Tae Kwon Do.. History and The Founder..

Dari beberapa referensi yang berhasil saya dapatkan.. ada 2 poin yang dapat saya rangkum..

  • Taekwondo (juga dieja Tae Kwon Do, Taekwon-Do) adalah olah raga bela diri Korea yang paling populer dan juga merupakan olah raga nasional Korea. Ini adalah seni bela diri yang paling banyak dimainkan di dunia dan juga dipertandingkan di Olimpiade.
  • Popularitas taekwondo telah menyebabkan seni ini berkembang dalam berbagai bentuk. Seperti banyak seni bela diri lainnya, taekwondo adalah gabungan dari teknik perkelahian, bela diri, olah raga, olah tubuh, hiburan, dan filsafat.

Yup! Seni bela diri ini memiliki karakteristik tersendiri yang membedakan TaeKwonDo dengan bela diri lainnya.

Sejarah singkat Sang Pendiri…

Seni Bela diri ini mulai masuk di Indonesia sejak sebelum tahun 1985.. sejarah panjang berdirinya TaeKwonDo dapat qta ikuti dan simak bersama-sama di dalam situs TaeKwondo-Indonesia.

TaeKwonDo didirikan oleh Jenderal Korea, Cho-Hong-Hi. Beliau lahir pada 9 November 1918 di daerah Hwa Dae Myon Chun. Kehidupan beliau saat itu sangatlah keras karena Korea pada saat itu masih di bawah kekuasaan Jepang. Sejak usia belia, Beliau telah tertarik pada ilmu bela diri dan para gurunya melihat bakat tersebut, karenanya mulai dilatih seni bela diri kuno Korea, Taek-Kyon.

Pada tahun 1937, Choi-Hong-Hi muda melanjutkan pendidikan ke Jepang. disana ia belajar seni bela diri Jepang dengan antusias, sampai akhirnya Beliau mencapai sabuk-hitam dari bela diri tersebut.

Kemudian, Beliau memiliki ide,,, “bagaimana jika saya dapat menggabungkan dan kombinasikan seni beladiri kuno Korea (Taek-Kyon) dan bela diri Jepang ini.. tentunya dapat bermanfaat.. “

Setelah mengalami waktu-waktu panjang, akhirnya Beliau selesai meramu dan mempraktekkan bela diri ini , kemudian hari dinamakan Tae-Kwon-Do, yang dalam bahasa Korea sendiri, huruf hanja Tae, Kwon, dan Do memiliki arti sebagai berikut :

  • Tae berarti “menendang atau menghancurkan dengan kaki
  • Kwon berarti “tinju“; dan
  • Do berarti “jalan” atau “seni“.

Jadi, Taekwondo dapat kita terjemahkan terjemahkan dengan bebas dengan arti : “seni tangan dan kaki” atau “jalan” atau “cara kaki dan kepalan”.

Penemu Tae Kwon Do

Gambar di atas adalah sosok dari Jenderal Cho-Hong-Hi, Sang Pendiri Tae Kwon Do.

Pada 5 Juni 2002, Jenderal Cho-Hong-Hi menghembuskan nafas terakhirnya, para TaeKwonDoin sedunia berduka.. kehilangan sosok tangguh.. Semangat tinggi.. dan berwibawa tersebut…

walaupun saya belum pernah mengenal secara langsung, saya turut merasa kehilangan… Selamat Jalan Pak Jenderal..!! :(

Profil lengkap Jenderal Cho-Hong-Hi bisa disimak melalui situs resminya :

http://www.taekwondo-legacy.com/founder-bio.php

To be continued...

NEXT : Poomse and Taegeuk

Don`t Miss It

:)

About these ads

17 comments on “Tae Kwon Do.. History and The Founder..

  1. di suru sm yg punya blog, hehehehe guyon…
    yah emang juniorq ini maniak sekali taekwondo
    bagus2….. kakak seperguruanmu ini akan turut mendukung minatmu
    jumbi

  2. @satria

    wohoho.. ampun senior.. :D
    You`re so Strong…. blom pernah terkalahkan…
    cuma kalah ma R**n doang.. itupun kebetulan. :p

    kapan aq tolong diajarin jurus sakti-mandraguna-nya ya.. wariskan ilmu.. :)

  3. wah penggemar taekwondo juga ya…….
    btw dah sabuk apa nie???
    n latihan dimana….
    kalo gw di SMA 74 jakarta…….
    lam kenal ya…. ^_^

  4. Taekwon,

    Senang sekali bertemu dengan seorang praktisi yang menulis benar tentang siapa itu pendiri Taekwon-Do

    Saya ingin sedikit menambahkan tentang sejarah Taekwon-Do yang sudah saya postingkan di salah satu thread yang cukup terkenal yaitu KASKUS.

    http://kaskus.us/showthread.php?t=461079

    Silahkan di klik.
    Disitu ditulis dengan sangat jelas tentang :
    1. Sejarah awal mula Taekwon-Do
    2. Apa itu Taekwon-Do?
    3. Teknik mulai dari A-Z
    4. Siapakah Hwarang, dan…
    5. Menggunakan teknik apakah tokoh Hwoarang di game Tekken, sekaligus siapakah tokoh pemeran aslinya.
    6. Apa beda ITF dan WTF
    7. Kapan berdirinya Taekwon-Do dan organisasinya (ITF)
    8. Kenapa sampai ada organisasi tandingannya (WTF)
    9. ITF (PTI) atau WTF (FTI) duluankah yang masuk ke Indonesia
    10. Kenapa WTF tidak mengakui Gen. Choi Hong Hi sebagai pencipta Taekwon-Do?

    Saya menambahkan link tersebut diatas karena link yang anda berikan di http://www.taekwondo-indonesia.com/profil-taekwondo.php sama sekali tidak memuat nama Gen. Choi Hong Hi.

    Ini tidak heran, senada dengan tulisan saya, bahwa WTF tidaklah mengakui Gen. Choi Hong Hi sebagai pencipta Taekwon-Do dan berusaha sedemikian rupa untuk menghapuskan peran beliau agar sejarah Taekwon-Do “versi WTF” (baca : kebohongan -red) dapat terus dipertahankan.

    Komupsamneda

  5. wah,aku baru taw kalo ada posting tentang sejarah TKD di blog ini.. hehehe.. Mana ni postingan tentang poomse sama taegeuk? uda lupa semua poomse nya.. hehehe..

  6. Ping-balik: Poomse Taegeuk « Iqbalengine's Blog

  7. Wahhh
    Mas,klo bsa postingkan juga pemeran aktor hwoarang!
    Udah sabuk apa mas?
    Hattsamnidah

  8. ccd tkd foto copyian dari karate tangkisan , pukulan ,dll sampai properti pun di ambil dri karate udah gitu karate gk dihargai malah ditantang dibilang lemah, gk tau diri

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s