secara halus/pelan-pelan
    10.Jangan meletakan laptop di dalam tas bila ada benda lain disekitar tempat meletakan laptop itu.Karena bisa membuat hardisk tergores sehingfa hardisk rusak.
    11.Upgrade komponen laptop seperti ram,hardisk.Bila upgrade ram,pastikan anda tahu kapasitas maksimum dan tipe memori ram laptop tersebut (contoh pc 12800)

  136. Saya pake ACER aman -aman saja, padahal pemakaian saya itu di atas rata rata,
    cuma perna ganti batteray tapi itu saya anggap wajar wajar saja,
    mgkin tergantung pemakainya dan ngopreknya kali ya :D

  137. wonderful publish, very informative. I’m wondering why the opposite experts of this sector do not realize this. You must proceed your writing. I am sure, you have a great readers’ base already!

  138. you are in point of fact a excellent webmaster. The website loading speed is incredible.
    It kind of feels that you are doing any unique trick. Furthermore, The contents are masterwork.

    you have done a wonderful process on this topic!

  139. I have been surfing online more than three hours today, yet I never found any interesting article like yours.
    It’s pretty worth enough for me. Personally, if all webmasters and bloggers made good content as you did, the web will be a lot more useful than ever before.

  140. Pretty portion of content. I just stumbled upon your web site and
    in accession capital to assert that I acquire actually enjoyed account your
    weblog posts. Anyway I’ll be subscribing for your feeds or even I fulfillment you access constantly fast.

  141. Greetings! I know this is kind of off topic but I was wondering which blog platform are you using for this website?

    I’m getting fed up of WordPress because I’ve had problems with
    hackers and I’m looking at options for another platform. I would be fantastic if you could point me in the direction of a good platform.

  142. saya pakai acer udh hmpir 4 tahun dan sdah brp kali saya install ulang dan battery nya skrg cuma bertahan 5 menit aja.. jd klo saya pake battery aq copot skalian

  143. Thank you a lot for sharing this with all of us you really
    realize what you’re speaking approximately! Bookmarked. Kindly also visit my website =). We could have a hyperlink alternate arrangement among us

  144. Ane beli ACER Aspire V3-471G-52454G75Ma,,,, kayaknya keren dan dijamin nih lepi bakal awaet coz diliat dr specnya nih lapi memang mantap buat ngegame!

  145. waah liat coment nya pada nyalahin Acer ya..
    thosiba juga cpet rusak.
    tuh laptop pacar saya baru 1 tahun udah 3 x msuk bengkel.

    asus pnya teman cwek saya juga sering erorr.

    laptop adek saya acer udah 2 tahun.
    alhamdulillah blum pernah masuk bengkel.

  146. Y katanya sih !
    laptop paling bgus tuh ktanya asus,toshiba,apple ama sony !
    klo q standar asus !
    dlu pengen beli sony tpi jarang ada yg jual ! oh y sya rekomen fujitsu jg bgus,layar kyk crystal ktanxa !

  147. menrut sy smua mrek laptop bgus tergantug pemakaian ad prwatan kita sendiri..ad blil lptop ssuai kbutuhan kita

  148. Laptop saya Acer sudah 5 tahun ga ada masalah, padahal seharian dipake kerja dikantor, malamnya jg dipake ngerjain tugas kuliah, awet2 aja tuhh..!!
    Menurut saya semua Laptop bagus, apalagi yg sudah mempunyai nama, tergantung kita bagaimana perawatan dan pemakaiannya.

  149. menurut saya acer memang cepet rusak… buktinya mas sendiri sudah pernah servis kan?? bahkan 2 kali… kalo produk awet, mau usernya ceroboh juga ga gampang rusak… minimal jarang masuk servise.. seperti asus ane, udah hampir 3 tahon ga pernha masuk servis.. kemaren pas ada trobel, ternyata cuman lobang anginnya aja mampet.. setelah dibersiin, lancar lagi… semua berfungsi kecuali baterai yang memang mau tak mau dimakan usia..

    • Produk apapun yang dibuat oleh semua vendor memiliki ketahan produk yang sama, hanya saja klu dibuat terlalu lama, jadinya produk baru yang akan dikeluarkan jd ga da yang mau beli. kata usernya “punya ane yang lama masih tahan” jadi lambat laun ntu vendor tutup, bukan bangkrut tp user masih btahan dngan produk yang lamanya. kecuali user yang membutuhkan kualitas yang baru untuk pekerjaan yang berat, karena kian hari software itu kian meningkat dan membutuhkan perangkat yang baru untuk kinerjanya. klu elu nanya contohnya buanyak, pikir aja ndiri ya sob…!

  150. Beralih ke Lenovo Aja gAn Awet And …. Awett bgt gann
    Gw Pakek 5-10 Jam An gpp … Normal aja Tapi Masalah batre nurun ,,,
    ASli bru Beli 4 Jam jadi 3 Jam an lebihlah … memng Masih baru sihh Masih 1 thunan :D Tapi Siip kok gk ngecewain Coss Harganya Sesuai Kualitasnya

  151. Acer cepat rusak? enggak juga tuh. Kebetulan gw punya 2 laptop acer yaitu aspire 4310 (umur udah 5 tahun) dan aspire 4740 (umur sekitar 4 tahun) dan sebuah netbook aspire one (yg processor atom, umur 2 tahun).
    Semuanya masih jalan dengan baik.
    Bahkan gw nulis ini pake acer aspire 4740 yang kondisinya masih prima! webcam, DVD drive dan semuanya pokoknya masih oke…. pernah dipakai dari jam 9 pagi sampai jam 4 subuh tetap berjalan baik tidak ada tanda2 kepanasan atau menjadi lemot pokoknya tokcer terus.

    Kalau anda melihat banyak antrian di service centre bukan berarti acer paling cepat rusak tapi lihat juga populasinya. kalau banyak, yang rusak juga banyak kalau dikit, yang rusak juga dikit. kalau yang gak laku2 produknya ya gak ada yang rusak! :-DD

    tapi nih laptop gw pakenya di rumah aja gak bawa buat keluar rumah. jadi memang belum teruji ketahanannya di segala kondisi. Tapi kalau dipakai dengan manis di rumah aja dijamin gak bakalan rusak tujuh turunan! jangan lupa laptop minmal sebulan sekali dinyalain jangan di biarkan setahun gak dipake wah itu bisa kena penyakit di bios! bios bisa mati total. Klo udah kena bios mesti pusing lagi belajar gimana cara flash BIOS! kalau gak mau repot lo bawa ke service centre dijamin lo di ketok harga jutaan! padahal cuma flash doang.

    kalau mau tahan banting emang buatan amerika! casingnya tebal dan tahan banting macam merek HP dan Dell. Tapi soal desain agak kaku dibanding besutan acer yang lekuk2nya sangat menawan dan futuristik! Dikantor gw ada laptop bulukan merk Dell pake windows XP masih nyala dan jalan bagus! padahal tuh casing udah gak enak banget dilihat! udah ada yang patah sana sini! debuan lagi. Umurnya udah ada 10 tahunan. Tapi keyboardnya masih oke, layarnya masih oke padahal flip layarnya udah oblak. Tapi semuanya masih berfungsi normal! gila banget nih buatan amerika emang joss!

  152. kalo ane buat karena khawatir dengan berbagai masalah ACER,,ane lebih milih SONY,,emang sih harga mahal,,tapi smoga aja diimbangi dengan kualitas yang mumpuni juga,,alhamdulillah sampai sekarang ga ada masalah,,malah ramnya udah ane tambah biar bisa dual channel.. haha

  153. Aku pakai Acer 4736,sampai skrg blm pernah rusak,aku pakai main game GTA,poker,dan game lainx,nonstop 24 jam,sampai”laptop yg nonton aku tidur.

  154. bg mau nanya
    laptop sy acer suka mati hidup ( mati kedap-kedip)
    kalo lagi main bisa tiba-tiba gitu
    dia bukan mati total bg tapi kedap kedip
    pas pertama kejadian nya minggu kemaren karna buka aplikasi vlc (musik)
    pas kedap kedip kan sya jadi panik sendiri
    sya matiin, tpi bisa di hidup kan kyak sedia kala
    tapi setelah lama udah berjam-jam bisa kayak gitu lagi?
    itu gmana bg ?
    aku tanyain temen kata nya hrus di bersihin, ada lagi kata nya keberatan trus ada lagi lcd nya
    tp sistem lain kagak ada apa-apa sih
    sya memang sering pake laptop buat download sih
    tapi paling malam aja
    mohon bantu share masalah nya bg?
    terima kasih :)

  155. saya pake aspire one net book seri AO756, hampir setiap hari saya hajar lebih dari 5 jam, bahkan pernah juga sampi 24 jam lebih, dan mungkin sudah lebih dari 10 kali saya instal ulang, dan sudah 2 tahun lebih saya pake. tapi hard ware no problema. cuman baterai dulu kuat 5 jam, sekarang tinggal 3 jam. jadi menurut saya nasib lebih menentukan.

  156. ACER ane alhamdullilah dul, udah 3 taun kagak pernah rewel. yang k.o cuman battere packnya doang selain itu kagak ada. Malah anenya yang udah siap banget kalo si lappy ini tau-tau mendadak keok,….*kagak ngarep siii :p tapi seperti yang udah kita sadari,…mana ada si yang sempurna???? kalo rusak ya dirapiin. gitu aja kok repot…..Tergantung yang make juga…kalo make apa aja gampang rusak, jangan cuman laptop, sendal jepit aja baru beli bisa putus…hayooooo……jadi ya woles aja, kan banyak tukang serpis dalam artian : lappy acer ane 3 hari nonstop kagak mati2 ga apa-apa. cuman ane emang kagak doyan maen game….gitu aja. Ni dia ane masih pake acer ane tahun 2010 beli……alhamdullilah dehh….

  157. ALHAMDULILLAH ACER ASPIRE 4750G aku Aman sampe saat ini padahal nonstop 24 jam.. :) (Y)
    Sering mai game point Blangk resep yg saya pakai sangat mudah
    setiap 3 bulan sekali rutin saya bersihkan debu di dalam fan dan lain2 kedua pasta yg udah kering juga saya ganti… itu saja nggak sulit ko… ingat 3 bulan sekali

  158. Ane pake Aspire E1-471G. buat ngegame COD MW / PS 2012 / PS 3012 sampek mata sepet jg masih lancar jaya tuh ga pernah nge_lag, nge_hang ato panas yg berlebihan.
    cuma kadang2 ngrasa takut jg sma LCDnya. soalnya pernah pnya pengalaman pada LCD acer 4741Z dn 4752G. Kalo buat ngegame yg berat2 dn lama LCDnya gampang K.O.

  159. Gue Pake ASpire V3-471 Main Gta Iv,PES 2014, COD MW 1harian full nonstop ga ada trouble battery sama 4 jam bos
    sampai sekarang ni laptop masih lancar gue pake buat comment ni posting ga bermutu kaya gini
    mungkin kamu min kurang paham masalah laptop
    nd mungkin mimin yang piso ( pinter sotoy )
    Saran : perdalam lah kalo bisa kuliah sekalian masalah ginian min
    kalo mau tau yang ganti mobo itu yg biasa main game berat pake specs minim nd and overheat terus tiap main game
    saran gue hapus ni posting so bikin orang awam jadi bingung ( termaksud ente min ) hehe
    jangan gara” kesel salah beli laptop spec standar ( padahal pengennya spec gamming ) langsung nyalahin acer jangan brother rugi kalo loe nge judge tanpa bukti nd ilmu yang kurang kongkrit
    sory min comment’ya pake cabe so biar kamu berfikir

    Thank admin Mr. Judge (julukan yg gue kasih buat kamu
    )

    • Maaf mas saya mau tanya kenapa adminnya yg disalahin ya?sesuai judul acer=awas cepat rusak….?? Kan ada tanda “?” Apakah itu tandanya buat ngejudge?
      Dan dari yg saya baca dr atas admin nya tetap ada prefer acer sebagai merk yg bisa di pertimbangkan buat yg tanya laptop apa yg ingin di beli.maaf bila ada kata2 saya tidak berkenan

    • Oh ya 1 lg sebelum posting maaf tolong dibaca dulu isi webblognya jgn langsung maen tancap ngebalas ja cmn liat dr judul webblognya makasih

  160. Nah untuk yg mau beli laptop atau yg sejenisnya buat semua merk kualitasnya pasti ga beda jauh so ga usah bingung kl emang ada yg beli satu merk itu bagus coba di tanya ada ga garansinya untuk semua part itu diatas 5tahun pasti saya yakin ga ada. Dan kl ada yg blg saya br pake 2 ato 3 bln rusak ya itu emang pas dpt brg yg cacat produksi dan itu sudah biasa namanya juga buatan manusia dan juga tergantung perawatannya n spec laptopnya yg dipake buat keperluan anda. Perna waktu saya nongkrong ditmpt biasa w nyari sparepart komputer ada yg beli laptop alienware harga 20jtan 2 bln hdd jebol 4 bln vga jebol nah itu apa mau di blg merknya ga bagus?

  161. laptop saya ACER juga,,,setelah datang masa RUSAKnya susah utk diperbaiki……………..RUSAKnya laptop itu,, ketika sedang hidup beberapa saat saja trus MATI dgn sendirinya ajja…???apanya yg rusak yaa….

  162. yg acer monitornya rusak hati2 service di acer Mangga 2 square, misal kamera web rusak di pikiran kita yg diganti kamera doang dan dr awal tdk ada penjelasan apa2 dr service padahal setelah dibongkar ternyata kamera berikut tutup laptop jg harus diganti alasannya kamera menyatu dgn tutup laptop tentu dgn biaya membengkak, mau batal harus bayar biaya bongkar pasang. Harusnya dr awal service menjelaskan kalau type seperti ini kamera dan tutup laptop menyatu, tak mungkin service center tdk tahu kecuali pura2 tdk tahu sebagai jebakan.

  163. Acer cepat rusak maksudnya lebih banyak yg rusak dr pd yg awet, kalau yg komen disini laptop acernya blm rusak berarti dia beruntung berada di golongan yg sedikit. Punya sy sdh bolak balik service dn ganti onderdil, kamera, lcd, memori, sekarang siap2 ganti batere dn ganti adaptor yg mulai putus nyambung.

    • eh… seirusan gan lebih parah dari axioo ane ya. axioo ane baru 1x rusak di tahun ke-3 gara2 kepanasan lupa bawa cooling pad pas pulang kampung xD.

      ane lagi pingin acer aspire switch 10 ini bisa laptop bisa tablet. tapi kok jadi ngeri juga ya, hehe..

    • microsoft surface pro gan bagus banget buat desain grafis. bisa bikin desain langsung pake pen-nya. tapi yaitu 8jt, hehehe

  164. seriusan gan acernya udah diservice 2x selama masa garan. berarti 1 tahun pertama beli udah 2x rusak?
    ini ane beli axioo, pertimbangan ane waktu itu cuman harga murah, udah ditanam OS win 7 starter ori, ms office, dll lengkap, trus produk dibuat di indonesia

    ane mikir aja kalo beli buatan indonesia bisa majuin indonesia. tapi alhamdulillah baru masuk service 1x gara2 pas pulang ke SBY gak bawa cooling pad, alhasil kepanasan mother board rusak. itupun tahun ke-3 laptop ini sama ane :D

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s